Ban Motor Sering Kempes? Jangan Disepelekan Riders!

0

Hello riders! Kembali lagi Inside Helmet (akhirnya) nulis konten, dan berhubung belum sibuk dan masih jam 7 pagi, mendingan nulis dulu deh buat para pembaca Inside Helmet 😛

Ban Motor Battlax T30 Evo di Suzuki GSX-R600

Jadi, kali ini IH (a.k.a Inside Helmet karena kalo pake saya macem formal banget ya :D) mau sharing tentang sebab akibat kalo riders suka menyepelekan ban kempes.

Penyebab Ban Motor Yang Sering Kempes

Penyebabnya bisa bermacam-macam riders, yang pertama dan mungkin terjadi di semua motor adalah ketika motor didiamkan dalam waktu yang lama di atas ubin atau lantai.

Lama kelamaan angin di dalam ban akan berkurang sehingga membuat riders harus mengisi (atau setidaknya mengecek) angin setiap 2 – 4 minggu sekali.

Apalagi motor diparkirkan di teras rumah yang kalo pagi-pagi ubinnya dingin, ini akan membuat ban lebih cepat kempes.

Selain itu, penyebabnya bisa dari paku yang tertancap di ban motor, pentil ban (wheel nut) yang sudah rusak & bocor, atau ban dalam yang sobek jika riders masih menggunakan tipe ban ini. Monggo dicek ya!

Akibat Yang Bisa Terjadi Saat Ban Kempes

Yang pasti membahayakan riders! Salah satunya adalah saat kita berbelok (apalagi dengan kecepatan tinggi), ban menjadi tidak stabil karena ban yang tidak memiliki angin harus ditekan dengan beban yang dimunculkan dari pengereman.

Kalo ban tidak stabil, tentunya bisa menyebabkan kecelakaan bagi diri sendiri maupun orang lain.

Selain itu, berdasarkan kejadian pribadi IH, ban juga bisa tiba-tiba lepas dari velg motor! Tapi enggak sampai gelinding keluar ya bannya, tapi kejadiannya tuh tiba-tiba ada suara seperti bal meletus, terus motor jadi sangat tidak stabil…

Dan ternyata saking anginnya udah abis, bannya keluar dari velg. 🙁 Untung enggak kecelakaan!

Hati-hati juga ketika jalan licin akibat hujan, ban yang kurang angin tersebut bisa membuat perjalanan tidak stabil dan motor bisa tergelincir lho! Belok aja jadi berasa susah!

Solusi Ban Yang Sering Kempes / Bocor

Selalu cek kondisi ban motor riders sebelum berkendara ke mana pun (apalagi jika merencanakan perjalanan jauh). Ban yang sering kempes menjadi indikasi bahwa ban sudah tidak sehat dan harus diganti secepatnya.

Jangan selalu mengira bahwa “diisi aja anginnya juga aman”, tapi sebenarnya di perjalanan lama kelamaan angin semakin menipis dan membahayakan perjalanan riders!

Makanya kemarin GSX-R600nya Inside Helmet pas masih pake Battlax S20, itu tiap riding pulang-pulang pasti abis. Dan tentunya kalo didiamkan bisa membahayakan. Repotnya lagi, tiap kali mau riding masa harus ngisi angin sih. 😀

Dan untuk perihal ban yang kempes jika diparkirkan lama di atas ubin, IH rekomendasikan untuk memarkirkan motor riders di atas karpet. Enggak perlu harus beli karpet R&G kok, karpet atau keset biasa bisa digunakan menjadi alas untuk parkir motor.

Sekali lagi, jangan disepelekan ya riders! Ban motor itu penting banget untuk dijaga, karena kecelakaan (tunggal) rata-rata terjadi karena lalainya riders dalam pengecekan ban motor. Enjoy and ride safely ya!

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here