Feher ACH-1: Helm Motor Pake AC!

0

Hello riders! Kabar menarik dari dunia perhelman, yaitu bakalan ada helm motor yang pake AC. Iya, AC, air conditioning, alias yang bisa bikin kepala adem (atau malah masuk angin). Ini dia Helm Feher ACH-1!

Feher ACH-1 Helm AC

Feher itu sendiri sebenarnya nama yang diambil dari seorang inventor dan engineer, yaitu Steven Feher, yang tinggal di daerah Hawaii. Menurut ceritanya, dia sudah memulai perjalanan menciptakan alat pendingin kepala dari umur 11, riders!

Dengan udara panas di Hawaii, Feher pun akhirnya mulai memikirkan bagaimana cara mendinginkan kepala, dan voila, jadilah helm pertamanya yaitu Feher ACH-1!

Helm ini dedesign dengan pendingin di bagian batok belakang kepala yang dapat membantu menurunkan suhu sekitar 10-15 derajat lebih rendah dibandingkan udara di luar helm.

Pendingin yang diciptakan juga merupakan design yang Feher gunakan di dalam sistem pendingin yang ada di Rolls-Royce, Bentley, Ferrari, Lexus, dan mobil-mobil GM. Sistem pendingin kece yang kini bisa ada di helm untuk kalian, riders!

Uniknya, helm Feher ACH-1 ini tidak memiliki sistem ventilasi udara yang biasanya ada pada helm-helm motor pada umumnya.

Kenapa begitu?

Itu karena sistem pendingin helm Feher ACH-1 menggunakan teknologi AC yang biasa kita rasakan di dalam mobil, di mana efek dingin AC lebih baik jika tidak tercampur aduk dengan udara luar.

Sistem pendingin yang ada di belakang helm memiliki pompa dan humidifier yang mendorong udara dingin (yang bersih) ke dalam helm riders dari batok atas.

Dan katanya, design sistem pendinginan ini sudah dirancang sehingga kepala riders tidak terasa “beku” yang mungkin efeknya seperti kita sedang memakan es krim.

Dari segi design, helm ini terihat gemuk & besar di bagian belakang. Dan pastinya, kita berasumsi helm ini akan berat dan membuat pusing di kepala bagian belakang. Tapi, Feher sendiri mengklaim bahwa helm ACH-1 ini memiliki berat hanya sekitar 1,45kg! Kurang lebih mirip-mirip seperti helm AGV SportModular Carbon Fiber.

Nah, sistem pendinginan yang ada di bagian belakang ini ternyata dibantu dengan tenaga listrik sebesar 12 volt yang dihasilkan dari batere helm tersebut (belum diketahui dengan jelas apakah ini rechargeable battery atau replaceable battery — walau Inside Helmet lebih memilih rechargeable battery biar simple!).

Kalo bicara harga, kita-kira harganya apakah akan sampai 15-20juta? Ternyata dilansir dari websitenya Feher sendiri, harga yang ditawarkan adalah sekitar $549 dan memiliki ukuran dari XS hingga 2XL! Ya kira-kira sekitar 7 jutaan lah, harga yang mirip dengan SHOEI ataupun Arai!

Gimana menurut kalian riders? Kalo helm Feher ACH-1 ini masuk ke Indonesia (ya mungkin masuk-masuk harganya bisa jadi 10juta), apakah menurut riders ini helm yang akan sangat membantu? Apakah riders bersedia menghabiskan $549 untuk helm dengan AC ini? Yuk bahas di komentar!

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here