Cara Mudah Membuat SIM Internasional

0

Hello riders, kembali lagi nih di Inside Helmet, dan kali ini kita akan ngebahas tentang cara membuat SIM Internasional karena kebetulan kemarin baru aja bikin buat SIM Mobil.

Nah, SIM Internasional itu adalah sebuah izin mengemudi yang membuat kita diperbolehkan membawa kendaraan tertentu (sesuai yang kita ajukan) di luar negeri.

Tentunya sebelum punya SIM International harus punya SIM Indonesia dulu ya, terlebih pada tipes SIM yang ingin dikendarai.

Pembuatan SIM Internasionalnya ini terletak di Korlantas Polri SIM Internasional yang ada di Jalan MT. Haryono No.37-38, RT.8/RW.2, Cikoko, Pancoran, South Jakarta City, Jakarta 12770, nah yang mau bikin monggo dicek di Google Maps ya.

Apa aja yang dibutuhkan untuk membuat SIM Internasional?

Dikutip dari informasi Divisi Humas Polri, berikut adalah syarat-syarat yang harus dipersiapkan sebelum pergi ke gerai SIM Internasional ya:

  1. KTP asli & Foto copy (1 LEMBAR). Utk WNA, bawa KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) asli & Foto copy, 1 LEMBAR (KITAS tidak dilayani)
  2. SIM Nasional asli yang masih berlaku & Foto copy (1 LEMBAR).
  3. Passport asli yang masih berlaku & Foto copy (1 LEMBAR)
  4. Pas Foto berwarna terbaru ukuran 4×6 warna latar belakang Foto biru (untuk Pria berdasi & Wanita menggunakan Blazer) (4 LEMBAR)
  5. Materai Rp 6.000,- terbaru (1 LEMBAR)
  6. Berdasarkan PP 50 Tahun 2010, Pembuatan SIM Baru : Rp. 250.000,-. Perpanjangan SIM : Rp. 225.000,-
  7. Bagi WNA Staff kedutaan wajib disertakan KITAP atau KTP atau ID Korps Diplomatik seta melampirkan surat rekomendasi dari kedutaan.

Informasi tambahan untuk pembuatan SIM Internasional

  1. WNA yang ingin mengendarai kendaraan di Indonesia cukup membuat SIM nasional Indonesia di Satpas Polda setempat.
  2. Pemohon wajib hadir untuk mengisi formulir pendaftaran, tanda tangan, foto, dan sidik jari untuk database Polri. TIDAK DAPAT DIWAKILKAN.
  3. Persyaratan pemohon SIM internasional WAJIB LENGKAP demi kelancaran proses pembuatan SIM internasional (+/- 15 menit atau langsung jadi).
  4. Persyaratan PERPANJANGAN SIM internasional SAMA DENGAN BUAT BARU, dengan membawa SIM internasional yang lama.
  5. Masa berlaku SIM internasional selama 1 (satu) tahun terhitung dari tanggal pembuatannya.
  6. Lokasi pembuatan: Korlantas Polri Jl. MT Haryono Kav 37-38, Jakarta 12770
  7. Pelayanan SIM Internasional buka dari Senin-Jumat dari jam 08.30-15.00 WIB. Libur untuk hari Sabtu-Minggu dan hari-hari besar lainnya.
  8. Untuk Informasi lebih jelas silahkan menghubungi Telp: 021-500669 atau SMS : 9119

Nah, setelah semuanya sudah riders persiapkan, baru deh datang ke sana. Kalo datengnya dari Jalan MT Haryono, riders harus masuk agak ke dalam lagi sampai ketemu tulisan “SIM Internasional”.

Tenang, di sini disediakan parkir mobil dan motor khusus pengunjung jadi ga perlu bingung ya (walau agak sedikit padet).

Yuk simak cara membuat SIM Internasional:

Kalo uda sampai, jangan lupa mengambil nomor antrian yang ada di depan ruangan SIM Internasional ya. Waktu itu pas Inside Helmet dateng ke sana sih kebetulan enggak ada yang jaga di tempat ambil nomor antrian, jadinya liat-liat mesin nomor antriannya ya.

Berikut cara dan proses membuat SIM International:

  1. Ambil nomor antrian, dan berikan kepada petugas yang ada di dalam
  2. Lakukan registrasi dengan mengisi form yang diberikan petugas
  3. Isi form dan juga siapkan beberapa dokumen seperti
    • SIM asli + fotokopi
    • KTP asli + fotokopi
    • Pasport asli + fotokopi
    • Pas foto ukuran 4×6 background biru (3 lembar)
    • Materai Rp6.000
    • Khusus WNA harus menyertakan KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap)
  4. Setelah dilengkapi, kita harus melakukan pembayaran sebesar:
    • Untuk Pembuatan Baru: Rp250.000
    • Untuk Perpanjangan: Rp225.000
  5. Nah, tinggal menunggu untuk petugas SIM Internasional melakukan entry data dan pengecekan kelengkapan yang sudah diberikan
  6. Jika nama kita dipanggil, datangi bagian identifikasi untuk pengambilan foto dan sidik jari
  7. Tidak lama setelah proses identifikasi, SIM International kita udah bisa dibawa pulang

Dan yang melegakan dari proses-proses ini adalah hanya dilakukan waktu kurang dari setengah jam. Untuk Inside Helmet sendiri kebetulan karena datang awal-awal belum ada antrian, jadinya total hanya sekitar 10 menit udah jadi!

Begitulah riders, cara mudah untuk bikin SIM Internasional. Proses ini berlaku untuk SIM jenis apapun ya, dan nanti akan ada 1 booklet dan akan diberi tanda yang mana aja riders memiliki izin mengemudi di luar negeri. Tapi untuk setiap jenis kendaraan bayarnya ya masing-masing.

Misalkan riders ingin bawa mobil dan motor di luar negeri, berarti biaya pembuatan SIM Internasional adalah Rp250.000 + Rp250.000 alias Rp500.000.

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here