Review Masker Bowin N99 CV. Masker Motor Anti Polusi!

0

Hello riders, selamat datang di Inside Helmet dan kali ini gw mau nge-review salah satu masker motor anti polusi yang gw beli dari Tokopedia.

Review Masker Bowin N99 CV

DISCLAIMER: Ini bukan konten sponsor atau endorsement dari Bowin, melainkan gw browsing, beli, bayar, dan pake sendiri. Apa yang gw tulis di bawah ini adalah pandangan dan review dari gw sendiri.

Seperti yang mungkin riders ketahui, Jakarta akhir-akhir ini menjadi “juara” polusi menempati peringat top 5 menurut aplikasi AirVisual. Dan menurut gw, menggunakan masker bedah (tanpa filter khusus polusi) rasanya udah enggak mempan.

Selain dari rasa sesak dan panas, menggunakan masker yang bukan spesifik untuk polusi itu bisa menimbulkan beberapa penyakit serius karena partikel-partikel sangat kecil yang bisa masuk ke tubuh kita.

Setelah browsing-browsing di Tokopedia, akhirnya ketemu nih masker motor anti polusi dengan tipe N99 bermerek Bowin.

Apa itu masker tipe N99?

Sebelum masuk ke review, gw mau share juga nih tentang tipe masker N99 yang gw kutip dari HonestDocs.

Masker tipe N99 adalah sebuah masker anti polusi dengan filter yang mampu menyaring partikel PM2.5 sampai 99%. Namun, masker tipe N ini tidak mampu bertahan dari polutan berbasis minyak.

PM2.5 (Particulate Matter) itu sendiri adalah partikel udara dengan ukuran lebih kecil dari 2.5 mikron (mikrometer) atau sekitar 3% dari diameter rambut manusia yang bisa berasal dari asap kendaraan bermotor, kebakaran hutan, asap pabrik, asap rokok, asap memasak, hingga dari pembakaran lilin!

Bayangkan partikel yang sangat kecil dan muncul dari berbagai faktor yang terjadi sehari-hari di kehidupan kita, riders. Makanya butuh banget yang namanya masker anti polusi kalo kalian sering berada di luar ruangan seperti menggunakan sepeda motor untuk kerja.

Spesifikasi masker motor N99 CV merek Bowin

Untuk setiap pembelian masker motor N99 CV ini, kalian akan mendapatkan ini riders:

  • Perlindungan superior filter 99% terhadap asap kendaraan, debu, serbuk, asap rokok, bau tidak sedap, & polusi udara 
  • 6 lapisan filter dual karbon aktif N99 untuk proteksi yang maksimal atas mikropartikel udara 2.5mm (PM2.5)
  • Sirkulasi udara lebih baik dengan 2 buah katup udara (double-valve) & material bahan yang nyaman
  • Masker dapat dicuci dan digunakan berulang kali
  • Ukuran tali dapat disesuaikan
  • Sertifikasi ISO 9001:2000 & CE
  • KEMKES RI: FR.03.02/VA/7219/2018
  • Pembelian 1 masker sudah termasuk 1 lembar filter N99
Masker Bowin N99 CV dan Filter PM2.5

Review masker anti polusi N99 CV dari Bowin Indonesia

Setelah mengenal tentang tipe masker N99, PM2.5, dan sedikit tentang spesifikasinya, yuk kita bahas sekarang tentang review masker N99 CV dari Bowin ini.

Design masker

Dari segi design sebenarnya gw enggak banyak komentar, karena memang bentuknya standard seperti masker polusi pada umumnya. Namun dari segi fungsi, bentuk masker anti polusi N99 ini pas banget ketika digunakan.

Maksudnya pas adalah jahitan dan lekukannya menutupi bagian dagu hingga pipi dan hampir enggak ada celah, ditambah bagian batang hidung yang bisa diatur sesuai dengan besar kecilnya batang hidung kita masing-masing.

Kebetulan gw beli yang warnanya hitam, jadi cukup netral untuk digunakan dengan motor & pakaian warna apapun.

Di bagian depannya juga ada 2 katup udara yang memberikan kesan simetris di mana katup udara ini memberikan sirkulasi udara yang tersaring.

Kenyamanan penggunaan masker

Sebelum digunakan, gw memastikan dulu bahwa ukurannya bisa pas untuk ukuran kepala. Masker motor ini punya tali yang bisa riders atur besar kecilnya di masing-masing tali kiri dan kanan.

Gw pastikan dulu biar masker ini enggak kelonggaran, tetapi juga enggak begitu menarik kuping gw karena kekecilan.

Setelah pemakaian awal, first impressionnya adalah nyaman. Tidak hanya karena karena tali yang bisa diatur, tetapi bahan kain bagian dalam yang lembut. Jadi kalo dipake lama waktu naik motor ke kantor ya santai-santai aja.

Enggak bikin gatel, enggak bikin iritasi, dan juga enggak bikin kulit kita terasa panas karena ketutup masker. Di kala keringetan pun tetep nyaman karena bahan kain yang menyerap keringat.

