Suzuki Motor Indonesia. Time to Get Serious

0

Suzuki GSX-R150 2017 Putih

Hello riders! Bicara soal persaingan pasar roda dua di Indonesia, kini pabrikan-pabrikan seperti sudah mulai jor-joran untuk memproduksi motor yang inovatif dan juga siap untuk melawan para kompetitornya.

Seperti layaknya Honda CBR250RR yang menjadi sebuah fenomena di kelas motor sport 250cc atau mungkin Kawasaki H2R yang menurut test ride dapat mencapai kecepatan 400kmph!

Persaingan Ketat Oleh Pabrikan Jepang

Mungkin untuk brand-brand motor Jepang seperti Honda, Yamaha, dan Kawasaki, persaingan mereka sudah sering kali terlihat di Indonesia. Berbeda dengan motor Suzuki yang untuk saat ini hanya unggul di Suzuki Satria, terlihat agak kurang serius memikirkan line-up mereka.

Ini bukan dibilang bahwa motor dari Suzuki jelek lho ya, karena seperti yang kita kenal Suzuki Satria FU 150 merupakan motor ayago paling dikenal di Indonesia. Motor seperti Suzuki GSX-R, GSR, dan Hayabusa pun sebenarnya sangat diminati oleh konsumen di Amerika dan Eropa.

Lantas mengapa tidak seperti itu di Indonesia? Menurut Inside Helmet, ini karena memang Suzuki Motor Indonesia kurang serius untuk fokus dalam pasar roda dua, tidak seperti brand kompetitor lainnya (dalam segi marketing ataupun after sales).

Toh Suzuki di Indonesia adalah entity gabungan antara mobil dan motor, jadinya lebih banyak fokus di mobil yang mungkin lebih profitable bagi mereka.

Apakah Suzuki Motor Indonesia Akan Tetap “Tidak Serius”?

Tapi ternyata, perspektif yang beberapa dari riders lihat selama ini sepertinya sudah mulai tidak relevan lagi mengingat dengan update terbaru dari Suzuki Motor Indonesia.

Seperti yang mungkin beberapa riders lihat sendiri atau baca di media, Suzuki Motor Indonesia telah mempersiapkan line-up terbarunya di kelas 150cc dan 250cc!

Walaupun yang terlihat di IIMS 2016 kemarin ini hanya kelas 150cc, tapi tentunya ini merupakan berita yang menyenangkan bagi para pecinta motor Suzuki.

Kenapa begitu? Tentunya fans dan pemilik motor Suzuki (seperti saya) merasa pede bahwa Suzuki siap untuk menjadi lebih serius di pasar motor ini.

Karena jujur, selama punya Suzuki Satria FU 150 dulu, after salesnya kurang memuaskan (jadi harus ke bengkel umum aja). Dan sekarang pun pakai Suzuki GSX-R600 agak ribet kalo harus nyari spare part.

Bayangkan aja, waktu service GSX-R600 di Suzuki Sunter, masa oli aja mereka enggak stok untuk motor seperti GSX-R atau GSR? Adanya oli Suzuki yang mekaniknya juga enggak mau pakein, karena tidak cocok dan dapat membuat mesin cepat panas.

Suzuki GSX-R600 2008 K8 Indonesia

Tidak oli saja, tapi waktu harus mengganti kampas rem, mereka tidak memiliki stok dan harus menghubungi third-party seller yang menjual kampas rem after market seperti FizzPower atau Elig.

Jadi kalo selama ini Inside Helmet suka membaca pendapat orang bahwa Suzuki kurang sering bermain di segmen motor, ternyata memang begitulah yang saya rasakan setelah membeli Suzuki GSX-R600. 🙁

Nah dengan adanya line-up yang baru ini, rasanya para pemilik motor Suzuki (apalagi yang memang pecinta motor Suzuki) akan berpikir bahwa Suzuki sedang menuju arah yang lebih serius dalam segmen motor.

Yuk Mulai Serius Biar Customer Senang dan Making Banyak Yang Nge-Fans

Harapan ini tentunya harus diimbangi bukan hanya dari pengenalan dan penjualan motor Suzuki GSX-R150 dan GSR-150 saja, tetapi juga pastinya after sales service yang meliputi mekanik yang terlatih (karena untuk GSX-R600 saja cuma diterima di Suzuki Sunter), spare part yang lebih ready, dan pastinya kegiatan PR (Public Relation) yang siap membuat pecinta motor Suzuki merasa diperhatikan.

Bayangkan saja, pabrikan lain bisa kok ngadain event kumpul-kumpul ala Bike Week atau sekedar Trackday khusus untuk brand tersebut, masa Suzuki enggak bisa sih? Ayo dong, gatel nih. 😛

Soalnya, sangat disayangkan juga jika kita melihat perkembangan baik oleh Suzuki yang ada di MotoGP, tetapi kondisi motornya sendiri di Indonesia kurang begitu ramai tidak seperti di negara lain.

Gimana menurut riders tentang peluncuran Suzuki GSX-R150 dan GSR150 yang katanya bakalan dirilis tahun 2017?

Saatnya Suzuki Motor Indonesia untuk serius? Harusnya. Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here