Honda ADV 150. Beli atau Enggak Ya?

3

Hello riders! Balik lagi di Inside Helmet dan sekarang gw lagi galau untuk memilih membeli atau tidak membeli Honda ADV 150 yang lagi trending di GIIAS 2019.

Kenapa begitu? Ya sebenernya gw emang lagi berencana ganti motor matic alias buat dipake harian. Karena sekarang ini pake Honda Vario dan pake Vario dari dulu sering banget ngerasain ga enak “ngeden” dan “gredek-gredek”nya itu.

Dan sekaligus biar bisa pake motor buat ke luar kota seperti ke Puncak.

Nah ngomong-ngomong soal Puncak, sebenernya Inside Helmet sendiri emang udah nyobain ke Puncak pake motor Yamaha Aerox 155. Kebetulan ada temen yang punya dan dia izinin gw untuk pake beberapa hari.

Dari situlah gw mulai tertarik untuk beli motor matic yang speknya di atas Honda Vario yang sekarang.

Biar ga galau, mending kita jabarin dulu spesifikasinya.

Spesifikasi Honda ADV 150

Mesin
Tipe Mesin4 tak, SOHC, eSP, Idling Stop System
Kapasitas Silinder149,3 cc
Tenaga Maksimal10,7 kW ( 14,5 PS ) / 8.500 rpm
Torsi Maksimal13,8 Nm (1,34 kgf.m) / 6.500 rpm
Suplai Bahan BakarPGM – FI ( Programmed Fuel Injection )
Sistem TransmisiOtomatis, V-Matic
Tipe StarterElektrik dan Kick Starter
Sistem PendinginanCairan
Dimensi
Panjang1950 mm
Lebar763 mm
Tinggi1153 mm
Jarak dengan tanah165 mm
Jarak Sumbu Roda1.324 mm
Tinggi Jok795 mm
Berat Kosong– – –
Kapasitas Tangki8 L
Kaki-kaki
Tipe RangkaUnderbone – eSAF ( Enhanced Smart Architecture Frame )
Suspensi DepanTeleskoptik
Suspensi BelakangTwin Subtank Rear Suspension
Rem DepanHydraulic Disc dengan pilihan CBS atau ABS
Rem BelakangHydraulic Disc dengan pilihan CBS atau ABS
Sistem PengeremanWavy disc brake
Ban Depan110/80 – 14 Tubeless
Ban Belakang130/70 – 13 Tubeless

Sejujurnya, gw bukanlah orang yang ngerti secara detil dan teknis untuk perihal spesifikasi motor. Jadi informasi di atas apalagi di bagian mesin, Inside Helmet angkat tangan.

Jadi kalo kalian ke sini buat bahas spesifikasi teknis bahwas kompresi atau berapa Nm, mungkin gw bukan orang yang tepat. 😛

Yuk mari kita bahas secara santai Honda ADV 150 ini.

Dari segi design dan ergonomi

Oke, berhubung belum sempet ngelirik langsung motornya kayak apa, kita coba liat dari foto aja dulu ya.

Image result for honda adv 150

Design futuristik dan all-terrain concept dari Honda ADV 150 ini lah yang sangat menarik, riders.

Pertama kali gw liat ini motor kok keren ya, bener-bener modern, dan peruntukannya bisa untuk di aspal ataupun bisa juga dipake untuk adventure.

Dengan posisi riding yang tidak agresif, jok yang cukup lebar bagi pengemudi dan penumpang, plus ketebalan jok, ditambah juga shock yang sudah menggunakan tabung, ini dijamin empuk dan enak untuk dibawa jarak dekat maupun jarak jauh.

Berbeda jauh dengan jok motor Honda pada umumnya, apalagi Inside Helmet udah pake Honda Vario selama beberapa tahun belakang ini (udah gonta ganti Vario juga) dan rata-rata joknya kurang nyaman dan agak keras.

Apalagi kemarin udah sempet ngerasain Yamaha Aerox 155 dibawa ke Puncak, rasanya emang butuh motor yang lebih proper kalo emang mau ke Puncak lagi.

