Perbedaan Yang Kerasa Saat Upgrade ke Moge

7

Hello riders! Kembali di Inside Helmet, dan kali ini IH mau berbagi pengalaman pribadi aja sebenarnya mengenai perbedaan apa sih yang kerasa sama IH saat upgrade ke moge dari Honda CBR250R ke Suzuki GSX-R600? Nyok mari simak curcolnya.

Perbedaan Naik Mocil ke Moge
Hasil jepretan IG Pergi Bentar

Jadi sekitar hampir 2 tahun lalu, IH memutuskan untuk meminang motor Suzuki GSX-R600 K8 sebagai pengganti Honda CBR250R “Beber” yang waktu itu udah 5 tahun riding bersama. #sedih

Yaa, puji Tuhan deh hasil tabung menabung dari jaman bahela akhirnya bisa kesampean juga ngambil supersport 600cc atau yang sering dibilang moge oleh orang Indonesia.

Dan setelah beberapa kali digunakan, IH akhirnya menemukan beberapa perbedaan antara sebelum dan sesudah memiliki moge. Nih IH jabarkan satu-satu ya.

Perbedaan Harga Ganti ke Moge

Ini sudah paling kerasa nomor 1 dan paling awal pula. Dari harga motor itu sendiri (jika bicara Full Paper), moge tentunya memiliki harga yang jauh dibandingkan motor 250cc yang biasanya di kisaran 50-60 juta (harga baru).

Harga baru untuk motor 600cc itu sekitar 290juta (tipe sport), dan jika second untuk tahun di bawah 2012 harga baru di bawah 200juta (ya tergantung penjual dan kondisi motor ya). Jadinya, dari harganya aja udah 2-3x lipat. Malah ada yang berlipat-lipat lebih!

Perbedaan Pajak Mocil dan Moge

Nah ini soal cost lagi riders, selain dari harganya yang udah beda jauh, nyatanya pajak juga berbeda jauh!

Waktu masih naik Honda CBR250R, pajaknya kurang lebih kisaran 800-1juta per tahun, tapi pas ganti ke Suzuki GSX-R600 ini, pajaknya mendadak jadi 2.4juta per tahun! Udah hampir 3x lipatnya aja.

Gimana kalo motornya Ducati, MV Agusta, atau BMW ya. Pajak per tahunnya mungkin bisa 7-10juta!

Perbedaan Upgrade ke Moge

Perbedaan Biaya Servis Moge

Nah ini lagi, cost lagi cost lagi! Haha. Ok, perbandingan kalo waktu servis motor 250cc adalah sekitar 300-500ribu untuk servis ringan dan ganti oli. Kalo moge, itu bisa sekitar 700-1juta untuk servis ringan dan ganti oli!

Untuk si Suzuki GSX-R600 aja, ganti oli dengan Motul dan harus beli 3 botol. Udah kayak mobil aja yaa. Belum lagi kadang-kadang agak susah cari spare partnya.

Mungkin kalo moge Kawasaki dan Yamaha lebih banyak dijual di pasaran, tapi spare part moge Suzuki & Honda ada sedikit tantangan untuk mencarinya. Tapi kalo IH biasanya cari di Tokopedia atau via Ebay & AliExpress.

Selain servis, biaya isi bensin pun juga pasti kerasa. Kalo pake moge, otomatis motor jadi lebih boros apalagi kalo udah ganti knalpot ya. Isi V-Power full tank bisa 120ribu, dan itu paling buat dipake enggak sampai 5 hari. 🙁

Pegel dan Beratnya Naik Moge

Oke, kita stop ngomongin cost ya, udah pedih di dompet soalnya. 😛 Sekarang ini yang juga cukup berasa adalah pegelnya dan beratnya moge itu, riders.

Karena untuk tipe supersport atau superbike, tentunya posisi riding lebih agresif dibandingkan motor sport 250cc. Karena motornya underyoke dan jarak tangkinya cukup jauh, makanya naik moge sport itu pasti nunduk dan pegel.

Belum lagi berat motor dari mesin 600-1000cc, dan yang paling terkenal adalah Kawasaki Z800 yang notabene katanya paling berat di kelasnya. Jadi siap-siap aja kalo macet ya, harus kuat-kuatan kaki. Tapi kalo lagi jalan lancar mah enteng kok!

Parkir Yang Kadang Sudah Kadang Gampang

Berbeda dengan naik Honda Vario atau motor bebek/skutik yang parkirnya gampang, bawa moge itu kadang sudah kadang gampang, riders. Kenapa begitu?

Karena ukuran dan berat motor yang besar ini, agak menyulitkan kalo harus parkir di parkiran motor pada umumnya. Tau sendiri sempit dan mepetnya 1 motor ke motor lainnya kan riders? Jadi keluar masuk pasti susah!

Terus yang membuat mudah itu apa? Untuk beberapa tempat atau mall, ada juga yang menyediakan parkiran khusus moge. Jadinya udah ada tempat khusus yang lebih luas, jadi mempermudah memarkirkan motor yang ukurannya besar.

