Kenapa Hobi Riding? 5 Cara Motor Membuat Riders Bahagia

0

Hi riders! Apakah riders hobi riding dan suka sama motor? Entah keliling kota, touring, atau yang demen main di sirkuit? Tanpa disadari, motor adalah salah satu bagian hidup kita yang bisa bikin kita happy, dan Inside Helmet mau kasi tau beberapa hal dari motor yang bisa bikin kita bahagia!

Sering kali banyak orang-orang yang memberikan para riders nasehat kalo mengendarai motor itu berbahaya, apalagi hanya bisa digunakan oleh 2 orang. Tidak efektif! Dan sepertinya nasehat tersebut sudah menjadi konsumsi yang sering didengan pecinta roda dua.

Tapi nyatanya, dengan resiko-resiko dan komentar-komentar beberapa orang ini tetap membuat para pecinta motor untuk kembali menyalakan mesin dan riding bersama motor kesayangannya.

Why We Ride - Kenapa Hobi Riding
Narsis is Happiness 😛

Untuk kalian yang mungkin bukan seorang rider tapi penasaran, siapa tau abis baca ini ada ketertarikan untuk membeli sepeda motor & jangan lupa baca tips membeli sepeda motor dari Inside Helmet guys!

Oke kalo begitu, mari kita mulai lihat satu per satu apa si yang membuat para riders memilih untuk hobi riding, emangnya bagian apa yang membuat kita bahagia dan membuat kita hobi motor!

Bawa Motor Itu Serba Cepat

Pernyataan ini biasanya yang menjadi alasan paling utama kenapa orang naik motor. Tidak hanya bagi yang hobi dengan motor, tapi dengan orang-orang yang ingin pergi kerja atau pergi ke suatu tempat (seperti ke rumah temannya) lebih memilih menggunakan motor karena alasan cepat.

Udah enggak perlu penjelasan lebih detail lagi kalo kita lagi ngomongin kondisi jalan di Indonesia, terutama ibu kota tercinta yaitu DKI Jakarta.

Dengan ukuran ramping motor, biasanya riders bisa dengan mudah menembus kemacetan dari macet ringan hingga macet parah. Terkadang harus sabar aja sama yang namanya bajaj yang merasa ukurannya seperti motor terus bikin stuck di jalur paling kiri. 😛

Kalo saya kerja pun, dengan jarak tempuh 13km biasanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan menggunakan sepeda motor. Dengan mobil? Bisa 2 jam, riders! Gimana enggak stres tuh naik mobil?

Nah dari situlah, naik motor bisa membuat para riders lebih bahagia karena perjalanan terasa lebih cepat!

Enggak Sedikit Yang Demen “Nikung”

Cornering itu sendiri jangan diartikan sebagai tikungan dengan kecepatan tinggi seperti di MotoGP, tapi sebagai sebuah teknik membelokkan motor kita di tikungan jalan dengan cara yang benar. Kalo soal kecepatan, itu relatif. Kalo lagi balapan pasti dibawa kencang, kalo jalan biasa dibawa sewajarnya dan seamannya saja ya riders!

Cornering bagi para riders adalah momen yang paling menyenangkan karena feeling membelokkan motor berbeda jauh dengan mobil. Bagi riders, cornering tidak hanya dilakukan oleh kendaraannya saja, tetapi dengan bantuan teknik badan yang baik.

Selain merasakan serunya cornering, kebahagiaan riders / bikers jelas terpampang oleh kenarsisan mereka kalo ada yang bawa kamera! Doyan banget difoto lagi cornering! 😀

Suara Mesin Dari Silinder Motor Bikin Lemes

You name it, 1 silinder, 2 silinder, 3 silinder, 4 silinder, masing-masing riders punya selera masing-masing. Tapi yang pasti, riders hobi banget dengerin suara mesin motornya.

Di sinilah juga kenapa beberapa pemilik motor lebih senang untuk memodifikasi knalpot motor mereka sehingga suara motornya semakin asik didengar (tapi jangan terlalu berisik ya riders!).

Suara 1 silinder bukan berarti lebih jelek dibandingkan suara 4 silinder, karena semua kembali ke selera riders masing-masing. Coba bayangkan suara KTM Superduke yang 1 silinder itu, atau 2 silinder dari Ducati Panigale, suara manly 3 silinder dari Daytona 675R, atau suara 4 silinder Suzuki GSX-R600 punya Inside Helmet?

Enak toh? Mantep toh? Jumlah silinder tidak berarti lebih banyak lebih baik kok karena semua kembali ke selera. 🙂 Suara motor kesayangan memang bisa jadi alternatif terapi.

Eargasm Suara Motor
Source: Popkey

Persaudaraan Antar Brotherhood Yang Terasa Kental

Pernahkah kalian melihat antara riders / bikers memberikan salam. Tidak usah jauh-jauh melihat mereka yang menggunakan moge, tapi antar Gojek & Grab Bike pun saling memberikan salam!

Salam riders atau bikers wave pun biasanya berbentuk acungan jempol, high five, peace, atau berupa klakson saja. Dan biasanya riders / bikers lain menjawab wave tersebut karena keduanya memiliki ikatan passion roda dua yang terkadang sulit dimengeri orang lain.

Selain salam, riders / bikers pun adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang mudah bersosialisasi. Ini terbukti dengan mudahnya para penghobi motor ini berkenalan di tengah jalan atau di tempat tongkrongan motor. Obrolan mereka pun biasanya tidak jauh dari selangkangan roda dua yang mereka sayangi.

Kalaupun di tengah jalan motor bermasalah, tidak jarang riders / bikers berhenti menanyakan “Kenapa bro motornya?”, antara bisa membantu benerin, bantu dorong, atau sekedar menemani biar enggak galau. 😛 Persaudaraan ini lah yang membuat kita hobi naik motor.

Anjing kasih salam kepada bikers
Dogi aja bisa salam! Source: Giphy

Yaa.. Namanya Juga Hobi Motor 😉

“Namanya juga hobi, mau digimanain lagi.” adalah pernyataan yang sering banget Inside Helmet omongin ke teman dan keluarga. Tapi memang inilah hal yang paling membuat kita bahagia dan memilih kenapa naik motor. Dan tidak hanya naik motor, tapi ada juga yang rela mengeluarkan sedikit banyak biaya untuk modifikasi atau naik kelas cc.

Passion, nama keren dari hobi, adalah rasa secara emosional terhadap sesuatu suka melakukan hal yang tidak membuat kita bosan dan biasanya selalu secara senang tertantang untuk melakukan hal baru di bidang tersebut.

Emang udah dasar adatnya aja riders demen jalan-jalan melihat pemandangan kota atau pun alam selagi touring, atau demen tantangan seru di sirkuit untuk sekedar free practice atau untuk balapan. Seru deh!

Source: Popkey
Source: Popkey

Begitulah guys, kenapa riders / bikers demen banget naik motor. Tertarik untuk mencoba? Tidak ada salahnya mencoba dari motor yang mudah seperti Yamaha Mio atau motor skuter lainnya.

Bagi yang demen naik motor? Apakah setuju dengan point-point dari Inside Helmet? Atau ada tambahan alasan kenapa kalian hobi riding? Yuk share pesan kesan kalian juga di bagian comment! Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here