Review Sarung Tangan New Maestro Leather

0

Aloha riders! Setelah sebelumnya Inside Helmet pernah review helm Shoei X12, kali ini saya mau review aparel lagi! Kebetulan karena kebutuhan melindungi tangan biar enggak makin item 😛 saya membeli sarung tangan di toko aparel di pinggir jalan BKT. Jadinya sekalian dipake sekalian ditulis deh review sarung tangan New Maestro!

Review New Maestro

New Maestro adalah sarung tangan yang cukup dikenal oleh beberapa riders karena harga yang cukup terjangkau dan dapat ditemukan di banyak toko aparel di Indonesia. Untuk review sarung tangan kali ini, saya membeli New Maestro full leather karena ada rasa penasaran juga rasanya menggunakan sarung tangan dengan lapisan luar kulit.

Melalui review sarung tangan New Maestro ini, Inside Helmet mau share gimana rasanya sih pake glove tipe ini. Yuk cek reviewnya di bawah ini!

Preview Bentuk dan Bahan Sarung Tangan New Maestro Full Leather (7/10)

Bentuk dari New Maestro kulit ini sangatlah simple dan terlihat besar untuk tangan pada umumnya, tapi jika digunakan, sebenarnya terasa ngepas banget di tangan. Kebetulan tangan saya agak cukup lebar jadi terasa agak sempit, tapi pada umumnya, harusnya New Maestro cocok digunakan oleh para riders.

Jika dilihat dari bahan bagian luar, full leather artinya tidak ada unsur kain dan karet sehingga tidak seflexible glove yang menggunakan bahan tersebut, tapi kualitas full leather terbukti kuat dan lebih tahan lama karena tidak gampang melar.

Warna sarung tangan New Maestro pada umumnya berwarna hitam, cukup simple, dan tidak mudah terlihat kotor. Apalagi jika dipakai untuk harian (dan bisa digunakan untuk mekanik juga), jadi tidak perlu terlalu repot dan sering membersihkannya.

Beruntusan Dari Sarung Tangan Kulit

Tapi, walaupun tidak perlu sering-sering membersihkan sarung tangannya, riders jangan lupa sering-sering cuci tangan abis riding, karena bagian dalam glove akan beruntusan dan nempel di tangan riders! Tapi makin lama makin sedikit kok, mungkin karena ini masih baru. 😛

Kenyamanan Menggunakan Sarung Tangan New Maestro Full Leather (7/10)

Karena bahannya full leather, ini yang menjadi bahan pertimbangan dari sisi kenyamanan menggunakan sarung tangan kulit. First impression saat nyobain pake New Maestro pas lagi ke kantor itu adalah: ketat dan tidak fleksible. Sifat kulit tidak bisa elastis, sehigga pergerakan tangan pun agak kaku.

Bagian jempol yang harus bolak balik menggenggam handle motor dan tombol sein + kalkson menjadi terasa tidak mudah dan tidak begitu nyaman (lama-lama terasa pegal). Tapi untuk genggamannya terasa sangat nyaman dan tidak licin karena bahan yang tebal sehingga begitu cocok untuk riding santai.

Walaupun kurang flexible, bahan kulit yang tebal dari sarung tangan New Maestro ini tidaklah pengap dan panas. Ini dikarenakan terdapat bagian-bagian lubang kecil yang melancarkan sirkulasi udara dengan baik. Walau di bawah terik matahari yang panas dan jalanan macet, tangan Inside Helmet masih adem!

Keamanan Menggunakan New Maestro Leather Glove (7/10)

Dari segi keamanan, bisa dibilang sarung tangan ini adalah salah satu sarung tangan yang cukup aman jika digunakan untuk harian atau city riding. Lapisan kulit yang tebal siap melindungi tangan riders dari gesekan dari objek lain seperti aspal jika (amit-amit) terjadi kecelakaan.