Tapi kembali lagi ke cost, biaya parkir biasanya ngikutin harga mobil atau ngasih tip ke securitynya.

Naik Moge Bisa Parkir di Lobi Mall

Power dan Godaan Moge Yang Besar

Banyak yang kurang mempertimbangkan ini di awal, tapi IH sendiri merasakan selain power yang sangat besar (karena upgrade dari 250cc ke 600cc), tapi godaannya juga besar!

Godaan apa sih? Godaan ingin ngebut sih gede banget, karena rasa penasaran yang ingin tau sejauh dan secepat apa motor kita bisa melaju. Tapi jangan lakukan ini di jalan raya ya, riders! Nyobain paling enak mah di track. 🙂

Sering Was-Was dan Makin Protektif

Berhubung harganya juga udah mahal, spare part juga kadang susah, terus pastinya namanya motor hobi pasti kan dijaga banget, tapi justru ini yang membuat IH jadi makin was-was dan protektif sama moge.

Kalo dulu naik Honda CBR250R di Sentul mah dibawa semiring-miringnya dan gas sementok-mentoknya. Eh giliran bawa Suzuki GSX-R600, malah jadi was-was dan main aman aja deh!

Selain dari itu, kalo kita lagi pergi dan parkir pun, pasti di awal-awal ada rasa was-was yang sangat tinggi. Takut motornya kenapa-kenapa aja! Amit-amit tapi ya.

The Eye Candy

Nah, kalo ini mah udah mau ga mau kalo bawa moge di jalan. Berbeda dengan di luar negeri, di Indonesia moge masih tergolong sebagai motor premium (ya iya lah, dari harganya aja udah jauh banget sama di luar negri), maka dari itu tidak jarang orang melirik dan bertanya-tanya ini motor apa.

Enggak jarang juga suka ditanyain sama orang karena mereka penasaran itu motor apa. Tapi jujur secara personal, IH paling enggak nyaman kalo ditanya harga sama orang yang IH enggak kenal.

Jadinya kalo upgrade ke moge, siap-siap dilirik-lirik ya. Paling ati-ati sama lirikan maling motor tentunya. Enggak sedikit cerita tentang begal moge kan? 🙁

Verdictnya Untuk Pengalaman Ganti ke Moge

Ada susah dan senangnya lah yang pasti, riders. Susahnya karena ongkos yang mahal dan jadi lebih protektif sama motor. Tapi tentunya terbalaskan juga sama senangnya.

Jujur, IH enggak begitu peduli sama Eye Candy, karena IH ambil Suzuki GSX-R600 itu juga karena passionnya naik motor dan seneng banget sama suara 4 silinder. Rasanya kalo riding naik 4 silinder, stres kerjaan seminggu bisa ilang begitu aja.

SHOEI-X12-Dengan-Pinlock

Apalagi kalo ditambah riding bareng temen-temen, sarapan, dan canda tawa menjadi kegiatan khasnya para anak-anak motor yang lagi sunmori!

Selain itu, kemudahan parkir juga menjadi alasan IH naik kelas ke 600cc. Kadang nyaman dan gampang aja untuk parkir di lobi mall, jadinya dekat dengan pintu masuk. Pasti riders juga ngerasain dong, parkiran motor yang sering dikucilkan jauh dari mall. 🙁

Dan bukannya menyombongkan diri juga ingin dipisahkan, tapi kalo riders punya motor 400cc ke atas juga akan ngerasain susahnya parkir kalo dempetan kok.

IH pernah bawa ke kantor dan parkir di tempat umum. Ilang aja tuh pro-guard R&G si Suzuki GSX-R600. Jadi udah ngerasain “digituin” sama orang, kan jadi males parkir di tempat umum lagi. 🙂

Apakah Riders Siap Upgrade ke Moge?

Monggo dipikir-pikir riders. Yang pasti persiapkan keuangan yang baik ya, jangan sampai kebutuhan pokok malah jadi kekurangan. Terus kalo mau cicil atau kredit moge, pilih-pilih juga leasingnya dengan baik.

Pokoknya ambil yang sesuai budget aja, dan perhatikan konsekuensi-konsekuensinya yang ada dan mungkin belum ada IH sebutkan di atas. Jangan kaget pokoknya liat pajak (kecuali nekad mau ambil No Paper).

Mungkin konten tips berikutnya tentang persiapan upgrade ke moge? Haha. Monggo request kalo misalkan butuh ya. IH bisa share kok.

Nah, riders ada yang punya pengalaman lain saat ganti ke moge? Yuk share di bagian komen ya! Enjoy and ride safely!

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

7 COMMENTS

    • Thank you bro sudah datang. Iyaa, harus dipikirkan matang-matang, apalagi ambil moge tahun tua dan langka. Kalo nyari spare part bisa jadi ngerepotin kalo enggak ada yang jual di Indo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here