Review GoAuto Dari Gojek – Cuci Mobil Luar & Dalem!

0

Review GoAuto

Hello riders! Pertama-tama kalo riders sering ngecek isi Inside Helmet dan belum ada update udah lama banget, mohon maaf yaa, dikarenakan ada musibah kemarin jadi enggak sempet untuk nulis di sini.

Nah pada posting kali ini, mungkin enggak 100% tentang motor, tapi topik hari ini bisa digunakan untuk mobil dan motor. Cuma kebetulan aja, nyobain aplikasi GoAuto dari GoJek pas kebetulan pengen cuci mobil luar dan dalam! Yuk disimak review GoAuto dari GoJek ala Inside Helmet!

Apa itu GoAuto dari GoJek?

Basically, GoAuto itu aplikasi jasa dari GoJek yang difokuskan untuk keperluan otomotif para pengguna. Kalo biasanya kita pake GoJek buat dianter kemana-mana, GoSend untuk mengirim barang, dan GoFood untuk beli makanan, GoAuto ini sendiri untuk kalian yang malas ke bengkel atau ke salon mobil/motor. Tinggal dipanggil!

Sedikit berbeda dengan GoJek, GoSend, dan GoFood, kalian diwajibkan untuk mendownload aplikasi GoLife yang di dalamnya selain ada GoAuto juga termasuk GoMassage, GoGlam, dan GoClean. Yah, pe-ernya itu aja sih, sekarang fungsi dari 4 jasa ini dipisahkan menjadi 1 aplikasi GoLife tersendiri.

Cara Pesan GoAuto dan Berapa Harga GoAuto dari GoJek

Kemudahan adalah kunci kesuksesan perusahan GoJek, maka dari itu menggunakan GoAuto pun didesign semudah mungkin untuk digunakan. Hanya dengan men-download aplikasi GoLife dan memilih servis GoAuto, di situ kalian sudah bisa memesan GoAuto untuk kendaraan yang kalian miliki.

Pemilihan Kendaraan GoAuto

Pertama-tama, daftarkan dulu mobil atau motor kalian di GoAuto, dan kalo tipe mobil atau motor belum ada di aplikasinya, berarti belum bisa ya (belum tes sih, ada yang pernah tes kendaraan yang belum terdaftar?).

Setelah mendaftarkan kendaraan, tinggal pilih deh 1 dari 3 jenis servis yang mau dilakukan, yaitu Wash, Service, dan Emergency.

Jika kalian memilih Wash, artinya ini untuk perawatan interior dan exterior (kalo motor hanya exterior). Pilihan servis Wash pun bermacam-macam dari:

  • Wash – Ini hanya mencuci mobil / motor seperti biasa dan termasuk interior cleaning untuk mobil dengan harga Rp45.000 untuk mobil dan Rp25.000 untuk motor (+Rp.5000 jika mau diwax).
  • Wash & Wax – Ini mencuci mobil seperti pilihan di atas dan ditambah waxing biar makin kinclong! Servis in seharga Rp65.000 dan hanya berlaku untuk mobil.
  • Wash, Wax, & Window Treatment – Ini mencuci dan waxing seperti di atas dan ditambah dengan pembersihan kaca mobil. Harga servis ini adalah Rp175.000 dan hanya berlaku untuk mobil.
  • Polish – Servis ini melakukan semua servis di atas ditambah dengan polishing dengan total harga yaitu Rp550.000.

Jika kalian memilih Service, artinya ini untuk melakukan tune up pada mobil dan motor hingga sampai penggantian oli, ban, hingga aki.

  • Tune Up – Seperti yang dilakukan bengkel pada umumnya ditambah dengan penggantian oli kendaraan. Servis ini memiliki harga Rp200.000 untuk mobil dan Rp75.000 untuk motor (harga di luar oli yang dipilih pengguna).
  • Oil Replacement – Penggantian oli saja yang hanya berlaku untuk mobil. Servis ini seharga Rp50.000 dan di luar harga oli pilihan pengguna.
  • Tire Replacement – Penggantian ban yang hanya berlaku untuk motor. Servis ini seharga Rp45.000 dan di luar harga ban pilihan pengguna.
  • Battery Replacement – Penggantian aki yang berlaku untuk mobil dan motor. Servis ini bebas biaya kirim tetapi harus tetap bayar harga akinya yaa.

Jika kalian memilih Emergency, artinya ini untuk keperluan mendesak amit-amit jika kejadian saat dalam perjalanan.

  • Battery Jumper – Servis ini digunakan untuk men-jumper atau memancing aki yang mati. Jika aki mati total berarti harus melakukan Battery Replacement di bagian Service. Servis ini hanya berlaku untuk mobil dan memiliki harga Rp75.000.
  • Spare Tire Change – Servis ini digunakan untuk mengganti ban mobil kalian. Yang harus dipastikan adalah ban cadangan dibawa dan dalam keadaan baik. Servis yang hanya berlaku untuk mobil ini memiliki harga Rp75.000.
  • Towing – Servis ini kebetulan hanya berlaku untuk motor (mungkin nanti ke depannya ada untuk mobil juga). Intinya servis ini adalah penyewaan mobil towing (mungkin kerjsama dengan GoBox?) yang akan menjemput motor kalian. Harga towing motor adalah Rp480.000 belum termasuk tol jika ada.

