Perpanjangan STNK di Samsat Drive Thru. Cara Mudah & Gampang!

0

Hello riders, kembali lagi di Inside Helmet dan kali ini kita akan ngebahas tentang STNK nih, riders, yaitu tentang perpanjangan STNK di Samsat Drive Thru! Mau tau kayak gimana pengalamannya Inside Helmet waktu bayar pajak tahunan Suzuki GSX-R600 di Samsat Drive Thru? Yuk mari disimak.

Samsat Drive Thru Jakarta Timur-min

Untuk info tambahan, Samsat yang didatangi untuk perpanjangan STNK si GSX ini adalah Samsat Jakata Timur yang terletak di (menurut mbah Google Maps) Jl. DI Panjaitan Kav. 55, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, RT.12/RW.6, Cipinang Besar Selatan, RT.12/RW.6, Cipinang Besar Sel., Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13410.

Nah, waktu Inside Helmet dateng ke Kantor Samsat Jakarta Timur ini, kebetulan Drive Thrunya cukup dekat dengan pintu keluar, tapi kendaraan yang masuk harus muter dulu nih ke belakang sehingga sampai pada antrian Drive Thru tersebut. Kalo misalkan riders ke Kantor Samsat lainnya, mungkin lokasinya akan berbeda, jadi bisa coba untuk ditanyakan kepada petugas setempat ya.

Syarat memperpanjang STNK di Samsat Drive Thru

Untuk syarat itu sendiri sebenarnya sangatlah mudah asalkan semua informasi dari BPKB, STNK, dan KTP memiliki nama yang sama. Berikut syarat memperpanjang STNK di Samsat Drive Thru:

  • Identitas asli berupa KTP (atau SIM)
  • BPKB asli dengan nama sesuai identitas
  • STNK asli dengan nama sesuai identitas
  • Tidak melayani kendaraan blokir
  • Hanya bisa dilakukan bila pemilik kendaraan sesuai identitas hadir (tidak dapat diwakilkan)
  • Kendaraan yang sesuai dengan BPKB dan STNK hadir
  • Bawa uang cash!

Jadi, intinya adalah orang dan kendaraan yang informasi pemilik dan kendaraan yang ada BKPB harus hadir di loket Samsat Drive Thru. Tidak bisa diwakilkan ataupun menggunakan kendaraan lainnya.

Syarat Perpanjang STNK Drive Thru-min

Biaya perpanjangan STNK di Samsat Drive Thru

Untuk biaya itu sendiri sebenarnya enggak ada bedanya, riders. Jadi apa yang kalian bayar kalo dengan proses seperti biasa ataupun via Drive Thru akan sama aja.

TInggal dikira-kira aja itungannya dari angka di STNK dan juga apakah ada kendaraan yang bertambah di Kartu Keluarga punya riders.

Kenapa biayanya harus dikira-kira?

Karena sistem pembayaran STNK di Drive Thru hanya bisa menggunakan cash! Tidak bisa debit card apalagi cicilan kartu kredit ya! 😛

Proses dan lama waktu perpanjangan STNK di Samsat Drive Thru

Mungkin beberapa riders yang baca ini pernah ngalamin rasanya proses perpanjangan STNK secara norma, yaitu parkir, masuk ambil formulir, isi formulir, ngantri, cek data, ngantri, bayar, ngantri, baru jadi STNK. Proses yang panjang dan terkadang makan waktu yang lama! (plus ngantrinya juga panjang).

Nah dengan adanya sistem perpanjangan STNK di Drive Thru ini, prosesnya jadi bener-bener mudah dan cepat. Gimana ga mudah? Riders tinggal dateng ke loket Drive Thru dengan membawa motornya langsung (kayak di McD), pas sampe tinggal kasih surat-surat dan identitas yang diperlukan, bayar, dan langsung cetak di tempat. Diluar antrian, proses tersebut hanya makan waktu sekitar 3-5 menit (apalagi kalo biaya sampe jutaan, perlu waktu untuk ngitung duitnya).

Perpanjang STNK di Samsat Drive Thru-min

Keuntungan perpanjang STNK di Samsat Drive Thru

Secara hasil akhir sih sama-sama aja, yaitu STNK yang diperpanjang. Lalu dari segi biaya pun gada bedanya. Tetapi, yang jelas berbeda dan sangat menguntungkan adalah efisiensi proses dan waktu yang dilalui untuk perpanjangan STNK kendaraan.

Memang sih ga semua orang memalui proses ini, karena mungkin aja kendaraannya lagi ga dibawa, atau sedang diwakilkan oleh pihak keluarga/teman, jadinya mau ga mau harus melalui proses normal. Tapi kalo semua syarat di atas bisa dipenuhi, Inside Helmet sih recommend banget untuk riders perpanjang STNK via Samsat Drive Thru ini.

Selain itu, untuk perpanjangan pajak plat atau proses balik nama belum bisa dilakukan di loket, karena ada beberapa proses pengecekan yang harus dilakukan.

Gimana buat riders yang pernah pengalaman perpanjang STNK di Drive Thru? Apakah punya pengalaman unik? Yuk share juga di bagian komentar yaa.

 

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here