Triumph 765cc Akan Digunakan Untuk Moto2

0

Hello riders, sedikit berita di bagian Moto2 yang belakangan ini memberikan update bahwa mesin yang akan digunakan mulai tahun 2019 adalah mesin Triumph 765cc.

Perlu diketahui sebelumnya Moto2 hanya menggunakan mesin dari Honda CBR600RR dengan 4 silinder untuk kelas Moto2nya, tetapi kini keputusan sudah berbeda.

Triumph Street Triple 675R 2015
3 silinder, bro!

Saatnya Moto2 Naik Kelas ke 765cc

Jika dilihat-lihat, sebenernya ini merupakan kemajuan untuk kelas Moto2 itu sendiri, riders. Bayangkan saja dari kapasitas mesin yang naik dari 600cc ke 765cc, di mana kapasitas mesin ini cukup menarik jika kita lihat bagaimana Suzuki juga membagi klasemen produk GSX-Rnya di Suzuki GSX-R750.

Tentunya karena mengambil dari mesin Triumph Street Triple tahun 2017, mesin 765cc ini memiliki tiga silinder yang suaranya dikenal ngebas dan powerful.

Bagi para engineer tim balap, ini malah menjadi sesuatu yang menyenangkan mengingat dengan 3 silinder tersebut, ukuran mesin akan semakin ramping dibandingkan mesin Honda CBR600RR 4 silinder yang kini digunakan.

Perubahan Mesin di Tambah Modifikasi Yang Menyesuaikan

Terkait untuk modifikasi motor berbasis Triumph Street Triple 2017 ini akan mencakup berbagai hal termasuk port knalpot yang direvisi untuk aliran gas yang dioptimalkan, per katup yang lebih kaku untuk mengangkat rev limit lebih tinggi, output balok altenator yang lebih rendah, gigi pertama yang lebih tinggi, tuneable slipper clutch, ECU balap Magneti Marelli, penutup mesin yang lebih ramping, dan sump (tempat oli) yang sedikit dimodifikasi untuk routing header yang lebih baik.

Mesin Triump Street Triple 765 2017
Source: New Atlas

Dengan perubahan mesin dan modifikasi tersebut, mesin Moto2 yang sekarang ini memiliki power 140hp disinyalir akan bisa mencapai 180hp, tetapi tentunya belum ada official statement mengenai hal ini (kalkulasi jika dibandingkan dengan Street Triple 675R).

Moto2 Mesin Street Triple 765cc? Gimana Menurut Kalian?

Nah, kalo menurut riders sendiri, gimana nih nantinya perkembangan kelas Moto2? Kalo dilihat yang sekarang memang dengan kapasitas mesin 600cc dengan 140 horse power, beberapa riders suka nonton Moto2 karena sering kali antara pembalap jaraknya tidak begitu jauh (jadi seru).

Tapi nanti, setelah diganti dengan mesin 765cc, apakah gap antar pembalap akan semakin jauh seperti yang kita sering lihat di MotoGP (dengan 200hp)? Yang pasti jika dilihat tipe motor Street Triple yang adalah naked roadster, torsi akan menjadi jauh lebih besar dibandingkan dengan mesin tipe sport.

Share feedback dan pendapat kalian di bagian komen ya! Enjoy and Ride Safely!

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here