Material Bahan Masker Bowin N99 CV

Efektifitas masker menahan polusi

Berkat filter PM2.5 yang diberikan dalam pembelian masker anti polusi Bowin N99 CV ini, gw bisa bernafas lebih “adem” dibandingkan waktu pake masker bedah.

Adem ini maksudnya jadi ga begitu sesek seperti biasa, udara yang dihirup juga ga begitu panas ketika ketika masuk dari hidung, tenggorokan, sampe paru-paru.

Tapi ya kalo yang namanya ada asep item dari metro mini atau asep “fogging” yang muncul dari knalpot motor 4 tak, itu emang rasanya susah untuk dihindari.

Mendingan kalo ketemu asep-asep model begituan dihindari deh.

Namun, setidaknya masker motor Bowin N99 CV ini sudah cukup untuk menyaring sebagian besar udara-udara kotor yang ada di sekitar kita. Nafas jadi lebih lega dibandingkan sebelumnya.

Kemudahan bernafas masker

Oke, kalo masuk ke bagian ini, gw baru mulai melihat sedikit kekurangannya karena pertama kali menggunakannya gw ngerasain agak sulit bernafas dibandingkan dengan masker bedah yang biasanya.

Sebenarnya ini bukan kekurangan yang merugikan, tapi ya karena masker ini memastikan udara yang masuk hanya melalui katup udara sehingga bisa difilter, makanya butuh penyesuaian terlebih dahulu.

Gw sih coba beberapa hari sambil cari setting-an ukuran tali dan bagian batang hidung sampe akhirnya nemuin yang lebih pas.

Gw sempet juga komen di Instagram mereka untuk nanyain kira-kira gw harus pakenya gimana, tapi ternyata memang itulah prosesnya. Menurut tim Bowin sendiri, memang butuh penyesuaian karena adanya filter yang lebih ketat untuk menyaring udara-udara kotor ini.

Reusability atau penggunaan ulang masker

Salah satu keunggulan masker anti polusi Bowin tipe N99 CV ini adalah, bisa digunakan berulang-ulang lho, riders! Enggak seperti masker bedah yang mungkin kita sering pake waktu naik ojek online yang setiap hari harus diganti.

Masker dengan bahan kain ini bisa dicuci dan digunakan kembali. Hanya saja jangan lupa untuk mengeluarkan filter PM2.5 terlebih dahulu dan masker tidak dicuci menggunakan mesin cuci. Alias kucekan tradisional udah cukup!

Waktu gw cuci pun ga perlu pake sabun apa-apa, cukup menggunakan air bersih aja. Kenapa begitu? Karena masker ini kan bakalan dipake di wajah kita, dan wajah kita ini cukup sensitif dengan sabun-sabun apalagi kalo pake deterjen, jangan sampe kita malah gatel-gatel atau kena penyakit kulit lainnya.

Pun kalo kalian mau cuci dengan sabun, pake aja shampoo bayi yang bisa kalian gunakan juga untuk mencuci helm.

Nah, kalo misalkan filter PM2.5-nya udah kotor, kalian juga bisa beli isi ulangnya. Jadinya ga perlu beli-beli masker motor terus, dan lama-lama bisa lebih hemat dibandingkan beli masker bedah berbox-box.

Harga masker

Dengan spesifikasi dan review yang udah gw jabarkan di atas, lo bisa beli masker Bowin N99 CV ini dengan harga Rp39.000 di Tokopedia. Tinggal cari aja warna yang kalian suka, atau kalian bisa juga bandingin dengan model-model lainnya dari Bowin.

Menurut gw sih ini cukup murah ya, tadinya gw mau beli masker Xiaomi yang sampe ratusan ribu itu, tapi ngeliat ada Bowin jadi pengen coba terlebih dahulu.

Kalo ada rezeki lebih nanti gw akan cobain juga masker Xiaomi yang ada kipasnya itu, katanya sih biar nafas lebih mudah, tapi we will see ya.

Review Masker Bowin N99 CV Inside Helmet

Kesimpulan review masker Bowin N99 CV

So far gw pake ini untuk harian, dan gw cukup puas apalagi dengan harga yang ditawarkan.

Memang perlu penyesuaian di awal, apalagi gw sebelumnya cuma pake masker bedah yang enggak begitu maksimal menyaring udara kotor.

Tapi yang perlu kalian ketahui, karena ada filternya dan mungkin membuat nafas lebih sulit, maka dari itu produk ini tidak disarankan untuk anak-anak, lansia, ibu hamil, dan pasien yang terkena penyakit kardiovaskular & penyakit paru kronis (bisa baca juga di sini ya).

Apakah riders ada yang pernah beli dan pake masker tipe ini juga? Atau kalian punya perbandingan yang bisa kalian share? Yuk berbagi di kolom komentar, riders!


Terima kasih sudah membaca! Jangan lupa share artikel ini dan follow @insidehelmet di Instagram ya!

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here