Rumah Ban Motor Pondok Kelapa. Akhirnya Ada Yang Deket Juga!

2

Hello riders! Back with Inside Helmet yang kali ini ngebahas soal tempat ganti ban motor yang dulunya menurut IH jauh, sekarang udah deket! Apa tuh? Review Rumah Ban Motor Pondok Kelapa!

Rumah Ban Motor Pondok Kelapa

Pertama-tama, kalo mungkin dulu pernah baca, sebenarnya Rumah Ban Motor ini awalnya berada di daerah Lebak Bulus, alias Rumah Ban Motor Lebak Bulus yang bisa kalia baca-baca juga.

Keluh kesah IH waktu itu adalah lokasinya jauh banget sama rumah IH yang ada di daerah Jakarta Timur, dan waktu itu pun masih riding pake Honda CBR250RR alias si Beber (yang udah dijual T_T).

Jadinya kali ini mau coba lagi ke Rumah Ban Motor Pondok Kelapa, tapi bukan dengan si Beber, melainkan dengan si Gesek — Suzuki GSX-R600.

Pertama-tama, lokasi Rumah Ban Motor Pondok Kelapa ini ada di Jalan H. Naman dan letaknya cukup dekat dengan showroom motor Yamaha Cahaya Motor & Suzuki Jaya Makmur.

Jadi kalo riders dari arah Kalimalang, lokasinya ada di sebelah kanan jalan sebelum showroom, dan kalo riders dari arah BKT (Banjir Kanal Timur) berarti lokasinya ada di sebelah kiri setelah showroom.

Perbedaan Rumah Ban Motor Lebak Bulus Dengan Pondok Kelapa

Kalo bicara soal perbedaan, sebenarnya perbedaan terbesarnya hanya di lokasi. Kalo dari sisi kualitas pengerjaan dan juga stok ban yang disediakan di Rumah Ban Motor kurang lebih 11/12.

Dan biasanya kalo ban yang riders mau adanya di Lebak Bulus, mereka juga bersedia buat ngambilin ban tersebut untuk dianter ke Rumah Ban Pondok Kelapa lho. Jadi enggak repot-repot kitanya.

Selain dari jarak, mungkin yang bisa dilihat adalah space atau lapak yang lebih luas dibandingkan di Lebak Bulus. Memang patut diakui, namanya juga tempat baru dan lebih modern, jadinya terlihat lebih rapih dan bersih. Ruang di dalamnya juga tidak sempit dan muat untuk mengerjakan beberapa motor.

Proses Pergantian Ban Motor

Awalnya, motor kita akan dibawa masuk dan akan diparkirkan sesuai dengan jenis motornya. Kalo motor matic atau naked yang ada standard tengah, pastinya tinggal menggunakan standard tengah tersebut.

Tapi untuk motor-motor seperti Suzuki GSX-R600 punya Inside Helmet atau Honda CBR250RR punya bang Kobayogas, tentunya memerlukan rear stand dan front stand (paddock depan belakang disediakan).

Ganti Ban Motor di Rumah Ban Motor Pondok Kelapa

Setelah motor sudah diparkirkan, awalnya ban motor kita akan dilepas dahulu dari motor dan setelahnya dilepas dari velg motor dengan menggunakan mesin sehingga rapih dan tidak merusak velg & ban motor.

Velg yang sudah “bugil” juga tidak diletakkan sembarangan, melainkan di atas sebuah alas sehingga mengurangi resiko velg jadi baret. Dan ban yang lama akan dibungkus rapih dengan plastic warp.

Proses berikutnya adalah memasangkan ban yang baru ke velg motor dengan menggunakan mesin juga, sehingga pergantiannya pun tidak memakan waktu yang lama! Kebetulan kali ini IH mengganti Battlax S20 dengan Battlax T30 Evo.

Service Lain Selain Ganti Ban Motor

Selain itu, di Rumah Ban Motor Pondok Kelapa, riders juga bisa melakukan beberapa hal lainnya seperti mengganti pentil ban (wheel nut) dengan pentil bengkok / miring, mengisi ban dengan cairan anti bocor (walau Rumah Ban Motor tidak merekomendasikan untuk motor-motor berkecepatan tinggi), menambal ban dari dalam (atau yang disebut tip-top) sehingga tidak merusak permukaan luar ban motor, dan yang juga bisa melakukan balancing ban motor!

Ganti Motor dan Balancing di Rumah Ban Motor Pondok Kelapa

Iya riders, IH juga baru tau kalo ban motor bisa dibalancing. Jadi balancing ini berguna untuk menyeimbangkan perputaran ban yang (mungkin) velgnya sudah mulai tidak sempurna akibat menghantam lobang-lobang jalanan Jakarta yang jahanam itu.

Timah-timah balancing pun dipasangkan di bagian yang diperlukan, dan setelah itu ban sudah siap untuk dipasang lagi.

Harga-Harga Layanan Rumah Ban Motor

Nah bicara soal harga, ini harganya enggak mahal lho jika dibandingkan dengan bengkel-bengkel lainnya. Belum lagi Rumah Ban Motor juga sebenarnya sudah terkenal di kalangan beberapa riders.

Jadi kita mulai bahas harga yuk (harga per 30 September 2017):

  1. Harga jasa umum: Rp100,000
  2. Harga ganti pentil (wheel nut) bengkok / miring: @Rp15,000 x 2 = Rp30,000
  3. Harga balancing ban motor: @Rp50,000 x 2 = Rp100,000
  4. Harga ban Bridgestone T30 (120/70-17): Rp1,360,000
  5. Harga ban Bridgestone T30 (190/55-17: Rp1,835,000

Ga begitu mahal kan? Pelayanan ramah & tempat nunggunya nyaman pula. Ada kafe di sebelahnya dan juga ada tempat cuci motor & detailing. Komplit deh!

Stok Ban Motor di Rumah Ban Motor Pondok Kelapa

Makanya, kalo riders lagi mau ganti ban motor, IH sih rekomendasiin ke Rumah Ban Motor Pondok Kelapa (kalo domisilinya dekat ya). Bukan pesan sponsor lho, tapi beneran. IH pun udah pernah ajak KBY bareng ke sana, dan doi puas. 🙂

Monggo dicoba ya riders, jika kalian ada pengalaman di Rumah Ban Motor, yuk dishare juga di bagian komen di bawah. Enjoy and ride safely!

REVIEW OVERVIEW
Kelengkapan Barang
Kecepatan Servis
Harga
Servis Pelanggan
Lokasi & Tempat

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here