Suzuki GSX-R600 dan GSX-R750 Tidak Akan Ada Perubahan di Tahun 2018

2

Hello riders, kembali lagi dengan Inside Helmet dan kali ini ingin sedikit memberikan informasi aja sebenarnya tentang salah satu product line dari Suzuki yaitu GSX-R600 dan GSX-R750.

Suzuki GSX-R600 2008 K8

Suzuki GSX-R600 dan GSX-R750 merupakan kelas supersport dari Suzuki dan seperti yang dikutip dalam Visor Down ternyata tidak akan melakukan perubahan signifikan untuk di tahun 2018.

Info ini dapat dipastikan dalam penyerahan dokumen dari Suzuki kepada California Air Resources Board (CARB) yang menyatakan bahwa pada tahun 2018 Suzuki GSX-R600 dan GSX-R750 di Amerika Serikat tidak memiliki perubahan dari versi sebelumnya (yang kemungkinan besar juga berpengaruh pada pasar-pasar di negara lainnya).

Di dalam dokumen tersebut juga menyatakan bahwa tidak ada perubahan dari emisi motor tersebut, yang juga memberikan informasi bahwa model mesin dan teknologi yang akan digunakan oleh Suzuki GSX-R600 dan GSX-R750 di tahun 2018 tidak akan ada perubahan. Tetapi, tentu saja ini tidak berlaku untuk casis dan juga styling motor tersebut.

Sayang sekali sebenarnya jika melihat dengan adanya Suzuki GSX-R1000 yang baru saja launching dan juga minat Suzuki GSX-R150 dan GSX-S150 di pasar Indonesia, sepertinya untuk para pecinta GSX-R kelas supersport harus bersabar dengan mesin dan teknologi yang belum ketawan akan dikembangkan seperti apa lagi.

Suzuki GSX-R1000 2017 Terbaru
Source: Ultimate Motorcycling

Tapi mungkin juga di sini lah momen yang tepat bagi pabrikan Suzuki untuk lebih mempelajari pasar dan juga kompetisi melalui Suzuki GSX-R1000 terbaru mereka yang memiliki slogan “The King is Back”.

Sekarang ini, Suzuki GSX-R600 dan GSX-R750 masih bertahan dengan mesin 599cc atau 750cc 4 silinder, Suzuki Drive Mode Selector, twin-spar aluminum frame, SHOWA front big piston fork, SHOWA single rear shock, twin Brembo Monobloc radially mounted front brakes, electronic steering damper, dan built-in lap time.

Begitulah riders sedikit update tentang Suzuki GSX-R600 dan GSX-R750 yang nampaknya tidak akan mendapatkan perubahan di bagian mesin dan teknologi sampai di tahun 2019.

Design motor yang digunakan sekarang pun juga belum memiliki perubahan signifikan dan masih memiliki single lamp berukuran jumbo tersebut (walaupun pabrikan lain mulai memproduksi motor dengan lampu minimalis), tapi ya itulah Suzuki. 🙂

Gixxer 600 K8

Jika riders memiliki informasi tambahan yang dapat menambah akurasi berita di atas, yuk dishare di bagian komentar ya! Selain itu, riders juga bisa membaca review Suzuki GSX-R600 tahun 2008 di sini! Enjoy and Ride Safely!

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

2 COMMENTS

  1. Ngelihat pangsa supersport nggak gitu menjanjikan. CBR600RR discontinued. Harga supersport dan superbike nggak beda-beda jauh (diluar, bukan disini. :D) Jadi-nya pabrikan lebih fokus ke 1000cc aja jadi-nya.

    Probably…

    • Bisa jadi bro. Sekarang lagi pada demen main di kelas beginner bike malah. 250cc mulai banyak macemnya. Kelas supersport juga bisa jadi diupgrade jadi sekitar 700-900cc.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here