Review Helm Shoei X12 Putih a.k.a. Sukro!

0

Review Helm SHOEI X12 Putih

Hello lagi riders! Jadi baru hampir sebulan yang lalu, saya akhirnya membeli helm baru dan juga baru pertama kali memiliki helm non-lokal. Kebetulan saya mengambil dari merk favorit saya yaitu SHOEI! Nah mumpung masih seger dan helm masih oke, langsung aja deh Inside Helmet review helm SHOEI X12 warna putih ini, atau yang sering dibilang helm sukro!

Merupakan sequel dari SHOEI X11, helm SHOEI X12 dirilis pada tahun 2009 dan terus bertahan sebagai salah satu helm yang cukup favorit di kalangan riders di berbagai negara sebelum akhirnya merilis sequel yang lebih baru lagi yaitu SHOEI X14 di tahun 2016 dengan harga yang sama dengan X12!

Untuk kali ini (berhubung hanya punya SHOEI X12), saya akan membahas dari 3 aspek yang penting dari sebuah helm. Yang pertama adalah bentuk dan design helm tersebut yang biasanya menjadi faktor paling pertama dilihat oleh riders, kedua adalah kenyamanannya, dan yang ketiga adalah keamanannya.

8/10 Untuk Bentuk Helm SHOEI X12

SHOEI X12 Dengan Pinlock

Jika dilihat dari bentuk, SHOEI X12 ini memiliki bentuk design helm sangat menarik dan bisa dibilang cukup ganteng untuk digunakan di street ataupun sirkuit. Dengan spoiler khasnya di bagian belakang, membuat helm ini menjadi aerodinamis layaknya seperti helm yang digunakan Marc Marquez di MotoGP.

Angka 8/10 seharusnya bisa menjadi 10/10, tetapi berhubung SHOEI X14 sudah dirilis, bentuk helm yang lebih baru ini tentunya terlihat lebih keren dibandingkan versi sebelumnya. Dan juga lambang SHOEI yang ada di helm merupakan sticker, tidak embed seperti helm Arai. Tetapi jika rides menganti visor standard dengan dark flat visor, boleh lah saya bilang ini jadi 8.5/10! :p

SHOEI X12 pun menyediakan helm dengan berbagai motif, selain warna dasar yaitu putih dan hitam, seperti motif yang digunakan Marc Marquez. Warna sporty dan design aerodinamis lah yang membuat helm ini menjadi salah satu helm favorit riders di berbagai negara.

9/10 Untuk Kenyamanan Menggunakan Helm SHOEI X12

AGV Corsa Winter Test 2013 dan SHOEI X12 Putih

Agak susah untuk menemukan apa yang membuat SHOEI X12 tidak nyaman selain adalah whistle noise / suara angin yang ternyata masih sering terdengar saat riding agak kencang. Dari bentuk dan ukuran bagian dalam helm sangatlah cocok untuk orang-orang Asia yang mungkin juga dikarenakan helm ini memang lahir di negara Jepang.

Helm ini tentunya berbeda dengan AGV yang dibuat dan lebih cocok untuk kepala orang-orang Eropa dan malah terasa agak sempit (hingga terkadang pusing) untuk digunakan oleh riders Indonesia. Dan dengan berat kurang lebih 1.7kg, helm ini terasa enteng digunakan sehingga selama riding pun tidak begitu cepat lelah di bagian leher yang biasanya harus menahan helm berat.

Dengan bahan padding dan liner yang nyaman serta jumlah ventilasi 5 intake dan 10 exhaust (tetapi tidak begitu berasa banyak angin keluar masuk via ventilasi), helm ini tentunya cocok untuk digunakan di daerah panas seperti Jakarta sehingga ini menjadi faktor kenyamanan SHOEI X12 untuk dipakai harian atau weekend riding.

Selain nyaman digunakan, SHOEI X12 juga sangat mudah dilepas bagian padding dalamnya untuk dicuci! Cuci helm yang rutin bisa membuat helm semakin awet dan tidak bau!

10/10 Untuk Fitur Keamanan SHOEI X12

SHOEI X12 dan CBR250R

Harus diakui, SHOEI X12 memiliki fitur keamanan yang sangat memadai jika digunakan untuk harian maupun untuk balapan di sirkuit. Dengan teknologi AIM+ Shell Construction yang memiliki standarisasi dari DOT dan SNELL M2015, helm ini diakui oleh SHOEI memiliki kombinasi fiberglass dan fiber organik yang sangat kuat (hanya dapat dipotong dengan laser). Selain itu, SHOEI juga menggunakan fitur Dual Layer EPS Liner yang dapat lebih menyerap benturan karena memiliki tingkat ketebalan yang lebih di beberapa bagian penting.

Fitur keamanan unik SHOEI X12 adalah E.Q.R.S (Emergency Quick Release System) yang adalah sebuah mekanisme helm untuk melepaskan cheek pads dengan mudah dalam keadaan genting jika (amit-amit) riders mengalami kecelakaan. Helm pun akan dengan lebih mudah dan aman untuk dilepaskan dari kepala riders terutama jika riders tidak sadarkan diri / pingsan.

9/10 Untuk Kesimpulan Akhir SHOEI X12

Pengalaman Riding dengan SHOEI X12

Setelah melihat dari 3 aspek penting di atas, akhirnya saya menentukan nilai akhir dari SHOEI X12 ini, yaitu 9/10! Nilai yang hampir sempurna ini diberikan tidak hanya dilihat dari bentuk dan designnya, tetapi SHOEI juga memberikan helm dengan kenyamanan dan keamanan tingkat pembalap MotoGP!

Sehingga, para riders bisa melihat helm ini digunakan dan diiklankan oleh pembalap MotoGP yaitu Marc Marquez, yang menjadi bukti helm yang cukup direkomendasikan untuk para riders. Selain itu, SHOEI X12 pun memiliki teknologi pinlock-ready, sehingga dapat memasang pinlock untuk menghindari embun di visor helm.

Dengan kualitas yang baik ini pun, helm SHOEI X12 ternyata memiliki harga yang cukup membuat beberapa riders berpikir-pikir untuk memilikinya. Biasanya harga SHOEI X12 ini beragam dari Rp6,000,000 sampai Rp8,500,000 (tergantung dari motif atau warnanya). Untuk dark smoke flat visor juga bisa dibeli terpisah dengan harga sekitar Rp1,000,000.

Bentuk SHOEI X12 Yang Sporty

So, begitulah riders sedikit review dari helm SHOEI X12 ini. Khusus untuk warna putih ini sebenarnya lebih harus sering untuk membersihkannya setelah digunakan riding, karena biasanya debu dan kotoran lebih mudah terlihat di benda-benda berwarna putih.

Jika riders ingin membelinya, bisa dibandingkan dahulu dengan SHOEI X14 juga yang notabene, katanya, harganya tidak jauh berbeda dengan versi X12 ini. Semoga bermanfaat! Enjoy and ride safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

REVIEW OVERVIEW
Design & Varian
Kenyamanan
Keamanan
Harga
Spare Part & Aksesoris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here