Contoh Pemesanan GoAuto

Nah di atas itu adalah servis-servis yang disediakan oleh aplikasi GoAuto dari Gojek. Tapi Inside Helmet sendiri kemarin enggak nyobain semuanya! Yang ada nanti tekor mendadak. 😛 (Harga terhitung tanggal 3 Mei 2017)

Setelah melakukan pemilihan servis, aplikasi GoAuto akan melakukan pencarian kepada agen yang bisa melakukan pekerjaan tersebut. Pencariannya lebih lama dibandingkan dengan GoJek karena memang agennya juga mungkin masih belum begitu banyak.

Waktu dan tempat kalian pun yang tentukan (minimal 1 jam dari waktu pemesanan), dan setelah mendapat agennya, kalian bisa menghubungi agen tersebut seperti GoJek. Dan yang enggak kalah canggihnya, di aplikasi juga ada fitur Waterless yang berguna untuk memberitahu agen GoAuto bahwa tidak ada sumber air yang dapat digunakan (seperti di apartemen atau di kantor).

Review GoAuto Wash, Wax, & Window Treatement di Mobil

Kalo bagian ini, Inside Helmet akan ngasih tau pengalaman menggunakan jasa GoAuto pada mobill Honda City tahun 2012. Jadi karena memang lagi sibuk-sibuknya mengurus barang-barang almarhum bokap di rumahnya, tapi mobil butuh banget dicuci luar dan dalemnya karena sudah bau, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba GoAuto.

Pemesanannya sangat mudah seperti di atas dan kurang dari 5 menit pun sudah bisa mendapatkan agen yang siap mencuci mobil saya. Setelah itu saya hubungi dia untuk janjian dan menjelaskan lokasi mobil saya ada di mana.

Respons dan waktu kedatangan agen GoAuto pun cukup cepat, karena hari itu hari Minggu dan pastinya jalanan lagi lancar. Setelah datang, saya menjelaskan mobilnya yang mana dan agen GoAuto langsung melakukan pengecekan fisik dan dicatat di formulir pendaftarannya.

Pengecekan fisik luar & dalam dilakukan untuk menghindari salah menyalahkan juga, jadi yang udah baret atau bonyok di mobil enggak bisa sembarangan untuk “dimainkan” user untuk menyalahkan agen. Barang-barang pribadi pun diingatkan untuk dikeluarkan terlebih dahulu.

Review GoAuto Honda City 2012

Setelah pengecekan fisik, pengguna diwajibkan untuk menandatanginya untuk persetujuan, dan setelah itu barulah agen GoAuto baru bisa melakukan pekerjaannya. Kebetulan saya enggak pakai fitur waterless, jadi saya bantu dengan menyediakan keran dan selang air untuk mencuci mobil.

Tetapi untuk alat-alat kebersihan lainnya seperti sabun, lap, brush, vacuum cleaner, dan lain-lain, itu semua dibawa langsung oleh agen GoAutonya. Lengkap deh pokoknya! Hanya tinggal menunggu pekerjaannya selesai.

Sambil berberes rumah, sesekali emang kepo untuk ngecek lagi ngapain ya. Di awal-awal ternyata agen GoAuto melakukan pembersihan bagian dalam dari vacuum cleaning sampai pembersihan jok dan dashboard. Setelah itu barulah memulai pencucian mobil bagian luar, diikuti dengan waxing hingga pembersihan jendela.

Berhubung itu mobil udah kotor banget dan udah lama enggak dicuci, makanya membutuhkan pengerjaan dan waktu yang cukup banyak. Sampe-sampe nyuci 1 mobil Honda City 2012 aja memakan waktu 3 jam!

Interior Cleaning GoAuto

Sebenarnya ini bukan karena kinerjanya lelet sih, tapi emang itu mobil luar dan dalem kotor banget. Pembersihan jendela pun butuh waktu yang cukup lama karena kalo kata agen GoAuto “Ini jamurnya tebel-tebel di jendela”. Jadi malu… Tapi, walaupun begitu, 3 jam yang cukup lama akhirnya selesai juga dan mobil pun menjadi kinclong di luar dan di dalam.

Di bagian dalem pun dikasih karpet kertas biar karpet mobilnya enggak langsung kotor kena sepatu. Mobil yang tadinya bau menjadi wangi dan bekas kutek nyokap yang di mana-mana pun hilang serasa seperti mobil baru. 🙂

Berhubung di aplikasinya sedang diskon, jadi harga cuci mobil luar dalam yang memakan waktu 3 jam itu hanya Rp145.000 saja! Tapi masa sih Inside Helmet setega itu…

Jadi saya kasih aja Rp175.000 seperti harga sebelum diskon, itung-itung tip hasil kerja dia yang udah detail dan juga buat doi jalan-jalan sama pacarnya yang setia nunggu duduk di bangku depan rumah selama 3 jam…

Nah begitu deh, review GoAuto untuk mobil dan juga beberapa informasi tentang GoAuto sehingga kalian bisa baca-baca dan mencobanya sendiri. Lain kali pengen cobain motor, tapi sayangnya Suzuki GSX-R600 belum masuk daftar motor di GoAutonya. 🙁

Semoga ke depannya kalo pengguna GoAuto makin banyak, kualitas servisnya enggak menurun yaa. Dan semoga ke depannya fitur GoAuto juga semakin variatif, karena emang jadi solusi buat orang-orang (pemalas kayak saya :P) yang pagi sampai malam harus kerja jadi enggak sempat merawat kendaraan mereka.

Hasil Cuci Mobil GoAuto

Semoga infonya bermanfaat dan bikin kalian penasaran buat nyobain GoAuto ya! Enjoy and ride safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here