SPBU Pertamina Self Service? Yuk Kita Coba

0

Hello riders, dan kembali lagi di blog Inside Helmet! Kali ini Inside Helmet mau share tentang pengalaman isi bensin di Pertamina.

Lho, tapi Pertamina kan dari jaman jebot juga udah ada?

Ya iya sih, tapi kali ini yang mau Inside Helmet bahas itu soal Pertamina Self Service! Kebetulan tadi mau isi bensin dan jujur ini pertama kalinya Inside Helmet nemuin fitur ini di pom bensin manapun di Indonesia. (Maap riders, kebiasaan ngisi di Shell soalnya :P)

SPBU Pertamina Self Service
Sumber Gambar: Tribunnews Jabar

Pertamina Self Service ada di mana?

Kalo yang tadi Inside Helmet cobain sih ada di Jl. MT Haryono yang mengarah ke Cawang, tapi kalo menurut sumber-sumber yang Inside Helmet temukan, ternyata udah ada setidaknya 55 pom bensin Pertamina Jakarta yang sudah menerapkan sistem Self Service ini.

Beberapa lainnya juga sudah hadir di kota-kota besar seperti Bandung dan juga Jogjakarta. Yuk dishare kalo yang tau Pertamina mana aja yang udah bisa Self Service.

Gimana cara menggunakan Pertamina Self Service?

Caranya sebenarnya gampang, tapi kalo misalkan enggak terbiasa memang agak membingunkan dan menyulitkan.

  1. Pertama-tama, setelah mengantri tentunya ya, kita akan berhenti di loket di mana ada petugas SPBU. Biasanya kita bayar di akhir, tapi untuk Self Service ini riders harus bayar dahulu. Jadi harus dikira-kirain mau isi berapa ya.
  2. Setelah pembayaran, petugas SPBU akan menginput pembayaran dan memberitahukan nomor nozzle yang sudah ditentukan untuk riders.
  3. Pindahkan motor ke nomor nozzle yang ditentukan, lalu riders bisa langsung melakukan pengisian bensin dengan mengangkat nozzle tersebut dan ujungnya dimasukkan ke lubang tangki bensin (jangan lupa dibuka tangki bensinnya ya)
  4. Pencet dan tekan nozzle untuk memulai pengisian
  5. Pengisian akan selesai pada angka rupiah yang sudah dibayarkan secara otomatis, dan riders bisa mengembalikan nozzle ke tempat semula
  6. Selesai!

Gampang kan riders? Ternyata sekarang ga hanya di luar negri, tapi di Indonesia sudah dimulai nih. Tentunya menuai pro kontra kalo soal-soal beginian:

  • Ada yang bilang ini adalah inovasi yang bagus untuk lebih mandiri melakukan pengisian bensin yang lebih efisien dari segi waktu dan penggunaan jumlah nozzle (yang biasanya enggak kepake semua)
  • Ada yang bilang ini enggak nyaman dan enggak praktis karena biasanya dilayani oleh operator

Yahh, mau gimana pun juga, ini udah mulai diterapkan di beberapa SPBU ya dan riders udah bisa nyobain juga dan rasain sendiri. Mungkin yang udah nyobain boleh dishare di bagian komentar soal pengalaman kalian isi bensin Self Service di Pertamina ya! See you and ride safe!

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here