3 Motor Yang Cocok Untuk Ojek Online

4

Hello riders! Dengan berkembangkan teknologi di ranah transportasi, kini sudah tidak sulit lagi untuk berpergian ke mana pun kalian mau. Dan salah perkembangan itu menjamah para ojek yang biasanya mangkal, kini bisa diorder kapan pun dan di mana pun.

Penghasilannya pun lumayan, ada yang mengklaim bisa lebih dari 5 juta per bulan, atau hingga 8 juta per bulan jika ditekuni dengan baik!

Jika riders ada yang berencana mau mencoba menjadi ojek online dan bingung harus menggunakan motor apa, mari simak 3 motor untuk ojek online yang pas buat kalian!

Honda VarioHonda Vario 125 2012 Putih

Motor “mainstream” yang satu ini adalah pilihan favorit para penggiat ojek online. Kenapa begitu? Honda Vario terkenal dengan keiritan konsumsi bensinnya, sehingga menjadi pilihan yang cocok untuk menekan operational cost.

Selain itu, Honda Vario memiliki bagasi yang cukup untuk menyimpan 1 helm untuk penumpang, sehingga riders pun tidak perlu repot menenteng atau menggunakan tas guna untuk menyimpan helm tersebut. Praktis!

Kekurangannya hanya jok yang tidak begitu luas dan juga agak keras (ditambah suspensi juga agak keras) membuat perjalanan yang lama dan jauh terasa tidak nyaman bagi penumpang.

Yamaha Nmax

Yamaha Nmax Putih

Mirip dengan rekomendasi pertama, Yamaha Nmax merupakan scooter yang menjadi pilihan bagi para ojek online. Walaupun konsumsi bensin tidak seirit Honda Vario, tetapi Yamaha Nmax memberikan kenyamanan yang lebih baik dibandingkan Honda Vario.

Jok yang lebih luas dan lebih empuk membuat penumpang nyaman untuk duduk dalam perjalanan yang jauh dan lama. Selain itu, kapasitas bagasi pun juga cukup luas untuk menampung helm dan beberapa benda lainnya.

Tidak hanya konsumsi bensin yang lebih boros, tetapi harga (modal) untuk membeli Yamaha Nmax, jika ingin digunakan sebagai motor ojek online, tentunya lebih mahal dibandingkan Honda Vario.

Honda CB150R

Honda CB150R Street Fire

Jauh berbeda dengan 2 motor scooter sebelumnya, Inside Helmet kini memilih Honda CB150R Street Fire untuk menjadi rekomendasi motor untuk ojek online.

Jauh berbeda dengan motor scooter yang compact dan ada bagasinya, Honda CB150R tentunya memiliki keuntungan tersendiri terlepas memang harga dan konsumsi bensin yang lebih tinggi dibandingkan Honda Vario dan Yamaha Nmax.

Yang membuat Honda CB150R cocok untuk ojek online adalah power yang lebih tinggi sehingga tarikan motor tidak terlalu berat jika membonceng penumpang dan juga suspensi yang lebih empuk membuat penumpang bisa duduk dengan nyaman.

Selain itu jenis motor ini lebih stabil dalam perjalanan dibandingkan motor-motor scooter apalagi dalam membawa kapasitas yang cukup berat. Hanya saja, tipe-tipe motor streetbike seperti ini tidak memiliki bagasi, jadi wajib membawa tas buat helm ya riders!

Sebenarnya Motor Apapun Cocok Untuk Ojek Online, Asal…

Gimana riders? Udah mulai kebayang belum mau pilih motor apa untuk ojek online? Sebenarnya pake motor apa saja tidak masalah sih, tapi memang motor-motor di atas bisa jadi benchmark untuk mulai memilih ya.

Jika kita bicara spesifikasi motor untuk ojek online, sebenarnya menurut Inside Helmet yang terpenting adalah untuk kenyamanan penumpang, yaitu kurang lebih seperti ini:

  1. Tempat duduk penumpang nyaman (jok luas dan empuk)
  2. Suspensi empuk sehingga saat duduk pun penumpang nyaman walau melalui jalanan rusak
  3. Memiliki bagasi luas untuk menyimpan helm calon penumpang dan beberapa benda lain seperti masker dan pelindung rambut
  4. Cari yang irit! Ibaratkan riders sedang menjalankan bisnis, karena di sini riders harus mengeluarkan cost berupa bensin dan juga spare part. Motor akan lebih sering dipakai untuk jarak yang lumayan jauh sehingga konsumsi bensin pasti menjadi lebih besar dan spare part lebih cepat haus. Lakukan perhitungan antara pendapatan dan pengeluaran, dan pastikan pendapatannya yang lebih besar ya 😛

Jadi jangan lupa ya, yang terpenting dengan menggunakan motor apapun buat ojek online, riders harus selalu mengutamakan safety riding. Karena bukan hanya riders yang menjadi tanggungan, tetapi juga nyawa dan keselamatan penumpang!

Itulah riders, beberapa rekomendasi motor buat ojek online yang bisa menjadi referensi riders jika sedang mencari motor yang pas buat mendaftar Gojek, Grab Bike, atau Uber Motor.

Monggo dikomen jika ada tambahan atau pertanyaan yaa. As always, enjoy and ride safely!

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here