Cuci Motor Gede (Moge) di Pinggir Jalan? Kenapa Enggak?

6

Hello riders! Back again di Inside Helmet dan kali ini mau ngebahas tentang cuci motor, spesifikasinya lebih ke cuci motor gede atau moge. Lah tumben bahas soal cuci motor?

Iya, karena kebetulan abis cuci si Suzuki GSX-R600 dan pengen berbagi pengalaman dan juga pendapat tentang tempat cuci motor moge.

Mungkin kalo riders lihat dari moge itu sendiri, pasti kepikirannya motor premium yang harganya mahal otomatis perawatannya juga mahal.

Pemikiran seperti itu enggak salah sih, bener banget malah, perawatan moge itu mahal! Mulai dari oli, spare part, bensin, apalagi pajaknya. Jadi kalo pengen beli bener-bener harus memperhitungkan hal-hal tersebut ya.

Dan kalo udah ngomongin tentang cuci motor gede, pun terkadang yang kepikiran adalah harus di tempat cuci motor premium yang sudah spesialis menangani motor-motor dan mobil-mobil mahal.

Tetapi Tidak Dengan Inside Helmet, Riders! 😛

Memang sih cuci di tempat cuci motor premium dipastikan kinclong, sabunnya berkualitas, dan servicenya juga baik. Tetapi bukan berarti cuci motor umum enggak bagus juga. Setidaknya enggak semuanya jelek!

Salah satu tempat langganan Inside Helmet nyuci motor dari jaman Honda CBR250R sampai Suzuki GSX-R600 adalah Asri Hidrolis Snow Wash yang berlokasi di Jl. Pahlawan Revolusi Blok Langgar No.6.

Tempat Cuci Motor Gede
Semprot mas! Biar ala-ala kekinian pake logo jahanam XD

Asri merupakan tempat cuci motor dan mobil (walau enggak pernah liat mobil yang cuci di sini) yang menggunakan hidrolik alias motornya diangkat ke atas. Dan dengan hidrolik, tentunya dapat mempermudah pembersihan sampai ke bagian kolong-kolong motor riders.

Pencucian pun dilakukan dengan 2 macam sabun yaitu sabun biasa dan sabun semprot atau yang biasa disebut dengan snow wash.

Kalo merk sabun yang digunakan, jujur saja emang saya enggak pernah tau sih, tapi menurut temen yang pernah cuci di sana juga, biasanya dia bawa sabun sendiri dari rumah, jadi hanya mencuci menggunakan sabun tersebut tanpa snow wash.

Jadi kalo riders agak ragu dengan sabun yang digunakan, diperbolehkan untuk membawa sabun sendiri dari rumah, tetapi harga tetap sama lho.

Inside Helmet sendiri belum pernah bawa sabun sendiri, jadi selama ini tetap menggunakan sabun mereka dan hasilnya tetap kinclong, bersih, dan wangi. Pengen sih sekali-kali nyobain pake sabun Meguiar’s dan liat perbandingannya.

Harga cuci motor gede di Asri Hidrolis Snow Wash adalah Rp25,000, di mana motor kecil adalah Rp15,000 dan motor naked 150cc adalah Rp20,000. Murah bukan? 😀 Tetapi hasilnya tetap memuaskan!

Tempat Cuci Moge

Kalo lagi mau diangkat ke hidrolik pun menggunakan rear stand paddock sehingga motor berdiri tegak dan stabil. Saat penggunaan paddock pun minimal dilakukan oleh 2 orang karena mereka ingin memastikan motor aman.

Pencucian motor memakan waktu kurang lebih 15-20 menit biasanya, tapi kalo ngantri ya bisa-bisa 1 jam baru bisa dibawa pulang motornya. 🙁

Pastinya Bagus Enggaknya Tempat Cuci Motor Harus Diteliti

Jadi enggak perlu takut kalo mau cuci moge di tempat umum, karena beberapa tempat pencucian motor memang menyediakan servis yang baik kepada pelanggannya. Hanya saja jika mau lebih terjamin, boleh dicoba untuk bawa sabun sendiri.

Ada yang pernah punya pengalaman serupa? Atau malah punya pengalaman pahit cuci moge di tempat cuci biasa? Saya pun yang suka nyoba-nyoba pernah ngerasain kok. Kalo ikutin instagram Inside Helmet pasti pernah lihat celotehannya. 😛

Yang terpenting, tempatnya terlihat bersih, rapih, dan memiliki perlengkapan yang memadai ya, riders. Kalo masih ragu ya coba dulu cuci motor matic atau bebek di sana dan lihat kualitasnya.

Share pengalaman kalian di bagian komentar di bawah ya! Enjoy and Ride Safely!

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here