Punya Moge Jangan Sembarangan Pake Aki!

0

Hello riders, mau sharing pengalaman nih. Kalo sebelumnya Inside Helmet pernah nulis rasanya naik moge, kini mau sharing juga pelajaran penting Inside Helmet di bidang aki moge.

Nah sebelumnya Inside Helmet belum terlalu ngeh bahwa pemilihan jenis aki itu sangat penting untuk moge, terutama moge itu kan memerlukan tenaga dan listrik yang lebih besar dari motor 125cc-250cc.

Jadi, sebelumnya memang Suzuki GSX-R600 punya Inside Helmet ini menggunakan aki Yuasa tipe YTX9-BS. Usut diusut ini ternyata akinya untuk Ninja 250Fi!

Wadaw! Ternyata owner sebelumnya salah pake aki dan Inside Helmet jadinya salah beli aki (karena asumsi nyari tipe yang sama).

Tahun lalu di bulan Januari, spool Suzuki GSX-R600 ini bermasalah dan harus diganti sehargas Rp4,000,000. Iya riders, 4 juta untuk spool OEM moge Suzuki tahun 2008 ini.

Nah, sempet bener tuh abis ganti spool sampai beberapa bulan lalu lagi ngobrol sama temen-temen, ketahuanlah bahwa aki yang digunakan itu salah.

Apesnya, belum sempat ganti, eh dia rusak lagi pas kemarin sunmori. Lagi seru-seru riding bareng, kode “Sd” menyala pada dashboard Suzuki GSX-R600. Langsung nostalgia inget kode ini bermasalah pada spool motor.

Lama kelamaan power tersendat, sampai akhirnya berhenti dan tidak mau menyala lagi.

Yahh spool lagi deh.

Akhir cerita, ditowing, masuk Moto8 dan lagi nunggu hasil inspeksi dari bengkel. Semoga cuma di spool aja ya riders. T_T

Selain spool, si GSX juga wajib ganti aki ke Yuasa YTZ14S, biar kebutuhan ampere-nya cocok dan enggak buat spool kerja terlalu berat dan akhirnya cepat rusak.

Puji Tuhannya, kebetulan Moto8 ini kan under MV Agusta Indonesia, diizinkan bawa MV Agusta Brutale 800 biar ada kendaraan pulang sekaligus kesempatan test ride.

Test ride MV Agusta Brutale 800? Tunggu di konten berikutnya yaa.

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here