Review Yamaha Xabre 2016 – Naked 150cc Karakter Agresif!

0

Hello riders, kembali lagi di Inside Helmet dan kali ini saya ingin memberikan review Yamaha Xabre 2016 yang kebetulan semua partnya masih standard dan kilometernya juga belum begitu banyak.

Review Yamaha Xabre 2016

Yamaha Xabre ini sendiri baru pertama kali launching di Indonesia di awal 2016 kemarin dan cukup mendapatkan respon yang positif dari pecinta motor naked di Indoensia.

Yamaha Xabre 2016 ini sendiri bentuknya unik dan juga memiliki suspensi depan up-side down yang menarik karena belum ada di motor mana pun di kelas 150cc, di mana motor-motor naked dan juga sport kelas 150cc masih menggunakan suspensi depan telescopic.

Oke mari kita mulai review Yamaha Xabre 2016 ini dari bagian ke bagian yaa, kebetulan ini motor dijual dan boleh di test ride sama Inside Helmet. 😛

Posisi Duduk Tegak, Tidak Banyak Ruang Gerak, Tetapi Mudah Dikendalikan

Pertama-tama kalo misalkan kita baru pertama kali naik Yamaha Xabre 2016, yang paling berasa itu memang posisi duduk yang tegak dan juga ruang geraknya tidak banyak. Artinya bangkunya tidak begitu panjang sehingga tidak bisa duduk terlalu mundur juga.

Dari sini juga makanya Yamaha Xabre 2016 tidak terlihat begitu panjang (P x L x T: 1,955 x 795 x 1,065 mm), di tambah lagi dengan fork up-side down, ban belakang yang cukup besar, dan handle bar yang datar dan lebar jadi membuat motor ini terlihat kekar dan agresif!

Body Yamaha Xabre 2016

Tapi kalo misalkan motor ini dipake untuk ngerebah rasanya sih lumayan sulit, karena pergerakan badan yang cukup terbatasi membuat pengaturan body positioning pun cukup menjadi tantangan. Waktu di tes di belokan Monasco pun juga Inside Helmet jadi enggak berani untuk belok seagresif waktu dulu pernah nyobain Honda CB150R.

Walaupun begitu, Yamaha Xabre 2016 ini termasuk mudah dikendalikan di jalanan perkotaan. Kenapa begitu? Bobot motor yang tidak terlalu berat (berat basah 135kg) dan juga suspensi yang empuk membuat riding enak di bawa belok-belok terutama saat macet. Tapi hati-hati aja riders, soalnya stang motor ini lumayan panjang! Takutnya mentok motor atau mobil lain.

Bentuk Unik dan Serba Minimalis

Jika dilihat dari bentuk Yamaha Xabre 2016, bisa dibilang ini adalah bentuk motor 150cc yang unik di Indonesia karena belum ada yang pernah menampilkan bentuk motor seperti ini. Dimulai dari lampu yang kecil tetapi sudah full LED sampai tangki bensin yang terlihat cukup tinggi memberikan kesan motor kecil tetapi berkarakter galak!

Lampu LED Yamaha Xabre 2016

Terlebih lagi dengan up-side down fork yang dimiliki oleh Yamaha Xabre 2016 membuat tampilan bagian depan begitu agresif. Walaupun sebenarnya motor naked 150cc sebenarnya lebih cocok dengan suspensi telescopic (karena bukan untuk kecepatan tinggi), tetapi siapa sih yang enggak naksir kalo udah liat fork up-side down? 😛

Dashboard Yamaha Xabre 2016 pun terlihat sangat minimalis sehingga memberikan kesan futuristik dan juga compact, tetapi sayangnya informasi gear indicator tidak dapat ditampilkan di dashboard Yamaha Xabre 2016.

Dashboard Yamaha Xabre 2016

Informasi-informasi yang dapat terlihat di dashboard motor ini adalah speedometer, tachometer, fuel meter, jam, dan juga trip meter. Di bagian stang kiri terdapat tombol klakson yang juga minimalis tetapi cukup membingungkan bagi yang belum terbiasa membawa Yamaha Xabre 2016.

Mesin 150cc SOHC Bawaan Yamaha R-15 Cocok Untuk Tarikan Bawah

Dengan mesin 150cc yang dibekali dari mesin Yamaha R-15, Yamaha Xabre 2016 ni bisa dibilang cukup baik untuk ditarikan awalnya.

Karena mesin yang digunakan adalah SOHC maka terasa banget memang untuk performanya agak kurang untuk tarikan atasnya, dibanding dengan mesin DOHC yang sudah double cam system.

Test Ride Yamaha Xabre 2016

Makanya saat Inside Helmet review Yamaha Xabre 2016 ini di tarikan awal lumayan enak, tetapi setelah RPM tinggi rasanya motor ini cepat ngos-ngosan dan terkesan “kosong”. Dengan mesin seperti ini makanya Yamaha Xabre 2016 menurut Inside Helmet lebih cocok untuk digunakan di dalam perkotaan, tetapi kurang cocok jika dibawa jarak jauh seperti touring antar kota.

Tetapi kalo riders adalah penggemar wheelie, ya mungkin saja Yamaha Xabre 2016 dan performa mesin yang seperti ini menjadi pilihan yang tepat. Tinggal ganti gear belakang jadi lebih besar, motor kekar ini siap dipake jempi-jempi!

Harga Yamaha Xabre Untuk Harga Baru dan Harga Second

Untuk harga OTR Yamaha Xabre tahun 2017 sendiri jika dilihat dari website Yamaha Indonesia adalah sebesar Rp30,300,000 dengan pilihan warna Green Army, Matte Red, dan Silver White.

Harga tersebut memang dibandrol lebih mahal dari Yamaha Vixion yang seharga Rp26,000,000. Tetapi mungkin wajar saja dengan mesin R15 yang digunakan dan juga suspensi yang sudah up-side down membuat motor ini tembus 30 juta!

Tetapi untuk pendapat Inside Helmet sendiri, dengan harga Yamaha Xabre 2017 yang mencapai 30 juta ini, masih lebih rela untuk membeli Yamaha Xabre second tahun 2016 yang sekarang mungkin sudah memiliki harga kisaran 18 – 25 juta.

Klakson Yamaha Xabre 2016

Karena untuk harga OTR brand new tersebut, Inside Helmet lebih memilih Yamaha R15 yang terbaru tahun 2017 di harga Rp34,500,000. Tetapi yang terpenting, kembali lagi ke selera masing-masing yaa. 🙂

Begitulah riders review Yamaha Xabre 2016 dari Inside Helmet. Secara kesimpulan akhir, Inside Helmet merasakan fun-nya bawa Yamaha Xabre ini karena motor yang tergolong unik dan nyaman digunakan di dalam kota.

Tetapi mungkin agak kurang nyaman bagi orang yang tingginya di atas 175cm karena motor ini cukup tegak dan kurang banyak ruang geraknya. Jika riders memiliki tinggal 170-175cm ke atas, mungkin sudah lebih cocok jika langsung menggunakan MT-25 saja.

Gimana pendapat kalian riders? Yuk share pengalaman kalian di bagian komentar, nanti bisa jadi informasi yang Inside Helmet tambahkan juga di dalam konten!

Selain itu, riders juga bisa cek harga dan kredit Yamaha Xabre di Moladin. Biar tau harga yang paling update dan langsung minang motor! Enjoy and ride safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

REVIEW OVERVIEW
Riding dan Ergonomi
Mesin dan Power
Build Quality
Konsumsi BBM
Fitur dan Elektronik
Harga Motor
"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here