Review Sarung Tangan New Maestro

Kurangnya hanya tidak ada pelindung keras (hard protector) di bagian punggung tangan yang berfungsi untuk melindungi tulang-tulang sendi di tangan. Tidak harus seperti sarung tangan balap Alpinestar, tapi setidaknya seperti sarung tangan Scoyco.

Touch Experience Smartphone dan Dompet (5/10)

Walau terlihat dan terasa tebal, ternyata sarung tangan New Maestro tidaklah sulit digunakan untuk mengambil barang seperti mengambil uang di dompet. Waktu itu juga nyobain buka pentil (wheel nut) ban motor, ternyata enggak kesulitan. 🙂

Yang sulit adalah saat riders ingin menggunakan smartphone, bahan sarung tangan ini ternyata sangat tidak cocok digunakan di layar sentuh. Bukan mau mengajarkan riders untuk menggunakan smartphone saat riding yaa, tapi terkadang kita berhenti sebentar malas buka sarung tangan ingin angkat telepon jadi susah!

Apakah New Maestro Full Leather Cocok Untuk Harian? (8/10)

Kalo riders lagi cari review New Maestro untuk harian, Inside Helmet bisa bilang ini adalah sarung tangan yang recommended. Dengan bahan kulit dan bentuk yang cukup simple, inilah alasan kenapa riders harus cobain New Maestro untuk harian:

  1. Harga sarung tangan New Maestro ini adalah Rp85,000. Harga yang pas untuk barang yang dipakai harian.
  2. Walau agak kaku di awal, lama-lama bahan kulit akan semakin lemas dan makin nyaman, tapi tidak akan senyaman bahan kain atau karet.
  3. Tidak panas dan tidak dingin, segala cuaca bawaannya adem (belum dites ujan-ujanan).
  4. Tidak perlu digunting bagian ujung jari, sarung tangan New Maestro mudah digunakan untuk mengambil barang seperti uang di dompet.
  5. Bahan yang tebal memberikan proteksi yang cukup aman bila tangan bergesekan dengan benda lain.

Apakah New Maestro Full Leather Cocok Untuk Balapan? (2/10)

Kalo riders lagi cari review sarung tangan New Maestro untuk dipakai trackday atau balapan, it’s a big no! Buat latihan atau main di sirkuit aja sangat tidak aman, apalagi kalo dipake buat balapan. Ini alasan kenapa New Maestro tidak cocok dipakai di track (walau gambar bungkusnya ada Jorge Lorenzo!):

  1. Tidak ada pelindung keras di bagian punggung tangan yang melindungi tulang-tulang sendi.
  2. Bahan kulitnya walau tebal, tapi tidak bisa melindungi gesekan dari kecepatan tinggi seperti waktu balapan.
  3. Sarung tangan New Maestro bersifat pendek, dan tidak bisa melindungi banyak area seperti pergelangan tangan seperti sarung tangan balap.

Overall Review New Maestro Leather (7/10)

Walau terkesan murah, karena dapat dibeli dengan harga yang relatif murah untuk sarung tangan safety riding yaitu Rp85,000, sarung tangan New Maestro ternyata cukup memberikan kesan positif terhadap Inside Helmet.

1 minggu ini menggunakan sarung tangan dari New Maestro, walaupun terasa sangat kaku di awal dan sulit untuk banyak menggerakkan jari, glove ini termasuk cukup nyaman untuk digunakan untuk harian.

Genggaman Pas New Maestro Leather Glove
Ngantor dulu, riders!

Bahan kulit yang kuat lama kelamaan juga akan semakin lembut sehingga tidak akan sekaku seperti waktu pertama kali membelinya. Mungkin ke depannya bisa jadi malah terasa jauh lebih nyaman!

Tapi yang pasti, jangan gunakan glove New Maestro untuk trackday atau balapan di sirkuit ya! Karena sangat tidak safety mengingat minimnya pelindung yang terdapat pada glove tersebut.

Semoga review New Mastero ini bisa membantu riders memberikan referensi untuk beli sarung tangan nih! Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here