Review Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner. Power GSXR600 Kembali Normal!

0

Review Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner

Hello riders, apakah ada yang punya pengalaman di mana motor secara perlahan kehilangan powernya, terutama power di bagian RPM 1,000 sampai 4,000? Atau malah ngerasain power hilang secara keseluruhan?

Atau pernah juga ngerasain kalo gasnya agak brebet kayak bensinnya enggak mengalir dengan lancar?

Mungkin fuel injector systemnya lagi kotor tuh, riders.

Kemarin-kemarin ini, Suzuki GSX-R600 punya Inside Helmet terasa berat banget gasnya, terutama di gas bawah. Sampe-sampe kepikiran apa gara-gara setting dari PCVnya atau mungkin air filter yang kotor.

Akhirnya, saya coba konsultasi dulu ke temen-temen dan salah satu dari mereka kasih rekomendasi untuk coba cairan fuel injector cleaner yang dimasukkan ke dalam tangki bensin motor.

Inside Helmet pun ke ACE Hardware dekat rumah dan mencoba cari produk fuel system cleaner tersebut, dan ketemulah produk dari merk Red Line nih. Nah, setelah pemakaian di GSX-R600 punya Inside Helmet, rasanya bisa dijadikan konten review Red Line Fuel Injector Cleaner nih! Mari simak.

Beli Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner di mana?

Kalo riders emang lagi cari Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner, kalian bisa ke ACE Hardware terdekat dan ke bagian otomotif atau cari aja di online shop seperti Tokopedia atau Bukalapak.

Biasanya yang dijual itu versi botol besar (443 ml / 15 ounce) untuk mobil, tapi secara produknya bisa-bisa aja digunakan untuk motor juga. Namun, kalo riders nemu yang khusus untuk motor (118 ml / 4 ounce), share ke Inside Helmet juga yaa. Walaupun produk yang sama, tapi biar ga pusing ngira-ngira pake berapa banyak aja.

Harga Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner itu sendiri kalo di ACE Hardware adalah Rp159,000 dan sedangkan jika beli di Tokopedia, riders bisa mendapatkannya dengan harga Rp140,000 – Rp150,000. Ya sebenernya sama aja sih, soalnya kan musti bayar ongkir juga kalo beli di online.

Cara menggunakan Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner gimana?

Gampang riders! Sesimple cuma menuangkan cairan Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner ke dalam tangki bensin motor kalian. Serius? Serius!

  1. Pastikan bensin motor kalian cukup
  2. Tuangkan Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner ke dalam tangki bensin
    • Untuk MOTOR gunakan 1/4 dari botol besar (118 ml dari 443 ml = 27% dari botol)
    • Untuk MOBIL gunakan 1 botol besar (443 ml semuanya)
  3. Tunggu sebentar agar cairan tercampur dengan baik dengan bensin (3-5 menit cukup sambil bikin Pop Mie)
  4. Setelah itu, bawalah motor jalan ke tempat yang sepi. Kenapa sepi? Karena motor disarankan untuk dibawa sampai RPM red line (sesuai nama produknya) agar kotoran di dalam tangki dan sepanjang fuel system kalian rontok dan keluar melalui knalpot (ada yang bilang jika sangat kotor, kemungkinan akan keluar asap hitam, jadi jangan kaget riders!) Jika tidak memungkinkan, digeber-geber aja tapi siap-siap diomelin tetangga. 😛
  5. Test ride dan rasakan perbedaannya, lalu jangan lupa kasih komentar di bawah ya!

Hasil review Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner

Beda jauh! Tarikan RPM bawah yang biasanya “kopong” dan lemah (power-loss) sudah enggak begitu dirasakan. Emang sih masih sedikit kopong, mungkin ada beberapa yang harus disetting dari PCV atau ganti air filter yang bagusan, tapi berasa beda banget, riders, saat sebelum dan sesudah menggunakan Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner.

Karena masih penasaran, Inside Helmet menggunakan sisa 3/4 botolnya juga ke mobil Honda City 2012 yang dulu pernah di bahas di review Go-Auto. Karena kebetulan mobil Inside Helmet juga mengalami problem yang sama!

Nah, kalo riders mau pake buat mobil, gunakan 1 botol penuh fuel system cleanernya ya. Kalo Inside Helmet kebetulan aja dipake buat motor dulu, abis itu sisanya dituang ke mobil. Hasilnya pun sama, riders!

Gas yang sebelumya berat dan bikin mobil Inside Helmet boros, kini jauh lebih enteng dan lebih enak dibawa (apalagi kalo mobil kan kebanyakan main di RPM bawah karena macet dan ga bisa selincah motor).

Inside Helmet versi wanita (alias calon istri) yang lagi belajar bawa mobil pun juga punya pendapat yang sama setelah menggunakan Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner ke mobil. Katanya, belajar mobil jadi lebih enak karena ga kagok sama power yang lemah di RPM bawah dan tiba-tiba tinggi di RPM tengah.

Mendingan pake cairan fuel system cleaner atau ke bengkel yang bisa fuel injection system cleaning?

Kalo misalkan riders bingung mendingan DIY pake Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner atau ke bengkel yang ada mesin khusus untuk fuel system cleaning, Inside Helmet lebih menyarankan ke bengkel khusus, riders.

Kenapa begitu? Karena sampai harus bongkar body dan liat ke dalem langsung, sehingga pembersihannya bisa lebih detail dan menyeluruh.

Tapi kalo misalkan untuk regular treatment bulanan, lebih baik lakukan sendiri di rumah dengan fuel system cleaner seperti produk dari Red Line ini.

Jadi begitulah riders, review Red Line Complete SI-1 Fuel System Cleaner yang Inside Helmet udah cobain sendiri. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share pengalaman kalian atau review kalian di bagian komentar di bawah ya!

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here