Lebih Berhati-hati di Daerah Ini Karena Rawan Kecelakaan!

7

Hello riders, kembali lagi setelah lebaran 2017! Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin yaa. Kalo Inside Helmet pernah nulis atau berkata yang tidak berkenan, mohon dimaafkan yaa.

Nah untuk konten kali ini, saya ingin sedikit membahas tentang daerah rawan kecelakaan mana aja yang riders harus lebih berhati-hati saat mengendarai motor!

Kenapa begitu? Karena belom lama ini seorang rider yang waktu itu kebetulan lagi riding bareng sama Inside Helmet mengalami sebuah musibah di depan Mall Kota Kasablanka! 🙁

Daerah Rawan Kecelakaan
Source: Kobayogas

Kejadian pahit ini bermula karena seseorang yang tidak bertanggung jawab menyebrang jalan bukan pada tempatnya. Orang ini tiba-tiba lari melintasi jalan raya sehingga sebuah truk berhenti mendadak dan tepat di belakangnya ada seorang rider yang juga tidak sempat rem dengan sempurna.

Kenapa dibilang seseorang yang tidak bertanggung jawab? Karena setelah kejadian tersebut, orang itu ngabur aja padahal dia tahu ada kecelakaan terjadi karena dia menyebrang sembarangan!

Baca Juga: Gegara Orang Nyebrang Sembarangan, Sunmori Jadi Bubar..

Nahh, makanya, saya ingin sedikit membahas lokasi daerah rawan kecelakaan mana aja yang riders harus lebih berkonsentrasi dan juga lebih berhati-hati!

Mall, Tempat Perbelanjaan, dan Pasar

Nomor 1 adalah mall, tempat perbelanjaan, dan juga pasar karena tidak jarang kita melihat orang-orang yang suka nyebrang sembarangan dan secara tiba-tiba.

Tentunya tempat ini merupakan tempat yang ramai dikunjungi orang, dan tidak sedikit lalu-lintas pejalan kaki yang keluar masuk tempat tersebut. Orang-orang yang menyeberang dari dan ke tempat ini pun kebanyakan menyebrang tidak pada tempatnya (padahal lokasi zebra cross atau JPU tidak jauh dari situ).

Alhasil, pengendara mobil dan motor sering kaget melihat ada yang tiba-tiba menyebrang dan kendaraan sedang tidak dalam keadaan pelan. So, alangkah baiknya rada pelan-pelan aja riders kalo lewatin mall, tempat shopping, dan juga pasar!

Sekolah

Nomor 2 adalah sekolah dan sangat terutama di waktu-waktu jam masuk atau jam pulang sekolah tersebut.

Beberapa sekolah ada yang berlokasi di pinggir jalan raya, sehingga terkadang ada sebuah area yang bernama Zona Aman yang diperuntukkan bagi anak-anak sekolah yang ingin menyebrang.

Untuk kasus ini, anak-anak sekolah dididik untuk menyebrang di tempat aman tersebut, tetapi terkadang beberapa pengendara kendaraan bermotor tidak sadar akan lokasi tersebut dan tidak mengurangi kecepatannya dari jauh.

Riders perlu benar-benar memperhatikan zona tersebut karena memiliki warna yang berbeda (dan biasanya diberikan pertanda di beberapa meter sebelum tempat penyebrangan tersebut).

Disarankan untuk riders langsung mengurangi kecepatannya walaupun jalanan terlihat kosong. Takutnya ada adik-adik kita yang belum begitu mengerti dan tiba-tiba nyebrang jalan lho!

Fly Over atau Jembatan Layang

Nomor 3 adalah fly over atau jembatan layang yang sering kita jumpai di jalan. Percaya tidak percaya, tempat ini merupakan salah satu tempat favorit orang untuk menyebrang sembarangan!

Jujur Inside Helmet tidak bisa menemukan logika yang pas untuk kenapa tempat ini sering sekali menjadi tempat penyebrangan.

Padahal sebenarnya ini berbahaya lho, terutama jika menyebrang di jalur yang sedang turun karena dari atas biasanya pengendara tidak bisa melihat orang yang mau nyebrang tersebut. Sehingga pas tiba-tiba nyebrang (apalagi lari), pengendara kendaraan terkadnag menjadi kaget sehingga panik untuk menghentikan kendaraannya.

Di tambah lagi dengan jalan yang menurun tentunya gravitasi akan lebih mendorong kendaraan tersebut untuk lebih cepat.

Kalo misalkan riders ketemu mall yang lokasinya dekat fly over (seperti Kota Kasablanka), please berhati-hatilah dan selalu siap untuk melakukan pengereman. Double trouble soalnya!

Daerah Tempat Tinggal dan Komplek Perumahan

Nomor 4 adalah daerah tempat tinggal dan komplek perumahan. Ya mungkin bukan berada di dalam daerah tempat tinggal tersebut, tetapi lebih ke jalan raya dekat pintu masuk area tempat tinggal dan komplek perumahan.

Kenapa begitu? Karena tentunya akan banyak kendaraan lalu lalang keluar masuk dari dan ke komplek (entah itu penghuni atau tamu).

Tetapi sayangnya, pengendara yang keluar masuk terkadang lupa untuk mengecek ke kiri dan ke kanan untuk memeriksa kendaraan lain yang sedang melaju.

Alhasil tiba-tiba keluar dari jalan komplek ke jalan raya dan memberikan resiko yang sangat tinggi kepada pengendara lain. Ini sering kali terjadi pada pengendara motor yang keluar gang tapi enggak nengok-nengok dulu pas masuk jalan umum. Kesel ga sih?

Nah, kurang lebih itulah riders, tempat-tempat daerah rawan kecelakaan yang harus dilalui dengan lebih waspada dan penuh konsentrasi sebagai.

Karena orang-orang yang tidak bertanggung jawab kerap kali tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan ini merugikan orang lain.

Mending kalo dia mau bertanggung jawab. Tetapi kasus yang sudah-sudah, orang yang menyebabkan kejadian tersebut malah buru-buru meninggalkan TKP. 🙁 Kan kasihan yang jadi korban.

Ya elah masih aja kesundul ini GIF. Hahaha

Untungnya pas kemarin motor yang nabrak truk itu kerusakaannya hanya di bagian depan motor (walaupun sudah lumayan tuh), dan rider tersebut pun berdamai dengan pengendara truk karena kami dapat memberikan pengertian satu sama yang lainnya.

Punya info daerah rawan kecelakaan lainnya? Jangan lupa dishare di bagian komentar ya!

Oke riders, selalu ingat untuk lebih berhati-hati di mana pun dan kapan pun terutama di tempat-tempat yang Inside Helmet udah sebutkan di atas ya. Selalu jaga speed dan selalu tanamkan pikiran aja kalo di depan bisa jadi ada orang tiba-tiba nyebrang atau keluar jalan dengan kendaraan bermotor. Enjoy and Ride Safely!

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

 

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

7 COMMENTS

  1. akhirnya datang ke sini juga setelah baca blog mang kobay. wkwkwk
    eh ada om Gigi Tiga juga :p
    kapan-kapan ane ikut sunmori bareng juga dong om 😀
    sering sunmori sendirian juga nih
    tikum dimana ? jam berapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here