10 Rekomendasi Riding Gear Yang Terjangkau

0

Hello riders! Back with Inside Helmet, dan kini saya ingin membahas tentang rekomendasi riding gear yang terjangkau!

Rekomendasi Riding Gear Terjangkau

Kenapa saya bilang harga yang terjangkau dan bukan murah? Karena riding gear itu jangan pilih yang terlalu murahan dan berkualitas rendah, riders!

Ingat keselamatan diri itu penting dan hal-hal yang melindungi diri tentunya harus yang berkualitas juga. Nyawa cuma 1 bro!

Jadi saya coba mengumpulkan beberapa rekomendasi riding gear yang cukup mudah kalian temukan dan cukup terjangkau untuk dibeli.

Helm KBC

Helm KBC

Helm ini adalah salah satu riding gear yang cukup dikenal di kalangan komunitas motor, terutama jika ada yang bertanya “Punya budget 500 ribu bisa beli helm apa gan?”. Rata-rata riders akan menyarankan untuk membeli Helm KBC.

Helm yang berasal dari Amerika ini memiliki kualitas yang baik karena dengan harga sekitar 500-600 ribu saja sudah dilengkapi dengan Double D-Ring!

Secara design memang terlihat biasa, tetapi banyak juga yang memberikan “modifikasi” kepada helm KBC sehingga terlihat lebih sporty seperti memberikan spoiler atau menggunakan flat visor.

Helm Zeus

Helm Zeus

Tidak begitu jauh dari Indonesia, helm Zeus ini berasal dari Taiwan dan juga cukup terkenal di Indonesia. Yang membuat helm Zeus ini berbeda dengan KBC adalah variasi pilihan produk dan juga stripingnya.

Tidak hanya full-face, Zeus juga menyediakan helm half-face dan helm retro yang bisa disesuaikan dengan selera riders. Jika dibandingkan dengan KBC, helm Zeus memiliki design dan striping yang lebih sporty.

Tetapi, dengan harga yang mirip dengan KBC, tidak menyediakan Double D-Ring dan hanya menggunakan Quick Release Buckle. Namun begitu, helm ini menjadi favorit untuk digunakan sehari-hari (+ ada double visornya juga).

Helm KYT Vendetta 2

Helm KYT Vendetta 2

Beralih ke lokal alias Indonesia, siapa yang tidak mengenal brand KYT? KYT adalah brand helm asal Indonesia yang juga sudah digunakan di luar negeri seperti Malaysia, Thailand, hingga beberapa negara di Eropa!

Salah satu helm yang menjadi favorit riders Indonesia adalah helm KYT Vendetta 2. Helm ini asal muasalnya seharga 800 ribu (dan waktu itu saya beli pas harga masih segitu) dengan untuk helm bermotif, tetapi kini harganya sudah di atas 1 juta!

Yang membuat menarik adalah, KYT Vendetta 2 memiliki Double D-Ring, double visor, dan juga air pump (yang katanya dipatenkan). Air pump yang unik ini dapat digunakan untuk mengisi angin di bagian padding sehingga helm terasa lebih pas di kepala (jika terasa agak longgar).

Sarung Tangan Scoyco

Sarung Tangan Scoyco MX14

Sarung tangan yang satu ini juga cukup terkenal di Indonesia lho riders. Dijual di pasaran dengan kisaran harga 150-200 ribu (tergantung penjual), Scoyco sangat terjangkau dan cukup nyaman digunakan saat riding sehingga tidak jarang kita melihat pengendara motor harian menggunakannya.

Bahan bagian telapak tangan yang halus ini membuat tangan lebih relax, dan protektor pada bagian tulang punggung tangan memberikan fitur keamanan dibandingkan sarung tangan biasa.

Walaupun yang terkenal adalah tipe Scoyco MX14, sarung tangan Scoyco memiliki varian produk yang dapat riders pilih sesuai selera!

Sarung Tangan TDR

Sarung Tangan TDR Explorer

Beranjak ke lokal dan mungkin belum banyak yang tau soal ini juga, TDR merupakan perusahaan riding gear Indonesia yang memiliki produk-produk berkualitas. Tidak hanya helm, tetapi juga jaket, sarung tangan, dan juga sepatu.

Untuk sarung tangannya sendiri, TDR memiliki beberapa model seperti TDR RG-Revo dengan harga sekitar 300 ribuan dan juga TDR Explorer yang dijual seharga 700-800 ribuan.

Walaupun terkesan agak mahal, produk TDR Explorer memiliki proteksi maksimal dibandingkan dengan model lainnya dikarenakan memiliki titanium knuckle protector dan juga bahan karbon di bagian telapak tangannya. Selain itu, designnya juga keren!

