Motor Bawa Beban Berlebihan. Berbahayakah?

0

Hello riders, sedikit ngebahas hal yang mungkin sudah dianggap “biasa” oleh beberapa orang di Indonesia yang sebenarnya menurut IH ini ada resiko yang enggak kecil. Apa tu? Naik motor bawa beban berlebihan.

Motor Dengan Beban Berlebihan

Sering kan liat pemotor atau penumpang motor yang bawa barang seperti itu. Apalagi yang sering kita lihat bawa kerupuk segunung sampai motornya aja enggak kelihatan. Sebenarnya apa alasan mereka melakukan itu ya?

Alasannya mungkin bermacam-macam, tapi yang mungkin terjadi adalah pemotor tidak punya pilihan lain yang bersahabat di kantong alias hemat.

Dan selain itu, edukasi tentang safety riding yang juga belum mencakup ke semua orang, jadinya masih dianggap hal yang sepele dan tidak membahayakan.

Apa Resiko Yang Bisa Terjadi Jika Bawa Beban Berlebihan di Motor?

Kalo bicara resiko, pastinya bisa kecelakaan lho riders! Kok bisa? Karena yang namanya motor itu kan rodanya dua. Sejatinya tidak ada yang menumpu motor untuk selalu stabil, tidak seperti kendaraan roda 4.

Membawa barang yang berlebihan apalagi ukurannya lebih besar dari 50% motor bisa membuat motor oleng dan bukan hanya jatuh, tapi menabrak motor atau mobil lainnya yang sedang di jalan.

Contoh Solusi Yang Bisa Digunakan

Gunakanlah kendaraan yang sepantasnya riders. Kalau memang harus menggunakan mobil atau taksi, ya mau gimana lagi. Lebih baik keluar dikit tapi aman, dibandingkan beresiko tinggi dan jadi kecelakaan. Lebih ngeluarin duit lagi tuh!

Belum lagi IH juga sering liat motor yang bawa kerupuk banyak, itu kadang-kadang beberapa kerupuknya terbang lho. Jadi kan sayang juga barang dagangannya harus hilang begitu saja.

Gimana menurut riders untuk pemotor yang membawa barang berlebihan? Apakah ada solusi dari riders? Yuk monggo dishare ya. Enjoy and ride safely!

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here