Cara Membuat Blog Motor

2

Cara Membuat Blog Motor.

Hello riders! Kalo biasanya ngomongin soal motor dan riders, kali ini saya mau nulis sesuatu yang agak berbeda. Masih ada relasinya sedikit sama motor, tapi konten kali ini bisa digunakan pada umumnya untuk topik apapun. Yuk kita bahas bagaimana cara membuat blog motor!

Blog motor pada umumnya sama saja seperti blog-blog lainnya, seperti blog pribadi, blog teknologi, blog kecantikan, ataupun blog tentang ilmu pengetahuan. Yang membedakan memang hanya konten yang disajikan dan mungkin ada beberapa peralatan yang memang digunakan untuk topik-topik tertentu.

Nah, buat riders yang sering baca blog seperti Inside Helmet atau blog-blog motor lainnya seperti di konten yang pernah ditulisa sebelumnya, mungkin beberapa dari kalian ada yang kepikiran juga untuk membuat sebuah blog. Langsung aja kita bahas yuk cara bikin blog motor ala Inside Helmet!

Kenapa Blog? Dan Kenapa Bukan Vlog?

Kalo bicara trend, sekarang ini memang lagi ngetrend sama yang namanya vlogging (atau motovlogging). Vlog sendiri konsepnya sama seperti blog, yaitu menyajikan informasi yang kita buat, tetapi perbedaannya hanya dalam bentuk yang “dikonsumsi” oleh viewernya.

Vlog, atau Video Blog, adalah sebuah metode yang dilakukan oleh beberapa orang untuk sharing informasi dengan bentuk video yang biasanya diupload di situs video sharing seperti YouTube.

Nah kalo blog sendiri adalah metode yang dilakukan oleh beberapa orang, termasuk Inside Helmet, untuk membagikan informasi dalam berbagai bentuk seperti tulisan, gambar / infografis, audio, ataupun video! Jadi vlog bisa digabungkan ke dalam blog dong? Bisa! Tapi blog biasanya menggunakan video sebagai referensi.

Peralatan Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Blog

Blog development, bahasa kerennya dari membuat blog, membutuhkan peralatan yang cukup simple jika riders mau memulainya dari kecil. Memulai dari kecil pun sangat direkomendasikan agar riders dapat membiasakan diri dan berlatih dengan dunia blogging pada umumnya.

Jadi, peralatan apa yang harus disiapkan oleh riders jika ingin membuat blog motor?

Motor

Kalo ini mah jelas dong ya, mau ngeblogging tentang motor tentunya riders butuh motornya dulu! Soalnya dengan motor itu bisa dibuat jadi berbagai konten seperti konten how-to, review, atau sekedar sharing foto-foto motor kesayangan kalian. Enggak usah pusing juga tentang motor apa yang kalian gunakan, yang penting motor dan kalian nyaman!

Komputer / Laptop

Nah kalo komputer atau laptop tentunya digunakan untuk mengumpulkan foto-foto dan membuat konten yang akan riders publish di blog riders. Tidak perlu yang canggih-canggih, asalkan mempunyai disk space yang mencukupi (untuk menyimpan foto) dan kalo bisa yang enggak begitu berat. Kalo bicara laptop terbaik buat blogging motor, biasanya orang akan menjawab Macbook Air. Lightweight buat dibawa kemana-mana dan nyaman buat ngetik!

Koneksi Internet

Enaknya blogging itu salah satunya adalah internet yang riders gunakan tidak perlu yang kenceng-kenceng amat, yang penting stabil aja. Karena konten yang riders upload tidak akan beratus-ratus Megabyte tidak seperti vlogging. Boleh pake wifi di rumah, di cafe, di kantor, ataupun portable wifi seperti Bolt.

Handphone / Kamera

Buat hal ini, riders tidak perlu dipaksakan membeli kamera yang harganya jutaan, tapi sesimple bisa menggunakan kamera yang di smartphone riders! Rata-rata sekarang handphone kan udah smartphone dan otomatis ada kameranya, dan terkadang kamera handphone juga tidak kalah bagus kok dibanding kamera digital, DSLR, atau mirrorless.

Domain & Hosting

Apaan tuh? Mungkin bukan bahasa yang kebanyakan riders mengerti, tapi domain & hosting adalah komponen penting agar para pembaca bisa membuat blog riders via Internet. Domain & hosting ibarat sebuah alamat dan rumahnya.Domain yang biasanya berbentuk seperti www.insidehelmet.com adalah alamat website yang dapat diakses via Internet. Kalo hosting sendiri merupakan sebuah server (tempat penyimpanan) di mana konten, gambar, dan video yang riders ingin posting akan disimpan di situ.

Domain dan hosting sendiri untuk blog motor tidak perlu yang mahal-mahal, riders bisa memilih beberapa paket yang murah atau malah gratis kalo mau menggunakan WordPress.com atau Blogspot.com.

Cara Membuat Blog Motor

Mari kita mulai masuk ke bagian yang seru nih, tutorial cara membuat blog motor. Yang pasti pertama-tama riders harus menyiapkan website itu sendiri sebelum membuat sebuah konten.

Ingat soal domain & hosting? Untuk membuat sebuah website atau blog yang dapat diakses oleh banyak orang via Internet, riders harus memikirkan dahulu soal domain & hosting, dan di sini ada 2 pilihan yang bisa riders pilih antara gratis atau berbayar.

“Kalo gitu mending gratis dong?” Tentunya ada pro dan kontra untuk hal tersebut.

Kalo mau yang gratis, bisa langsung daftar di WordPress.com atau Blogspot.com. Riders tidak akan dikenakan biaya apapun, tetapi fitur yang riders dapatkan cukup terbatas. Domain pun wajib harus ada wordpress.com-nya (contoh: insidehelmet.wordpress.com atau insidehelmet.blogspot.com).

Berbeda dengan yang berbayar, fitur dan setting yang bisa riders lakukan jauh lebih banyak dari yang gratisan, tetapi mungkin butuh waktu yang lebih lama dalam pembuatan websitenya. Biaya pun bisa mulai dari Rp200,000 per tahun!

Setelah melakukan setting terhadap blog (yang biasanya adalah tema / design, kategori, dan juga pilihan menu), riders sudah siap menulis konten tentang motor.

Cara Membuat Konten Blog Motor

Setelah website sudah siap, kini saatnya riders membuat konten motor. Jenis-jenis konten pun bisa dibagi ke beberapa macam seperti:

  • Review
  • How-to
  • Tips
  • