Musim Hujan Sudah Dimulai. Ini Yang Harus Kalian Persiapkan Riders!

0

Wah, pas banget nih baru sampe kantor dan langsung hujan deres. Untung udah keburu masuk ke kantor, kalo enggak mah pasti udah kuyup ni sekarang!

Persiapan Musim Hujan
Gile deres banget hujan pagi ini

Berhubung kita sudah memasuki bulan-bulan “Ber” seperti SeptemBER, OktoBER, dan seterusnya, kalo di Indonesia biasanya dibulan ini sudah mulai memasuki musim hujan.

Lalu apa aja yang harus dipersiapkan oleh riders? Dimulai dari barang-barang hingga attitude, mari simak di bawha ini.

Jas Hujan

Ini yang terutama harus dipersiapkan sih. Jas hujan (jangan yang ponco karena membahayakan) wajib riders bawa biar setidaknya enggak bikin basah-basah banget sewaktu hujan.

Tidak semua motor memang menyediakan bagasi seperti Honda Vario 125 atau Yamaha Nmax, tetapi mau enggak mau harus cari akal untuk bisa membawa jas hujan. Seperti contohnya menggunakan tas kecil, atau mungkin riders bisa menggunakan box motor.

Ban Motor Dengan Kondisi Baik

Nah ini yang suka dilupain sama riders, jangan lupa cek kondisi ban motor kalian ya riders. Karena kalo enggak, kalian malah bisa tergelincir nantinya!

Ban yang sudah botak memiliki alur (tire thread) yang tipis, sehingga jika melintasi jalur yang becek, licin, atau berlumpur, memiliki resiko jatuh yang tinggi.

Jadi gimana dong kalo bannya udah botak? Saatnya beli ban baru riders! Kalo mau beli yang second, usahakan kondisinya yang di atas 80%.

Helm Cadangan

Walau enggak wajib, tapi memiliki helm cadangan terutama di musim hujan itu direkomendasikan riders! Enggak muluk-muluk helm premium kok, helm lokal aja seperti KYT atau NHK sudah cukup safety juga.

Kenapa disarankan memiliki 2 helm? Karena namanya riding di cuaca hujan seperti ini, helm jadi basah ketika kita sedang menerjang hujan. Alhasil helm lembab dan tidak nyaman digunakan.

Sambil menunggu dicuci / dikeringkan, riders bisa menggunakan helm cadangan sehingga lebih nyaman. Helm basah, apek, dan lembab bisa merusak kulit kepala lho!

Obat-Obatan Pribadi

Wah ini sih biasanya kalo saya sendiri selalu sedia Tolak Angin. 😛 Obat-obatan pribadi dan vitamin harus disiapkan riders. Karena musim hujan seperti ini (apalagi pas pancaroba) pasti banyak banget orang-orang yang sakit.

Siapkan aja obat-obatan tersebut dan dibawa kemana aja saat riding. Kan enggak enak kalo sakit-sakit harus bawa motor. Alhasil jadi pulang naik taksi / Uber dan costnya nambah. 🙁

Baju Cadangan

Kalo ini sudah jadi kewajiban Inside Helmet di musim hujan. Baju cadangan itu perlu banget apalagi kalo di hari itu harus ketemu client atau orang lain, kan enggak enak kalo basah-basahan.

Jadi biasanya saya menyiapkan baju dan celana cadangan di kantor! Apalagi di musim hujan ini, saya pun membawa kolor candangan! 😀 Coba bayangin, kemana-mana pake kolor basah.

Foo Fighters james corden dave grohl foo fighters carpool karaoke GIF

So, berhubung di kantor sekarang lagi hujan, makanya Inside Helmet share beberapa hal yang harus riders persiapkan nih biar perjalanan dan juga kegiatan sehari-hari bisa berjalan dengan lancar pastinya.

Yang terpenting juga adalah attitude dalam berkendara terutama saat cuaca sedang hujan. Maksudnya gimana tuh?

Jangan ngebut, jangan lupa nyalakan lampu, jangan lupa kasih sein, jangan lupa lihat spion, dan paling penting jangan neduh di kolong jembatan!

Berteduh di kolong jembatan atau flyover ada hukumnya lho dan itu dilarang. Tapi kalo riders berhenti untuk sekedar menggunakan jas hujan, menurut Inside Helmet itu enggak apa-apa.

Tapi kalo berhenti di kolong jembatan sampe hujan berenti, itu bikin macet dan risih orang lain lho!

Bayangin riders lain yang kejebak macet dan mereka belum sempat pakai jas hujan, kan kasian…

Jadi begitu aja riders, monggo kalo ada tambahan atau pengalaman yang bisa di-share ke riders-riders di sini, jangan lupa kasih komentar di bawah ya!

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here