Review Honda BeAT 2016 eSP. Si Ringan Irit!

0

Hello riders! Kembali di Inside Helmet dengan review motor lainnya. Sebelumnya saya pernah mereview Honda Vario 125 2013, Yamaha Mio 2008, dan Suzuki GSX-R600 2008, nah kali saya akan melakukan review untuk motor Honda BeAT 2016 eSP!

Honda BeAT adalah salah satu motor skuter atau yang biasa kita sebut motor matic produksi Honda yang kelasnya di bawah Vario 125.

Honda BeAT 2016 eSP
Sumber: Astra Honda Motor

Kapasitas mesin SOHC motor ini adalah 108.2cc dengan perbandingan kompresi 9.5 : 1, sehingga bisa dibilang motor ini tergolong cukup irit untuk digunakan harian karena tidak banyak tenaga mesin yang digunakan.

Berat motor ini pun hanya berkisar 92kg dibandingkan dengan Vario 125 yang mencapai 109kg, sehingga motor pun menjadi enteng dan konsumsi bensin juga menjadi semakin irit!

Salah Satu Motor Terenteng Dari Kumpulan Scooter Honda Indonesia

Seperti yang sudah dibahas di atas tadi, Honda BeAT 2016 eSP merupakan motor yang cukup enteng, sehingga pengendara wanita pun tidak perlu ragu untuk menggunakannya untuk harian kuliah ataupun kerja.

Karena pada umumnya, kendala terbesar bagi pengendara wanita adalah saat motor terlalu berat untuk mereka yang dapat membuat motor tersebut terjatuh. Maka dari itu, Honda pun menciptakan Honda BeAT dari tahun 2008 sebagai motor yang mudah dikendalikan untuk harian.

Walaupun enteng dan terbilang mudah dikendalikan, untuk riders yang sudah sering menggunakan motor yang jauh lebih berat seperti membawa Yamaha Vixion atau Honda CBR250R untuk harian, pastinya akan merasa kagok saat pertama kali membawa Honda BeAT.

Kapasitas Mesin Minimalis Yang Ekonomis

Kapasitas mesin Honda BeAT 2016 eSP yang sebesar 108.2cc inilah yang juga menjadi titik daya saing di antara skuter-skuter lainnya. Sebagai motor harian, tentunya riders juga mempertimbangkan keiritan dari motor tersebut.

Dan di sinilah Honda BeAT juga menjadi solusi bagi daily commuter yang mau menggunakan sepeda motor. Tidak hanya kapasitas mesin minimalis, tetapi juga dengan berat Honda BeAT yang tidak mencapai 100kg menjadikan dia sebagai motor ekonomis alias irit!

Untuk ukuran tangki bensin Honda BeAT 2016 eSP sendiri adalah 4 liter, dan jika jarak tempuh yang dilalui riders sepanjang 20km per hari (pulang-pergi) maka biasanya hanya mengisi bensin sekitar 10-14 hari sekali! Irit banget kan?

Honda BeAT 2016
Sumber: Astra Honda Motor

Starter Mesin Halus dan Fitur Idling Stop System

Setelah cukup sukses dengan Starter ACG dan ISS pada Honda Vario, Honda pun akhirnya menurunkan fitur ini kepada Honda BeAT 2016 eSP. Starter ACG berfungsi untuk menghidupkan mesin lebih halus dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya.

Fitur Starter ACG inilah yang juga mendukung Idling Stop System yang secara otomatis akan mematikan mesin jika berhenti lebih dari 3 detik dan kembali menyalakannya lagi jika tuas gas diputar.

Selain saat melakukan starter mesin, suara Honda BeAT pun menjadi lebih halus saat dikendarai. Tentunya, hal ini juga diklaim oleh Honda untuk dapat menurunkan penggunaan bahan bakar pada motor!

Mengedepankan Efisiensi dan Keentengan Bodi, Mengorbankan Ukuran Bagasi Motor

Nah, walaupun dengan bodi yang ramping dan juga enteng ini dapat memberikan efek yang cukup signifikan pada penggunaan bahan bakar, Honda BeAT pun terpaksa harus membatasi ukuran bagasi motor.

Sayangnya, riders tidak dapat menyimpan helm di dalam bagasi Honda BeAT yang cukup ramping ini, tetapi bagasi masih tetap bisa digunakan untuk menyimpan tas kecil atau mungkin kotak makan. Jadi siap-siap dititip tuh helmnya, riders!

Walaupun Begitu, Honda BeAT Tetap Direkomendasikan Untuk Harian

Setiap motor pasti ada kelebihan dan kekurangannya, nah untuk Honda BeAT itu sendiri tentunya memiliki daya saing yaitu motor yang irit dan juga mudah dikendalikan. Tetapi sebagai “biaya” dari itu semua, riders tidak dapat begitu bebas menyimpan barang bawaan di dalam bagasi Honda BeAT dikarenakan bodi yang ramping.

Jika memang riders adalah commuter yang tidak banyak membawa barang dan juga bisa menitipkan helmnya di tempat penitipan helm, Honda BeAT 2016 eSP adalah salah satu motor yang sangat direkomendasikan dengan harga mulai dari Rp14,750,000 (dan Rp14,450,000 untuk Honda BeAT Pop).

Honda BeAT Magenta
Sumber: Astra Honda Motor

Tetapi, jika riders ingin mencari motor yang bisa menyimpan banyak barang seperti jika ingin melakukan perjalanan jarak sedang hingga jauh (touring), alangkah baiknya menggunakan motor yang lebih besar daripada Honda BeAT seperti Honda Vario atau Yamaha N-Max.

Ini sangat penting karena dalam melakukan perjalanan jarak sedang-jauh tentunya riders perlu membawa beberapa hal penting. Selain itu, dari kapasitas mesin pun tidak disarankan menggunakan Honda BeAT jika tempat tujuan memiiki banyak tanjakan dan turunan.

Memaksakan Honda BeAT dengan mesin minimalis ini malah dapat membuat mesin cepat rusak dan dapat mengganggu perjalanan Anda. Motor yang terlalu enteng pun bisa menjadi berbahaya saat turunan (tajam) karena akan sulit dikendalikan jika terlalu kencang (tidak stabil).

Begitulah riders, review dari Honda BeAT 2016 ini! Kesimpulannya, jika riders ingin mencari motor harian untuk kuliah / kerja, Honda BeAT 2016 eSP boleh dijadikan pertimbangan. Tetapi jika riders ingin mencari motor untuk jarak tempuh yang cukup jauh, disarankan untuk mencari motor dengan kapasitas yang lebih besar.

Semoga bermanfaat! Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

REVIEW OVERVIEW
Riding dan Ergonomi
Mesin dan Power
Build Quality
Konsumsi BBM
Fitur dan Elektronik
Harga Motor

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here