Ngantuk? Bahaya Bro.. Lakuin Hal Ini Deh Biar Seger!

0

Cara Menghilangkan Ngantuk Saat di Jalan

Biasa, yang namanya abis begadang semaleman karena lembur kerja, main game, nonton bola, ato ngumpul bareng temen, pagi hari merupakan musuh utama para riders nih. Karena bangun pagi rasanya suntuk banget saking kurangnya jam tidur malam. Tapi, ya namanya juga harus pergi di pagi hari untuk kuliah atau ke kantor, harus dipaksa juga deh. Nah, hati-hati juga ni sama situasi seperti ini, karena biasanya riders bisa merasa ngantuk di tengah jalan. (Apalagi kalo jalanan macet, jalan stop jalan stop udah kayak bayi ditimang. Hahaha)

Sayangnya, ngantuk di tengah jalan itu beda banget ama ngantuk di atas kasur. Kalo di kasur tinggal bablas nyenak tidur, tapi kalo di jalan? Berbahaya banget bro! Riding itu butuh konsentrasi penuh (saya aja yang konsentrasi bisa nyium mobil box juga…), jadi yang namanya merasa ngantuk sedikit pun, riders harus melakukan sesuatu biar at least lebih seger dan bisa berkonsentrasi kembali.

Lalu, cara apa saja yang bisa dilakukan oleh riders untuk menghilangkan rasa ngantuk saat perjalanan?

Stretching di tengah perjalanan membantu menghilangkan ngantuk

1. Berhentilah sejenak dan lakukan peregangan.

Badan kalian butuh sedikit pergerakan! Di tengah macet, mau di mobil maupun motor, gerakan apa aja sih yang bisa riders lakukan? Rata-rata pasti konstan dan enggak bebas. Di saat itu badan kita merasa ‘numb’, bisa dibilang juga bosan. Maka dari itu, cobalah parkir di suatu tempat seperti pom bensin, turun dari kendaraan, lalu melakukan sedikit peregangan diikuti pernapasan yang teratur. Dijamin jadi lebih segar lagi karena darah di dalam tubuh  melangir lebih cepat ke seluruh tubuh, jantung dipacu lebih cepat, dan udara bersih mengganti udara polusi yang sudah masuk ke dalam tubuh riders. Gratissss! (Kecuali pipis, kadang ditagih. Hahaha.)

Makan Permen Manis atau Asem Untuk Menghilangkan Rasa Kantuk

2. Sediakan permen untuk menghilangkan rasa ngantuk

Yaa, enggak ada salahnya beli beberapa permen yang harganya bisa dikatakan murah (asal bukan permen Warhead) tapi bisa menemani waktu anda di atas motor. Sambil ngunyah-ngunyah rasa manis / asemnya permen membantu kita lebih melek lagi. Rekomendasi saya si, permen yang asem aja, dijamin langsung seger! 😛 Tapi jangan terlalu banyak juga ya, nanti malah jadi sakit gigi. Taruhnya bebeapa permen di jaket yang Anda pakai, jadi saat dibutuhkan, tinggal mengambilnya di dalam jaket riders.

Stop di Mini Market Untuk Sekedar

3. Mampir ke mini market, setidaknya berjalan-jalan sebentar

Selain dengan melakukan peregangan badan dan juga memakan permen, cara ketiga ini juga patut dicoba kalau riders sering melewati mini market seperti Alfamart, Indomaret, Circle K, Lawson atau Seven Eleven. Tidak perlu membeli, hanya sekedar jalan-jalan melihat-lihat pun membuat kita menjadi lebih segar. Lumayan juga, dikala sedang macet parah dan tubuh kita butuh beristirahat sejenak, riders bisa menyedu kopi atau teh hangat, relaksasi walau hanya 10-15 menit saja pun sudah cukup.

Inget! Jangan dipaksa kalo ngantuk di jalan, karena riders kan pastinya juga enggak mau ada kecelakaan yang merugikan diri kita dan juga orang lain. Mendingan beli permen yang harganya Rp1,000 atau beli minum seharga Rp7,000 – Rp10,000 daripada nanti kecelakaan bisa jadi juta-jutaan deh keluarnya. Kira-kira riders ada tips lain untuk menghilangkan rasa ngantuk di jalan? Share yuk di sini! Enjoy and Ride Safely!

Note: Hari ini gambar lucu kan? Lumayan ganti suasana dikit biar seger jadi enggak ngantuk. 🙂
Source: http://www.corbisimages.com/

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here