Cara Mudah & Cepat Menghilangkan Baret Pada Helm dan Motor

0

Hello lagi riders! Kali ini Inside Helmet mau berbagiĀ tips lagi nih buat perawatan barang-barang kesayangan kita buat riding, yaitu yang pertama adalah motor yang kita kendarai, yang kedua adalah helmnya riders, dan tipsnya adalah cara mudah & cepat menghilangkan baret pada helm dan motor!

Cara menghilangkan baret pada motor

Nah biasanya, yang namanya juga dibawa kemana-mana, ada-ada aja itu kerikil atau benda lain yang bisa tiba-tiba bersentuhan dengan motor dan helm kita, entah dengan kecepatan tinggi atau biasa saja. Atau mungkin memang kita tidak sengaja membaret helm atau motor kita dengan benda apapun itu.

Dari pengalaman saya sendiri, kalo helm biasanya “bocel” atau baret biasanya memang karena ada batu-batu kecil yang mental kena helm. Selain itu juga pernah abis makan di warung Indomie, udah pake helm, bangun dari tempat duduk eh kena kayu di atasnya. šŸ™

Kalo yang baret di Gex, alias Suzuki GSX-R600 2008 punya Inside Helmet, biasanya sering banget baret di bodi belankang si Gex gara-gara bodinya yang cukup besar dan sering enggak sengaja ketendang waktu lagi naik atau turun. šŸ™

Gimana nih kalo uda baret seperti itu? Ini dia tips menghilangkan baret pada helm dan motor riders, yuk kita simak cara-caranya di bawah ini!

Cek Dulu Jenis Baretan Yang Ada Pada Motor atau Helm Riders

Pertama-tama, biar enggak PHP-PHP amat, riders wajib kudu lihat jenis baretannya. Apakah bener baret atau cuma kotor aja? Ini cukup dibersihkan dengan lap basah (yang hangat). Atau kalo jenis baretnya terlalu dalam atau malah retak? Ini rasanya agak sulit dan harus melakukan treatment yang lebih (nanti saya jelaskan di bagian bawah).

Cek Baretan Pada Helm
Cek dulu beneran baret apa kotor riders!

Cara cek dalam atau tidaknya, cukup riders raba-raba di bagian gores itu, nanti pun akan terasa kedalamannya. Jika tidak begitu dalam, itu akan dengan mudah bisa dikembalikan lagi warna cat motornya. Tapi jika agak dalam, mungkin catnya bisa dikembalikan, tetapi baretannya akan tetap terasa jika diraba atau dilihat dari jarak dekat.

Baca Juga: 9 Cara Mudah Mencuci Helm Motor di Rumah

Kalo Beneran Baret & Tidak Begitu Dalam, Siapkan Compoundnya!

Nah, kalo riders uda ketemu baretnya yang mana, cukup siapkan rubbing compound dan lap micro-fiber. Guna rubbing compound adalah untuk mengembalikan warna cat motor tersebut dan juga meratakan bagian baret yang tidak begitu dalam.

KIT Rubbing Compound dan Micro Fiber

Agak berbeda dengan wax, karena wax lebih bertujuan untung menghidupkan lagi warna asli cat tersebut jadi lebih terang dan lebih hidup. Ibarat kalo di kamera, jadi lebih Ultra HD gitu riders! Haha.

Kalo micro-fiber digunakan untuk ngelap compoundnya, dan micro-fiber itu sangat direkomendasikan karena tidak membuat catnya makin baret. Jadi jangan pake handuk atau kain lain ya!

Untuk saya sendiri, biasanya menggunakan KIT Rubbing Compound denganĀ harga sekitar 12ribu-15ribu yang bisa riders beli di supermarket seperti Carrefour. Lap micro-fiber juga dapat ditemukan di Carrefour di area yang sama dengan KIT Rubbing Compound.

Tapi kalo riders lagi ingin beli compound online, bisa juga dicoba yang lebih bagus dari merk Body Compound atau Turtle Wax yang bisa kalian cek di linknya masing-masing. Walaupun buat mobil, tapi bisa digunakan untuk motor kita juga. šŸ™‚

Cara Menghilangkan Baret Dengan KIT Rubbing Compound

Mari kita mulai bagian yang menarik! Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jangan lupa disiapkan rubbing compound dan micro-fibrenya ya.

Cara menghilangkan baret pada helm

Sebelum mengoles compoundnya, alangkah baik bagian helm atau motor yang baret dibersihkan dahulu agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel, karena jika ada bisa jadi bikin tambah baret nanti.

Jika sudah dibersihkan, ambil sedikit dan oleskan rubbing compound tersebut tergantung dari seberapa besar / dalam goresan di permukaan helm atau motor riders. Jangan lupa untuk mendiamkan sejenak agar compound lebih kering dan menempel.

Tips menghilangkan baret helm

Ambillah micro-fiber dan gosoklah di bagian yang sudah riders tempelnya rubbing compound dengan agak ditekan pelan.Ā Gosok satu arah atau berputar? Bebas riders aja enaknya gimana, karena saya juga enggak ngerasain bedanya apa (correct me if I’m wrong).

Jika masih ada baretannya, bisa dilakukan 1 kali oles dan gosok lagi untuk lebih memudarkan goresan di motor atau helm riders. Jika sudah selesai, diamkan sejenak agar kering dan setelah itu jangan lupa dibilas air bersih dan juga di lap micro-fiber yang bersih.

Cara menghilangkan goresan helm KYT

Bagaimana Jika Baretannya Dalam atau Malah Retak?

Kalo bodi motor riders ternyata baretnya agak dalam atau malah retak, tentunya tidak dapat dengan mudah dihilangkan dengan compound walau sudah digosok berkali-kali.

Untuk kondisi yang seperti ini akan lebih complex, karena pertama-tama jika bodi tersebut retak, riders harus mengelem bagian belakang bodi yang retak tersebut dengan lem dan fiber.

Setelah itu untuk bagian baret di depannya, riders harus mengamplas bagian yang retak tersebut dan diratakan dengan dempul yangĀ lalu dicat kembali dengan warna yang sama (Pilox pun bisa kalo ada warnanya).

Mudah Bukan, Tapi Jangan Lupa Hal Ini Riders!

Tidak disarankan menggunakan rubbing compound terlaluĀ sering, karena dapat merusak dan memudarkan warna helm atau motor itu sendiri! Jadi jika riders sudah sering menggunakan rubbing compound, alangkah baiknya sekali-kali dicoating lagi biar tidak hilang warnanya.

Tips menghilangkan goresan pada motor

Begitulah riders, cara yang cukup mudah & cepatĀ untuk merawat helm dan juga motor riders yang mungkin sekali-kali tidak sengaja jadi baret.

Melihat barang kesayangan kita ada sedikit lecet pastinya tidak menyenangkan, dan tips menghilangkan baret ini bisa kalian coba untuk mempercantik barang-barang tersebut itu lagi.

Nah kalo misalkan mau dibuat warna yang lebih mengkilap, riders bisa pake 3M Moto Wax. Bersihkan dulu motor dari kotoran dan debu, abis itu semprot deh 3M Moto Waxnya dan dilap secara merata.

Jika riders punya pertanyaan atau input yang bisa membatu riders lain, jangan lupa dicomment di bawah ini ya.Ā Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here