Jaket Contin Zirkon

Jaket Contin Zirkon

Mirip dengan TDR, brand Contin juga merupakan brand lokal alias Indonesia! Contin ini lebih berfokus pada produk-produk seperti jaket, celana, dan juga tank bag motor, maka dari itu product line di bagian jaketnya pun juga cukup banyak.

Salah satu yang cukup terkenal dan merupakan top of the line product dari Contin adalah jaket Contin Zirkon yang dijual dengan harga 1 jutaan.

Tidak hanya memiliki protektor di bagian dalam untuk melindungi bahu, siku, dan punggung, tetapi jaket ini juga dilengkapi protektor bagian luar dari bahan titanium di bagian bahu juga!

Jaket Komine JK-069

Jaket Komine JK-069

Sedikit lebih mahal lagi dari Jaket Contin Zirkon, Jaket Komine JK-069 merupakan jaket yang cukup difavoritkan oleh riders dan biasanya digunakan lebih untuk weekend riding dibandingkan harian.

Dijual dengan harga 1 jutaan, jaket Komine JK-069 yang berbahan mesh ini memiliki protektor mirip dengan Contin Zirkon, tetapi tidak dilengkapi dengan titanium protector.

Tetapi tentunya, bahan Komine terkenal dengan kenyamanan dari air flow yang baik sehingga tidak begitu panas jika digunakan.

Celana Contin Centour

Celana Contin Centour

Brand yang sama dengan Jaket Contin Zirkon tadi, brand Contin juga memproduksi celana touring yang dijual dengan harga 500-600 ribuan tergantung penjual.

Kenapa dibilang sebagai celana touring, karena celana ini tidak berbahan leather / kulit dan juga tidak memiliki protector di bagian luar.

Tetapi, Celana Contin Centour memiliki protector bagian dalam untuk melindungi lutut yang juga bisa riders lepas jika ingin mencuci atau menggantinya.

Knee Protector Komine SK 652

Knee Protector Komine SK 652

Kembali lagi ke brand Komine, produk Komine SK 652 merupakan knee protector yang juga dilengkapi slider yang cocok digunakan oleh penggila cornering! Knee slider ini merupakan keunikan tersendiri dibandingkan dengan knee protector seperti FOX ataupun AXO.

Harganya memang agak mahal dibandingkan knee protector biasa (sekitar 500 ribuan), tetapi kualitas memanglah tidak berbohong. Knee protector Komine SK 652 juga sangat cocok jika dipadukan dengan celana Contin Centour (tanda protektor dengkul dalam).

Pemasangan pun sangat mudah dan membuat riders lebih pede saat melakukan cornering. Inside Helmet pun sudah pernah nyobain Komine SK 652 buat ke Sentul Circuit (walau enggak knee down juga sih :P)

Sepatu Speed Probiker Half

Sepatu Speed Probiker Half-min

Sepatu ber-merk Speed ini merupakan sepatu yang mungkin tidak begitu banyak riders tau, tetapi sebenarnya harganya cukup terjangkau dibandingkan brand-brand premium yang sudah ada.

Speed Probiker Half merupakan sepatu riding yang berbahan kulit pada hampir seluruh bagiannya dan memiliki bahan karet pada bagian sol sepatu sehingga membuat riders dapat menapak dengan aman tanpa gampang tergelincir pada jalan tertentu.

Dengan harga 1 jutaan, sepatu Speed Probiker Half dilengkapi dengan ankle protector, heel protector, hingga removeable tiptoe protector sehingga cocok untuk digunakan untuk weekend riding ataupun untuk trackday di sirkuit lho!

Yuk Riders, Jangan Lupa Dilengkapi Riding Gearnya

Walau mungkin bagi beberapa orang riding gear di atas harganya ada yang cukup mahal, ini belum sebanding dengan produk-produk seperti Alpinestar atau Dainese atau helm-helm seperti SHOEI dan AGV lho.

Tetapi dengan harga yang jauh di bawah produk-produk premium, kualitasnya bisa dibilang sudah cukup untuk digunakan riders! Apalagi beberapa dari merk yang disebutkan merupakan produk dalam negeri. Pasti bangga deh!

Selain itu, dengan adanya online shop yang menyediakan pembayaran dengan kartu kredit juga tentunya dapat lebih mudah untuk dibeli dengan sistem cicilan.

Jadi, sudah bukan alasan lagi untuk riders memilih riding gear yang sesuai untuk menjaga diri dari segala bentuk resiko riding. Kira-kira ada produk rekomendasi lainnya? Share di bagian komentar ya! Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here