Eksperimen Hemat Bensin Hingga 22% Dengan Honda Vario 125 2012

0

 

Cara hemat bensin Honda Vario 2012

Hello riders! Sebelum menikmati liburan long weekend besok karena ada Hari Buruh Nasional atau Labor Day, yuk kita bahas tentang motor yang menyangkut sedikit dengan finansial. Namanya juga transportasi, motor pun memiliki harga yang harus kita bayar secara rutin.

Beberapa hal yang harus kita tanggung adalah bensin, biaya servis, dan pajak. Nah, salah satu biaya yang paling sering kita keluarkan adalah bensin tersebut.

Bensin adalah kebutuhan pokok motor kita, layaknya makanan untuk manusia, bahan bakar ini digunakan agar motor dapat terus dapat digunakan. Brand-brand bensin pun sudah beragam, tidak hanya Pertamina tapi juga ada Shell dan Total.

Akibat kebutuhan tersebut, terkadang bensin malah menjadi faktor uang di dompet riders yang sering kembang kempis setiap minggunya terutama bagi kaum-kaum karyawan seperti penulis Inside Helmet. 😀

Nah, Bagaimana Cara Menghemat Bensin Untuk Semua Jenis Motor?

Inside Helmet akhir-akhir ini melakukan eksperimen dengan motor Honda Vario 125 tahun 2012 dan bahan bakar Super dari Shell. Hasilnya si cukup lumayan kelihatan dan cara yang saya gunakan tidak ada otak atik mesin atau menggunakan produk tertentu (yang berakibat menambah biaya juga ujung-ujungnya).

Nah lho? Gimana caranya? Yuk kita mulai bahasa 3 eksperimen menghemat bensin motor dengan cara memulai dari diri kita sendiri!

1. Coba bangun lebih pagi dan berangkat subuh

Namanya juga jalanan Jakarta, kalo jalan agak siang sedikit, macetnya udah parah enggak karuan deh. Jalan jam 6 aja terkadang udah mulai macet di beberapa titik, apalagi kalo jalan jam 7 atau jam 8? Motor dalam keadaan macet pastinya membuang bensin lebih boros dibandingkan saat kita jalan terus. Motor menyala lebih lama, dan efek dari gas rem gas rem sangat memboroskan.

Berangkat pagi lebih hemat bensin

Maka dari itu, berangkat lebih pagi merupakan salah satu cara yang bisa dicoba untuk menghemat bensin juga lho! Saya coba jalan sekitar jam 5:20 – 5:30 subuh, jalanan masih sepi (tapi memang terkadang aneh, bisa udah macet jam segitu). Yang pasti lebih mending dibandingkan berangkat jam 7. Sampai di kantor kepagian dong? Biasanya saya tidur lagi setelah sampai. 😛

2. Pastikan ban motor tidak kekurangan angin

Selain harus cek kondisi dan umur ban motor, volume anginnya harus sering-sering kita cek. Karena ban yang kekurangan angin dapat memperlampat kecepatan dan motor akhirnya harus menggunakan tenaga yang lebih banyak dibandingkan biasanya. Tenaga yang lebih juga berarti bensin yang digunakan menjadi lebih banyak dan lebih boros.

3. Tidak perlu ngebut, pelan tapi selamat lebih banyak benefitnya

Berkaitan dengan point nomor 1, kebiasaan kita kebanyakan riders kalo lihat jalanan masih sepi dan kosong: Gaspol ngebut! Riding dengan kencang saat pagi-pagi buta enggak saya rekomendasikan, kenapa? Karena jalanan masih gelap dan ada kemungkinan beberapa orang yang menyeberang jalan.

Hal ini tentu membahayakan riders, tapi selain bersiko tinggi, gaspol ngebut pun membuat motor mengkonsumsi bensin lebih banyak dibandingkan dengan kecepatan yang stabil dan santai. Jika ingin lebih cepat, disarankan at least jangan langsung dibetot penuh tapi dinaikkan perlahan-lahan sehingga bisa lebih berhemat.

Bagaimana hasil dari eksperimen ketiga point di atas?

Yang pasti memuaskan! Karena ternyata dengan cara hemat bensin yang dimulai dari diri kita sendiri tanpa harus memodifikasi mesin atau menggunakan produk lain dapat mengirit bahan bakar sekitar 22.22%! Angka yang cukup signifikan jika kita melihat gambar eksperimen di atas. Biasanya setiap 7 hari isi bensin Super dari Shell, sekarang bisa menjadi sekitar 8 – 9 hari.

Hasil eksperimen hemat bensin natural

Jadi, tidak harus mahal-mahal kan untuk berhemat? Ternyata dengan mengubah kebiasaan riding dan jam berangkat dapat memberikan benefit buat para riders. Semoga tips ini bermanfaat untuk kita semua, tidak hanya menghemat uang bensin, kita pun ikut serta dalam mengirit stok bahan bakar di dunia. Selamat berlibur long weekend riders, Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here