CrossHelmet: Helm Masa Depan Pengganti Skully?

0

Hello riders, kembali di Inside Helmet dan kemarin-kemarin ini saya lagi browsing dan nemuin sebuah artikel tentang helm yang dirancang sedemikian rupa sehingga memiliki sebuah teknologi yang bisa dibilang sebagai smart-helmet.

CrossHelmet X1

Di dunia smartphone ini, handphone yang dahulu hanya digunakan untuk telepon dan SMS kini digunakan sehari-hari untuk berbagai kegiatan seperti bekerja, bermain, nonton film, bersosial, dan masih banyak lagi.

Ternyata, yang “smart” tidak hanya handphone saja, selain kulkas, helm pun dibuat smart! Inilah CrossHelmet, helm pintar yang sedang didevelop oleh Kickstarter asal Jepang ini menjadi hal yang menarik untuk di-follow.

Apa Itu CrossHelmet?

Langsung lihat official info dari CrossHelmet di bawah ini riders!

Spesifikasi CrossHelmet X1

Gile, kece banget ya helmnya, riders! Helm yang memiliki teknologi dan design futuristik! Bayangkan saja, helm yang biasanya digunakan untuk melindungi kepala, kini memiliki fitur-fitur seperti:

  • Heads-up display: Sebuah display di dalam kaca helm yang memberikan informasi yang dibutuhkan riders seperti cuaca, navigasi, status perjalanan, dan lain-lain.
  • Rearview camera: Kamera bagian belakang yang memberikan tampilan jelas apa yang ada di belakang riders, sehingga tidak perlu repot-repot menegok ke belakang yang mungkin membuat riding menjadi berbahaya. Cukup ngintip aja!
  • Bluetooth connectivity: Koneksi via bluetooth untuk mendengarkan musik, telepon, Group Talk (fitur dari CrossHelmet), dan melakukan pengaturan suara untuk mengurangi suara-suara eksternal seperti angin. Pengaturan pun bisa dilakukan dengan menggunakan suara!
  • Touch controls: Selain voice control, riders diberikan touch controls di bagian kanan helm untuk melakukan pengaturan.

Fiturnya lumayan banyak ya riders, apalagi Group Talk ini bisa menjadi ancaman buat Sena yang sekarang merajai sistem komunikasi antar-helm. Kalo touring juga bisa dibantu dari info-info cuaca ataupun navigasi.

Jadi enggak perlu repot-repot berenti cuma buat cek jalannya ke mana.

Masalahnya sebenarnya hanya 1 untuk helm-helm seperti ini, yaitu di harga! Menurut info sementara, harga helm CrossHelmet sementara ada di harga $1799 (walau sedang diskon karena masih Kickstarter).

Helm mahal yang biasa kita tau yaitu AGV Pista aja sekitar 15jutaan, eh ini lagi bisa sampe 20jutaan. Namanya juga teknologi ya, riders! 😀

Tapi jika riders bertanya-tanya soal safety, CrossHelmet sudah dites dan memiliki sertifikasi DOT, ECE 22.05, dan juga JIS safety standards. Jadi selain berteknologi, CrossHelmet juga sudah diuji keamanannya!

CrossHelmet, Helm Pintar Untuk Masa Depan?

Gimana menurut kalian riders tentang helm CrossHelmet ini? Jadi ingat sesuatu? Skully! Yep, sebelum ini kita sudah mendengarkan tentang helm pintar Skully dan sudah sempat dipasarkan.

Tapi sangat disayangkan perusahaan Skully yang baru saja merilis dan mengantarkan helm-helm itu kepada pembeli harus bangkrut dan menutup usahanya (gosipnya berkata uang dibawa kabur, tapi correct me if I’m wrong ya).

Jadi semoga saja kali ini CrossHelmet bisa belajar dari pengalaman Skully, sehingga produknya bisa benar-benar digunakan dan dikembangkan lagi. Ditambah biar riders enggak trauma kalo ada Kickstarter-Kickstarter seperti ini.

Monggo dikomen riders soal helm ini. Kira-kira bakalan lebih safety atau malah lebih membahayakan?

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here