Review Beli Spare Part Motor di Amazon Jepang

0

Hello riders! Kembali di Inside Helmet setelah berbulan-bulan absen (maklum, kerjaan menumpuk dan ngurus nikahan!). Kebetulan hari Jumat minggu lalu, saya coba beli air filter K&N dari Amazon Jepang, dan via konten ini saya ingin kasih review beli spare part motor di amazon.co.jp. Yuk simak!

Navigasi Website & Tampilan Bahasa Amazon Jepang

Bagi orang-orang di bagian Amerika, Eropa, dan bahkan Singapore, belanja di website Amazon sudah menjadi hal yang biasa, karena dari segi teknologi dan websitenya sendiri aja udah paling advanced dibandingkan ecommerce-ecommerce lainnya.

Gimana ga paling bagus? Sampe-sampe si Jeff Bezosnya aja sekarang udah jadi orang terkaya di dunia (mengalahi Bill Gates). šŸ˜®

 

Nah kebetulan kan Inside Helmet coba browsing dari Amazon Jepang, jadi kurang lebih look-and-feel dari websitenya juga mirip-mirip dengan websitenya Amerika ataupun Eropa.

Bisa dibilang dari awal buka websitenya, terus menggunakan search bar untuk mencari “air filter gsxr600 2008”, sampe ketemu produknya, terus terang Inside Helmet suka banget karena enggak membingungkan dan barangnya gampang untuk dicari.

Kebetulan emang lagi nyari dari brand K&N dan ketemulah yang stoknya tinggal 1! Karena udah napsu, tinggal ngitung-ngitung harga barang + shipping ke Indonesia.

Order Tracking dan Delivery Amazon Jepang

Nah setelah pembayaran dengan kartu kredit diverifikasi pada tanggal 23 Juni 2018, langsung masuk deh ordernya ke si penjual di Jepang sana. Prosesnya diterima dengan cepat, dan tiba-tiba barang udah berangkat aja lho dari tanggal 25 Juni 2018.

Kebetulan harus proses transit dulu di Hong Kong dan itu pun cuma nunggu ga sampe 1 hari dan barang udah tiba di Jakarta pada tanggal 26 Juni 2018 jam 10:24 pagi! Dari sini barulah dimulai proses inbound dan custom & clearance di negara Indonesia sampai pada akhirnya disimpan terlebih dahulu di storagenya DHL (kebetulan pengiriman dengan DHL).

Nah berhubung hari Rabunya (tanggal 27 Juni 2018) itu libur nasional karena PILKADA, pengiriman pun terpaksa harus ditahan dan kembali beroperasi esok harinya. Terakhir, pada tanggal 28 Juni 2018 jam 09:48 pagi, barang udah sampai di meja resepsionis kantor! Cepet banget riders!

Barang yang diterima dibungkus dengan kotak kartus dari Amazon, dan di dalamnya pun di-wrapping lagi dengan rapih dengan 1 lembar karton sehingga produk yang kita pesan tidak terkocok-kocok di dalam kotak kardusnya.

Kesimpulan Review Beli Spare Part di Amazon Jepang

Akhir cerita, Inside Helmet sangat puas dengan pemesanan yang saya lakukan di Amazon Jepang. Karena jujur, ini pertama kalinya lho Inside Helmet beli sesuatu dari e-commerce yang non-Indonesia alias dari luar negri.

Karena biasanya suka takut kalo akan dibuat ribet atau jadi lebih mahal karena bea cukai dan embel-embel lainnya. Untungnya sih memang harga barang yang saya pesan masih di bawah $100, jadi harusnya tidak ribet dengan biaya-biaya tambahan seperti pajak.

Hanya saja, namanya juga beli dari luar negri, jangan kaget riders dengan biaya shippingnya ya! Untuk order kali ini, shipping dikenakan sekitar Rp190,000. Dan jika dihitung-hitung biaya barang dan shipping itu sekitar Rp1,200,000.

 Air Filter K&N Suzuki GSXR600 2008

“Terus kalo beli langsung di Indonesia berapa dong?” Nah, ini pun udah Inside Helmet tanyakan sebelum beli di Amazon Jepang. Jadi, pedagang di sini ternyata jual dengan barang yang sama dengan harga sektiar Rp1,600,000! Itu pun rata-rata musti inden karena mereka enggak ada stoknya!

Jadinya, untuk beberapa spare part motor tentunya lebih murah jika kita bisa beli langsung dari luar (asalkan harga dan volumenya tidak berlebihan yaa). Ada yang punya pengalaman serupa? Yuk share di bagian komentar di bawah ini ya.

REVIEW OVERVIEW
Navigasi Website
List Produk
Pembayaran
Pengiriman
Packaging
"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here