Ada Pajak Penjualan, Apakah Harga Moge Naik Lagi di 2015?

0

Pajak Penjualan PPh 2015. Apa harga moge naik juga?

Hello riders! Apa kabar ni? Walau lagi sibuk di pekerjaan, tapi lumayan deh sempetin waktu untuk nulis di sini. Tapi kali ini kontennya cukup bikin sedih dan bikin saya kaget, karena berhubungan dengan harga motor (khususnya harga moge di tahun 2015).

Apa Itu Pajak Penjualan?

Jadi menurut informasi di beberapa website, salah satunya membahas bahwa pemerintah Indonesia akan memberikan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM). Lho? Apa itu pajak jual? Kemarin udah naik pajak barang mewah kok sekarang ada yang pajak penjualan? Yang pasti pajak yang dibebankan oleh penjual (Wajib Pajak Badan) barang mewah, karena selama ini ternyata menurut pemerintah belum ada pajak yang mengatur penjualan barang-barang mewah. Seperti contohnya tas dan sepatu mewah yang harganya puluhan juta, yang sudah pasti bukan merupakan barang yang bisa dinikmati oleh semua orang. Yang pasti peraturan pajak ini mengincar penjual-penjual barang mewah seperti fashion, perhiasaan, kendaraan pribadi, sampai apartemen juga kena! Bisa dicek secara rinci untuk barang dan harga di dalam link tersebut.

Berapa Persen Kira-Kira Pajak Yang Dibebankan?

Pajak penjualan atas barang mewah ini memang belum ada tanggal yang pasti kapan akan diberlakukan, tapi yang pasti rencana ini sudah dipersiapkan oleh pemerintah dan akan dilaksanakan di tahun 2015 ini. Pajak penjualan barang-barang mahal ini sebesar 5%, jadi lumayan lah ya kalo barangnya memang super mahal. Nah, kalo menurut blog Boerhunt, simulasinya adalah saat kita melakukan transaksi atas barang-barang mewah, maka penjual itu nantinya kena pajak 5%.

Semua barang mewah akan kena pajak penjualan di 2015

Siapa Yang Dikenakan Pajak Ini? Kenapa Bisa Efek Ke Harga Moge?

Walaupun disebukan oleh Wakil Menteri Keuangan dan Plt Dirjen Pajak, Mardiasmo, bahwa yang dikenakan PPh adalah Wajib Pajak Badan atau distributor berbadan hukum PT, tapi tidak menutup kemungkinan juga jika penjual-penjual barang mewah tersebut untuk menaikkan harganya, terutama di motor-motor ber-cc besar dan harganya mahal. Namanya juga target market mereka sebenarnya adalah orang-orang kaya, toh sepertinya enggak ada masalah juga kalau dinaikkan hargaanya ‘sedikit’ biar adanya peraturan pajak yang baru ini jadi enggak begitu terasa juga di ATPM atau IU.

Ya semoga saja sih kalaupun mereka kekeuh mau dinaikin harganya, naiklah sewajarnya. Karena kan harga moge 2015 yang resmi sekarang sudah naik tahun lalu dan tergolong di atas awan mimpi untuk orang-orang yang hobi motor tapi tidak sekaya target market ATPM atau IU moge. Kira-kira beli dengan cicilan seperti dari OTOFinance atau mobile-app cicilan Shoot Your Dream juga berasa banget enggak ya? Pasti nambah mahal juga si kalo dinaikin, tapi semoga juga enggak begitu banyak… Mulai expect aja bakalan lebih banyak motor bodong berkeliaran. Hahaha. Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here