Review Ban Corsa R93. Ban Platinum dari Corsa Untuk Pecinta Cornering!

6

Hello riders! Kembali lagi bersama Inside Helmet di pembukaan bulan Februari ini. Mumpung cuti tahun lalu masih ada dan harus dihabiskan, Inside Helmet akhirnya mengundang beberapa riding buddies untuk pergi ke Sirkuit Sentul tepatnya pada hari Jumat tanggal 29 Januari 2016. Mumpung ke Sentul sekalian juga akhirnya bisa ngelakuin review ban Corsa R93 dengan tipe medium soft compound yang baru aja dipasang ke si Beber dari Rumah Ban Motor.

Gambar alur ban Corsa R93

Ban tipe platinum ini memang didesign dengan profil yang lebih lebar sehingga cocok digunakan oleh para pecinta cornering untuk harian ataupun balapan di sirkuit. Lucunya juga adalah nama R93 ini diambil dari pembalap MotoGP dengan nomor 93 yaitu Marc Marques.

Saking dikhususkan untuk para pecinta cornering, ban Corsa R93 memiliki 3 level indikator kemiringan (Novice, Pro, Master) sehingga riders bisa meilihat seberapa miring ban telah digunakan. Yuk, mari simak review ini dari sisi harian di kota ataupun penggunaannya di sirkuit.

Test Ride Ban Corsa R93 di Jalanan Kota

Tipe ban medium soft compound seperti Corsa R93 dan IRC (yang adalah bawaan dari pabrik) merupakan tipe yang cocok digunakan untuk harian karena bahan ban yang lebih awet. Waktu saya masih pakai IRC pun, itu bisa bertahan 1 – 1.5 tahun jika dipakai setiap hari (secara kasual) dari Duren Sawit ke Senayan.

Nah untuk durabilitas pemakaian ban Corsa R93 ini sepertinya saya masih belum bisa bicara banyak, toh juga baru dimiliki kurang lebih 1 bulan ini. Tapi kalo soal kenyamanan berkendara, kurang lebih tidak jauh beda dengan ban standar pabrikan, yaitu IRC.

Spesifikasi Corsa R93

Namanya juga jalan-jalan di kota Jakarta, enggak bisa ekspektasi banyak tentang jalanan kosong, bebas bolong, dan banyak belokan. 😛 Untuk kondisi hujan, disarankan dibawa hati-hati saja (jangan dipaksa untuk cornering / miring dan jalan cepat) dikarenakan alur ban (tempat air lewat) yang lebih sedikit sehingga ban memiliki resiko slip atau terpeleset (aqua planning) dibandingkan IRC.

Test Ride Ban Corsa R93 di Sirkuit Sentul

Kalo untuk membandingkan review Corsa R93 dan ban standar IRC, ini baru terasa! Untuk mendapatkan performa dan grip yang maksimal, pengguna ban ini (jika tidak punya tire warmer) disarankan untuk melakukan 3-5 lap warming up untuk memanaskan ban tipe medium soft compound ini.

Honda CBR250R Cornering di Sirkuit Sentul

Walau secara teknis karena ban yang saya beli ini ukurannya lebih besar 1 tingkat (depan dan belakang) dibandingkan ban standar IRC, tapi memang  karena Corsa R93 yang memiliki alur lebih sedikit (sehingga memiliki contact patch pada ban yang lebih banyak) terasa lebih menggigit di aspal, sehingga waktu di Sentul pun saya lebih berani untuk cornering lebih miring dibandingkan waktu dulu ke Sentul dengan IRC.

Yang pasti juga karena faktor ukuran ban yang lebih lebar ini, motor rasanya pengen banget ngajakin miring dan tingkat rebahan pun pastinya bisa dibawa lebih merendah lagi. Sayang aja karena footstep belum ditinggikan, jadi sering-sering mentok deh ke aspal. Hahaha.

Untuk soal perbedaan dalam akselerasi dan kecepatan, ban Corsa R93 tidak memiliki banyak perbedaan dengan ban standar IRC. Tetapi memang dalam hal braking terasa lebih stabil dibandingkan dengan ban standarnya.

Kesimpulan Review Ban Corsa R93 Oleh Inside Helmet

Jika dilihat dari perbedaan harga dari ban standar IRC dengan harga Rp800,000 sepasang di Dunia Sepeda Motor dan ban Corsa R93 dengan harga Rp1,100,000 sepasang di Rumah Ban Motor, bisa dibilang ban ini Inside Helmet rekomendasikan kepada riders yang sedang mencari ban untuk motor sport 150 – 250cc!

Selain dengan harga yang terjangkau, ban ini memiliki alur yang membuat motor riders terlihat lebih sporty! Gripnya pun lebih menggigit karena contact patch yang lebih luas sehingga cocok digunakan oleh riders pemula di jalanan ataupun sirkuit.

Corsa R93 di Honda CBR250R 2011

Begitulah secara singkat review ban corsa R93 yang digunakan di Honda CBR250R 2011 milik Inside Helmet. Untuk mendapatkan ban ini tidak hanya di Rumah Ban Motor, tapi beberapa riders juga bilang ini bisa didapatkan di beberapa tempat seperti beli online ban Corsa R93 di Lazada, datang ke Planet Ban, atau di Jalan Panjang (Jakarta). Untuk info lebih detail tentang ban ini, bisa riders cek di website resmi Corsa!

Ok deh! Semoga review ini memberikan sedikit gambaran tentang ban baru si Beber. As always; Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

6 COMMENTS

  1. Salam kenal, rider CBR 250R Thai juga yak?
    saya pake CBR250R juga, kebetulan lagi tertarik sama ban ini, berhubung dana terbatas jadi belum kuat meminang produk luar 😀

    sejauh ini gimana R93 nya gan?
    Umur ban ini dari segi waktu (bukan km perjalanan) kira-kira berapa bulan ya?
    maklum, CBR nya ga dipakai buat harian :D, cuma buat weekend, kopdaran, ato cornering aja
    kira-kira R93 dibanding R46 cocokan mana ya untuk motor yang kasusnya kyak gini?

    • Hello! Salam kenal! Sori ni baru bales. Hehe. Iya ini CBU Thai tahun 2011.

      Sejauh ini (sampai sekarang) masih nyaman banget pake R93, very recommended untuk budget yang mepet seperti saya. 😀 Untuk umur kurang lebih kalo hanya untuk weekend riding bisa tahan 1 tahunan lebih (mirip-mirip IRC). Dari semenjak ganti sampe sekarang masih awet nih.

      Kalo R46 belum begitu meratiin sih, tapi kalo dilihat R93 ini lebih cocok untuk motor-motor 250cc (perkembangan dari R46). Alurnya udah race-ready dah!! 🙂

  2. Rcomended pokonya ban platinum r93 sy pke di ninja rr wat cornering mantap bnget bro…
    Bodi alurnya ada tingkatan ada novice.pro.dan master klo master udah di jamin nikungnya miring banget kaya pembalap moto gp.untuk budget yg minim kayanya ini solusi pas bnget.tadinya niat bnget pngen ban batlax atw pirelli diablo tp stelah di liat harganya bikin mrinding y jadinya sy pilih corsa platinum r93…
    Testimoni mantap abis gk nyesel beli ban ini 1jt 200an sepaket udh plus pasang

  3. Hee.. aku dr malaysia juga support brg kmu ya.. so far grip time jln kering grip sgt dn juga time cornering. Cma time hujan xblh la laju sgt. Blh thn prestasi pakai kt 250cc dpn 120/60 blakang 160/60. Hrga pn sesuai lah 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here