Mesin 150cc udah cukup buat perkotaan dan touring santai

Biar dikata matic, tapi dengan kapasitas 150cc rasanya udah cukup buat harian. Ataupun kalo mau dipakai touring santai dengan pasangan, ini udah cocok banget!

Kalo bicara kapasitas mesin, pengalaman gw untuk riding jarak jauh dan apalagi harus melewati terrain yang naik turun, ukuran 150cc itu udah pas.

Emang sih kalo mau ambil yang gedean lagi seperti 250cc (Honda Forza atau Honda Xmax) pasti juga lebih enak, tapi 150cc rasanya udah cukup.

Tapi kenapa bukan 125cc? Walaupun cuman beda dikit, tapi jadi keinget waktu riding sama bini ke gunung Doi Inthanon di mana gw iseng nyobain Honda Grom (MSX125) dan hasilnya ngeden sampai ke atas.

Ditambah dengan torsi maksimal yaitu 13,8 Nm (1,34 kgf.m) / 6.500 rpm, 0.6Nm lebih tinggi dibandingkan Honda PCX, menurut om Kobay dari Kobayogas.com yang melakukan test-ride Honda ADV 150 ini ternyata tarikannya powerful dan responsive.

Hal ini yang membuat Honda ADV 150 memiliki tarikan awal yang lebih kencang dibandingkan motor Honda 150cc lainnya.

Fitur-fitur Honda ADV 150

Selain dari design yang modern ini, Honda ADV 150 pun memiliki segelintir fitur yang menarik.

  • Dashboard full LED, dan banyak informasinya dari informasi kecepatan, jadwal ganti oli, trip A & B beserta average fuel consumption, jam digital, hari & tanggal, indikator suhu, dan instant average fuel consumption.
  • Indikator tambahan berupa lampu sein, lampu jauh, Idling Stop System, smart key, ABS (jika beli yang versi ABS), suhu mesin.
  • Lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein semua LED
  • Tangki BBM 8 liter
  • Kapasitas bagasi 28 liter
  • Laci beserta power outletnya (tanpa kunci)
  • Smart key

Menurut gw fitur-fitur ini udah cukup untuk motor di kelas 150cc yang memang ditunjukkan kepada rider-rider yang lebih casual. Dalam artian, fitur motornya enggak overkill jadinya harganya juga ga terlalu mahal.

Harga Honda ADV 150

Seperti yang mungkin udah kalian cari tau juga, harga Honda ADV 150 ini dibagi menjadi 2 yaitu harga untuk versi ABS dan CBS.

  • Harga Honda ADV 150 versi ABS: Rp 36.500.000
  • Harga Honda ADV 150 versi CBS: Rp 33.500.000

Nah, kalo misalkan riders berencana mau beli Honda ADV 150 dengan kredit / leasing, nih simulasi kreditnya kurang lebih seperti ini ya:

Harga motor: Rp 36.500.000 (versi ABS)
DP motor: Rp 5.800.000
Jangka waktu: 35 bulan
Cicilan per bulan: Rp 1.515.000

Perhitungan kredit Honda Adv 150.
Perhitungan kredit Honda Adv 150(Kompas.com/Setyo Adi)

Duh gile, ngiler ya. Harga menarik, cicilan menarik, fitur juga menarik.

Hal yang bikin deg-degan pastinya ya karena ini adalah line-up terbaru dari mereka, jadi pastinya ada juga yang mikir “tar dulu deh, liat orang lain pake dulu”.

Tapi rasanya dengan fitur yang sedemikian rupa dengan harga yang masih masuk akal, kita bakalan banyak liat motor ini berkeliaran di jalan, setidaknya pas sunmori!

Gimana menurut riders soal Honda ADV 150 ini? Ada yang berencana beli? Kalo Inside Helmet tinggal nunggu stampel approval dari sang istri aja. 😛


Terima kasih sudah membaca! Jangan lupa share artikel ini dan follow @insidehelmet di Instagram ya!

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here