Daftar Tim MotoGP 2017. Inilah Perubahan Pembalapnya!

0
Daftar Pembalap MotoGP 2017
Sumber: MotoGP Website

Berakhirnya balapan MotoGP 2016 di Valencia Spanyol kemarin menandakan berakhirnya musim MotoGP 2016 dengan kemenangan juara dunia yang diperoleh Marc Marquez yang juga merupakan kemenangan juara dunia ke-5 buat si Baby Alien.

Pada balapan terakhir ini pun, kita pastinya juga harus melihat beberapa perubahan yang akan terjadi di MotoGP 2017 mendatang. Apalagi Lorenzo juga memenangkan balapan Valencia menjadi sebuah penutupan yang indah sebelum dia meninggalkan tim MOVISTAR YAMAHA MotoGP untuk pindah ke DUCATI TEAM.

Kalo riders masih bingung dengan perubahan & pembagian tim MotoGP 2017, Inside Helmet akan merangumkan semuanya di sini, atau bisa juga visit websitenya MotoGP!

Tim MOVISTAR YAMAHA MotoGP

Pabrik: Yamaha
Motor: Yamaha YZR-M1
Pembalap:

  • Valetino Rossi #46
  • Maverick Viñales #25

Perubahan pembalap yang terjadi di sini adalah masuknya Maverick Viñales dari tim Suzuki ke Yamaha. Dalam test ride di sirkuit Valencia pun, Viñales berhasil memegang rekor tercepat dengan motor Yamaha YZR-M1nya, yaitu 1 menit 30.930 detik!

Tim REPSOL HONDA TEAM

Pabrik: Honda
Motor: Honda RC213V
Pembalap:

  • Marc Márquez #93
  • Dani Pedrosa #26

Tidak seperti tim yang lainnya, duo Honda Repsol ini tetap bersama untuk balapan MotoGP di 2017. Apakah Marc Márquez akan kembali menjadi juara dunia? Atau malah kali ini Dani Pedrosa yang bisa jadi juara dunia? Simak aja nanti di 2017! 😛

Tim DUCATI TEAM

Pabrik: Ducati
Motor: Ducati Desmosedici GP17
Pembalap:

  • Jorge Lorenzo #99
  • Andrea Dovizioso #04

Salah satu hal yang menarik di Ducati, yaitu pergantian pembalap Andrea Iannone dengan Jorge Lorenzo. Lorenzo yang terbiasa dengan motor Jepang, kini harus berhadapan dengan motor Italia yang dikenal “liar” powernya di MotoGP 2017.

Tim TEAM SUZUKI ECSTAR

Pabrik: Suzuki
Motor: Suzuki GSX-RR
Pembalap:

  • Andrea Iannone #29
  • Álex Rins #42

Cuci gudang, itulah yang mungkin terlihat dari tim Suzuki Ecstar.  Kedua pembalapnya harus berpindah ke tim lain sehingga Suzuki mengalami perubahan total untuk pembalapnya di 2017. Penggantinya adalah Iannone dari tim Ducati dan Rins yang naik pangkat dari Moto2.

Tim LCR HONDA

Pabrik: Honda
Motor: Honda RC213V
Pembalap:

  • Cal Crutchlow #35

Masih Cal dan masih seorang diri, itulah yang akan terlihat di MotoGP tahun depan.

Tim MONSTER YAMAHA TECH 3

Pabrik: Yamaha
Motor: Yamaha YZR-M1
Pembalap:

  • Johann Zarco #05
  • Jonas Folger #94

Tim AVINTIA RACING

Pabrik: Ducati
Motor: Ducati Desmosedici GP16 & Ducati Desmosedici GP15
Pembalap:

  • Hector Barbera #08 – Mengendarai GP16
  • Loris Baz #76 – Mengendarai GP15

Tim OCTO PRAMAC YAKHNICH

Pabrik: Ducati
Motor: Ducati Desmosedici GP17 & Ducati Desmosedici GP16
Pembalap:

  • Danilo Petrucci #09 – Mengendarai GP17
  • Scott Redding #45 – Mengendarai GP16

Tim PULL&BEAR ASPAR TEAM

Pabrik: Ducati
Motor: Ducati Desmosedici GP16 & Ducati Desmosedici GP15
Pembalap:

  • Álvaro Bautista #19 – Mengendarai GP16
  • Karel Abraham #17 – Mengendarai GP15

Tim APRILIA RACING TEAM GRESINI

Pabrik: Aprilia
Motor: Aprilia RS-GP
Pembalap:

  • Sam Lowes #22
  • Aleix Espargaró #41

Tim RED BULL KTM FACTORY RACING

Pabrik: KTM
Motor: KTM RC16
Pembalap:

  • Bradley Smith #38
  • Pol Espargaró #44

Tim ESTRELLA GALICIA MARC VDS RACING TEAM

Pabrik: Honda
Motor: Honda RC213V
Pembalap:

  • Jack Miller#43
  • Esteve “Tito” Rabat #53

Begitulah deretan tim pembalap MotoGP 2017 yang akan kita saksikan di tahun yang akan datang. Perubahan yang menarik seperti Jorge Lorenzo pindah ke Ducati bersama Andrea Dovizioso, Andrea annone pindah ke Suzuki bersama Álex Rins yang baru saja naik dari Moto2, Maverick Viñales yang akan 1 tim dengan Valentino Rossi di Yamaha, Johann Zarco & Jonas Folger yang juga naik dari Moto3 untuk bergabung di tim Yamaha Tech3, hingga Bradley Smith & Pol Espargaró yang akan menjajali motor KTM RC16 sebagai debut KTM di MotoGP 2017!

Pendapat Inside Helmet Tentang Daftar Pembalap MotoGP 2017

Beberapa point yang menarik bisa dimulai dari Lorenzo yang sudah terbiasa dengan mesin Yamaha YZR-M1, harus berhadapan dengan brutalnya mesin Ducati yang tahun depan tidak diizinkan menggunakan winglet lagi. Tentunya Lorenzo harus bisa membiasakan diri dengan power Ducati Desmosedici GP17 sebelum MotoGP 2017 dimulai. Sepertinya Lorenzo harus banyak belajar dulu nih sama Dovi. 😛

Selain itu Iannone yang sudah terbiasa dengan mesin Ducati Desmosedici pun harus mulai membiasakan diri dengan motor Jepang yang mulai menjadi pesaing ketat terhadap Yamaha & Honda, yaitu Suzuki GSX-RR ditemani dengan partner yang baru saja naik dari Moto2 yaitu Álex Rins.

Dan yang juga tak kalah menarik seperti Viñales yang begitu handal di Suzuki akan menggunakan motor YZR-M1 menggantikan posisi Lorenzo, duo Moto2 Zarco & Folger yang akan bergabung di Yamaha Tech3, dan KTM yang akhirnya akan menjadi salah satu kompetitor yang menarik di MotoGP 2017.

MotoGP Riders 2017
Sumber: MotoGP Website

Kalo dari riders sendiri, gimana pendapat kalian tentang deretan pembalap MotoGP 2017 ini? Hari Selasa dan Rabu minggu ini adalah hari di mana para pembalap akan mulai melakukan test ride untuk motor-motor yang akan digunakan di MotoGP tahun depan. Pastinya bakalan seru banget dan bikin penasaran gara-gara banyak perubahan tim yang terjadi di 2017. Kita tunggu aja deh tanggal mainnya nanti. 😉 Good luck for all riders, and congratulations for all winners!

Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here