Safety Riding Coaching & Fun Race Sentul 26 Oktober 2014? Seru!

2
Safety Riding Coaching and Fun Race Sentul International Circuit 26 Oktober 2014 | Inside Helmet
Safety Riding Coaching & Fun Race Sentul 26 Oktober 2014

Beberapa hari lalu, Inside Helmet pernah posting artikel tentang informasi safety riding coach dan fun race di Sentul International Circuit yang diadakan tanggal 26 Oktober 2014 kemarin. Kebetulan, ini adalah safety riding coaching, fun race, dan juga pertama kalinya Inside Helmet ngeliat sirkuit balap di depan mata langsung! Event ini cukup banyak diminati oleh motorcycle enthusiast, dan tidak sedikit juga motor sport dan moge yang hadir di sana dari kelas 250cc, 600cc hingga 1000cc, dari brand Honda, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, Ducati, Aprilia, hingga MV Agusta pun hadir di sana.

Sesi-Sesi Safety Riding dan Fun Race

Sesi pertama setelah melakukan registrasi ulang adalah safety riding coaching oleh Bro Yunus. Dimulai dari safety riding gear, riding position yang baik dan benar, teknik braking dan gear shifting, hingga tata cara yang aman dan benar dalam mengelilingi Sirkuit International Sentul. Setelah itu, riders pun diberikan kesempatan untuk mempersiapkan motornya dari segi tekanan angin pada ban, kelengkapan riding gear, dan kesiapan mental pastinya.

Sesi berikutnya adalah practice hingga fun race yang diadakan secara berganti-gantian yang telah ditentukan dari kelas-kelasnya. Kelas R15 + Pro, Moge Pemula, hingga 250cc Pemula. Karena Inside Helmet masih sangat baru di dunia sirkuit, maka masuklah di bagian 250cc Pemula. Tapi apa daya, ternyata kelas pemula ini pun riders lainnya sudah pada jago nikung! Fortunately, Inside Helmet masih bisa latihan dengan baik dan tidak terjadi apapun yang tidak diinginkan (walau bener-bener keliatan cupu sih…).

 Kesan Perdana Inside Helmet Masuk Sirkuit

Rasanya masuk sirkuit itu memang beda banget dengan riding di jalan biasa. Jalanan yang begitu luas, 1 arah, dan tidak ada kendaraan lain yang biasanya menggangu (seperti angkot, bajaj, sepeda, apalagi polisi). Di dalam sirkuit pun ada beberapa istilah yang perlu diperhatikan agar riding / racing pun dapat dijalankan dengan baik. Mungkin nanti akan Inside Helmet bahas lebih detail lagi untuk istilah dalam sirkuit di post yang akan datang (setelah belajar tentunya. Haha). Di awal-awal, Inside Helmet hanya berani dengan kecepatan rendah, sekaligus memanaskan badan dan juga mengenali bentuk sirkuit Sentul tersebut. Setelah sudah mulai terbiasa, baru deh tancap gas lebih kencang (walau masih kena overlap juga Hahaha). Waktu yang diberikan per kelas adalah 20 menit, dan ada terdapat 4 kali practice dan 1 fun race session.

Honda CBR250R Cornering di Sentul Sirkuit | Inside Helmet
Nikung Pake si Beber. First time, tapi tetep seru!

Secara overall, event ini sangat menyenangkan terutama untuk para riders yang baru selevel pemula seperti Inside Helmet di dalam sirkuit balap. Biasanya, secara umum Sentul Circuit ini dibagi-bagi jatahnya antara mobil dan motor, tapi dengan event seperti ini, riders diberikan kesempatan untuk menikmati practice dan fun race yang terstruktur dan pastinya lebih seru. Kabarnya tanggal 9 November 2014 nanti akan ada lagi sesi Track Day, so pastikan jika riders ingin ikut, disiapkan tuh tanggalannya. 😀 Pelajaran yang kemarin didapat enggak cuma tentang teknik riding, tetapi juga attitude dalam riding dalam sirkuit, di jalan, atau saat touring. Plus ngerasain race practice dengan Honda CBR250R Inside Helmet, sekaligus…. test ride moge MV Agusta F3 675! Kalo soal itu, mohon ditunggu videonya selesai diedit dan diupload ke YouTube serta review dari Inside Helmet! Stay tuned! Enjoy and Ride Safely!

Test Ride MV Agusta F3 675 Superbike | Inside Helmet
Test Ride Moge MV Agusta F3 675 di Sentul

 

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here