Cara Mengetahui Kondisi & Umur Ban Motor?

6

cara cek ban motor

Setiap motor pasti memiliki bagian-bagian motor yang harus sering kali dilakukan pengecekan. Pengecekan itu dilakukan agar saat riding pun kita menjadi lebih nyaman dan yang pasti lebih aman.

Dari bagian lampu, ban, pengereman, kelistrikan, oli, hingga mesin memerlukan perawatan yang maksimal sehingga kondisi motor pun selalu sehat. Salah satu bagian pada motor yang perlu kita cek secara rutin adalah ban motor kita. Karena ban motor merupakan bagian yang langsung berhubungan dengan jalanan.

Hal seperti ini terkadang tidak terlalu dihiraukan oleh rider-rider terutama pada motor yang digunakan oleh sehari-hari. Lantas, apa sih yang bisa terjadi kalau ban motor botak?

Biasanya ban jadi lebih licin, dan saat belok / cornering, memiliki resiko tinggi untuk tergelincir terutama pada permukaan jalan yang basah. Maka dari itu, jangan sampai disepelekan ya untuk umur ban motor kita.

Bagaimana Cara Mengetahui Kondisi Ban Kita?

Ban botak pastinya bukan berarti ‘rambut-rambut’ yang dipinggir ban motor itu hilang, tapi sudah sampai seberapa tipis ban tersebut digunakan. Nah, kapan riders harus mengganti ban motor? Berikut adalah cara mengetahui umur ban motor kita.

1. Temukan simbol segitiga yang ada di pinggiran ban.

twi ban motor (thread wear indicator)

Ternyata tanda ini bukan hanya sekedar hiasan, tapi merupakan indikasi tempat kita melakukan pengecekan apakah ban sudah mulai terkikis habis yang disebut dengan Trade Wear Indicator (TWI). Mulailah mencari simbol segitiga ini untuk menemukan indikator kondisi ban berikutnya.

UPDATE Dari Bro Yudi Prasetio di Grup FB Cornering Indonesia

Ternyata bukan hanya tanda segitiga seperti di atas, tetapi juga tulisan TWI atau logo pabrikan pembuat ban tersebut.

2. Temukan tonjolan di bagian alur ban.

cara cek ban botak di motor

Di sekitar arah simbol segitiga tersebut, riders bisa menemukan sebuah tonjolan kecil. Riders bisa menggunakan kunci motor atau jari (kalau muat) untuk mencarinya. Lokasinya tidak harus tepat di titik arah simbol segitiga, jadi harus sedikit mencari-cari juga ya.

3. Lihat seberapa jauh jarak antara tonjolan dengan bagian luar ban.

cara cek twi ban motor

 

Nah kalau sudah ketemu tonjolannya, riders bisa langsung mengecek kondisi ban motor dengan cara melihat jarak antara tonjolan kecil tersebut dengan bagian luar ban motor riders. Pada umumnya ketebalan TWI atau tonjolan di ban motor itu adalah berkisar 1.6 – 2mm (thanks om Yudi Prasetio dari Grup FB Cornering Indonesia!).

Kalau ban baru, jaraknya masih jauh/dalam, jika ban motor sudah terkikis habis, maka jarak tonjolan dengan ban luar motor akan semakin mendekat.

Kalau sudah tipis apalagi sudah sejajar, sebaiknya diganti segera riders! Beli ban motor bisa dengan berbagai cara, bisa riders beli di penjual atau bengkel yang menyediakan, atau beli ban motornya online terus cari bengkel deket rumah deh.

Next! Bagaimana Cara Mengetahui Umur Ban Kita?

Ban punya umur? Betul, ternyata ban motor kita memiliki kadaluarsanya sendiri. Karena ban motor terbuat dari bahan karet, maka jika sudah terlalu lama (terutama sering di dalam kondisi panas), maka perlahan permukaan ban akan retak sedikit demi sedikit.

Umur ban kurang lebih sekitar 3-4 tahun, maka dari itu jangan terlalu dipaksakan jika sudah lebih dari 4 tahun karena akan membayakan diri kita sendiri nantinya. Nah, gini lho cara tau umurnya ban kita;

cara cek tanggal pembuatan ban motor

Pada gambar tersebut, ada 4 digit angka yang dilingkari sedemikian rupa. Cara membaca kode ban motor tersebut adalah 2 digit di depan merupakan minggu pembuatan, dan 2 digit di belakang merupakan tahun pembuatan.

Nah, kalo seperti ini contoh angkanya adalah 1614, artinya dibuat pada minggu ke-16 pada tahun 2014. Jika ban sudah mulai mencapai umur ke 4, lebih baik diganti saja riders. Atau kalau mau beli ban (baru ataupun bekas) umurnya udah ketuaan, jangan mau dipatok harga tinggi yah. 🙂

Yang pasti, ban merupakan komponen yang sangat penting pada motor, maka dari itu sering-seringlah melakukan pengecekan tidak hanya pada kondisi ketipisan dan umurnya, tapi juga tekanan angin hingga benda-benda yang menempel pada ban.

Nah, kalo ban motor riders udah mulai botak (tipis) atau mulai retak karena umurnya, boleh dicoba salah satu penjual ban yang cukup terkenal seperti Planet Ban yang lokasinya sudah tersebar dimana-mana atau Rumah Ban Motor di Lebak Bulus yang menjual ban untuk segala jenis motor.

Tapi kalo rides juga lagi mencari tau gimana cara cek ban mobil, bisa kalian baca di sumber yang satu ini! Mirip-mirip lah kurang lebih antara ban motor dan mobil. Enjoy and Ride Safely guys!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here