Beli Motor di Blibli? Ga Salah Bro?

0

Hello riders, seperti pada judul yang udah gw share di atas ini, gw akan sharing review dan pengalaman beli motor di Blibli.

Review beli motor di Blibli.com

Discalimer: Ini bukan endorse ya, gw beneran lagi nyari motor untuk gantiin motor sebelumnya yang sudah dijual.

Latar belakangnya gini, motor Vario gw tiba-tiba ditawar dengan harga yang bagus. Too good to be true sampe gw deal-in secepatnya dan kirim motor beserta BPKB.

Nah, berhubung seketika gada motor matic buat harian, akhirnya langsung deh browsing-browsing motor ini itu.

Awalnya tertarik banget sama Honda ADV yang gw pernah tulis juga sebelumnya. Harganya di atas 30juta dan barangnya inden (kalo ga salah). Dan kalo diitung-itung leasing motornya bisa sampe 50jutaan.

Wow. Mahal ya kalo ngeliat bunga cicilan motor. Hahaha.

Jadinya coba cari alternatif lain biar ga terlalu mahal. Toh ya buat harian, motor tempur, yang penting nyaman aja deh dipake macet-macetan.

Akhirnya mata tertuju pada Yamaha Aerox 155 VVA

Nah ini sebenernya emang udah inceran dari tahun lalu sih, apalagi kemarin sempet ke Puncak bawa Aerox-nya temen dan udah ngerasain sendiri nyamannya tu motor.

Yamaha Aerox 155 VVA tipe R (yang udah ada shock tabung) harganya sekitar 25juta, dan kalo pake leasing bisa jatuh di angka sekitar 30juta-40juta.

Nah ini kembali lagi gw mikir-mikir, bunganya gede juga yaa.

Namun ada 1 solusi yang ternyata bisa gw pake nih berdasarkan review dari temen yang sebelumnya beli Aerox juga (yang gw pinjem itu).

Beli motor di Blibli.com

Iya riders, gw akhirnya memutuskan untuk beli motor via Blibli aja. Alasannya kenapa tu?

Sesimple ada cicilan 0% yang bisa diambil selama 2 tahun! Emang sih harganya lebih mahal hampir 1juta, tapi tetep aja kalo dibandingin sama ambil motor via leasing, jauh lebih murah!

Selain itu, kalo beli di Blibli.com ga perlu pusing harus siapin DP dan nunggu orangnya survey.

Review beli Aerox di Blibli

Caranya gimana beli motor di Blibli.com pake cicilan?

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menggunakan kartu kredit, riders. Kalo misalkan kartu kredit kalian limitnya cukup, bisa langsung dipake di website Blibli.com buat beli motor.

Jangankan motor, mobil pun kalo limitnya cukup juga bisa!

Selain kartu kredit, ada cara lain sih pake Kredivo, cuma kalo Kredivo masih kena bunga dan tinggal kalian itung-itung aja bunganya masih masuk akal enggak.

Review beli motor di Blibli.com

Kalo dari segi proses ecommerce-nya sih rasanya udah pada tau ya, rata-rata mungkin juga riders udah pernah belanja online dan mungkin juga pernah belanja di Blibli.com

Kalo dari segi beli motor di Blibli, prosesnya setelah pembayaran sudah dilakukan, nanti kita akan dihubungi oleh sellernya.

Dalam kasus ini, sellernya adalah Yamaha Mega Utama. Kebetulan gw udah nungguin sampe lebih dari 24 jam belum dikabarin nih sama mereka.

Akhirnya gw inisiatif aja cari nomor WhatsApp-nya terus gw chat ke mereka. Alhasil mereka baru proses dan minta data seperti KTP dan alamat pengiriman.

Di bagian ini mungkin sellernya bisa lebih proaktif untuk langsung hubungin pembelinya. Namanya juga beli motor, deg-degan kan kalo ga langsung dihubungin.

Dari situ mereka langsung proses persiapan pengiriman barang, dan sekitar 2 hari kemudian barangnya sampe deh. Total dari bayar sampe motor dikirim ke rumah adalah 3 hari.

Kebetulan waktu itu gw lagi ga di rumah, jadinya minta tolong istri untuk ngecek fisik kendaraannya dibantu oleh mas-mas yang nganterin.

Cuma ada 1 kesayangan di sini. Gatau gimana ternyata unit yang dikirimkan oleh Yamaha Mega Utama udah ada baretnya. Walaupun ga besar, tapi tetep keliatan lah untuk ukuran motor baru.

Review beli motor di Blibli

Tapi ya sudahlah, mau gimana lagi, motornya udah diterima juga kan. Dan ternyata temen yang beli di Blibli juga kasusnya sama, motor datang dengan kondisi fisik ada lecet kecil.

Nah, setelah itu kita harus nunggu lagi sekitar 2 minggu untuk proses registrasi kendaraan. Di sini kita akan diminta lagi Kartu Keluarga untuk data ke Samsat (pengecekan progresif motor).

STNK keluar setelah 2 minggu

Setelah motor sudah sampai di rumah sih rata-rata prosesnya udah seperti beli motor baru pada umumnya.

Kita harus nunggu sekitar 2 minggu sampai plat dan STNKnya jadi, dan untuk BPKBnya baru jadi sekitar 2 bulan setelah pengambilan STNK.

Verdict review beli motor di Blibli

  • Senyaman itu ga perlu jalan ke showroom (asalkan udah paham dan emang betul-betul tau mau beli motor yang mana)
  • Selain itu enaknya bisa menggunakan payment gateway dengan macam-macam metode pembayaran
  • Untuk beberapa kartu kredit bisa digunakan untuk cicilan 0% selama 2 tahun (di mana biasanya cuma dikasih 1 tahun aja)
  • Kalo ga dihubungin sama seller, mending langsung proaktif aja untuk tanya proses pembeliannya
  • Harus cermat dan teliti ketika barang datang, harus dicek kondisi fisik, kelistrikan, dan lain-lain. Mau gimanapun juga, di mata seller ini adalah pembelian cash yang dia ga dapet bonus dari leasing. 😛

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here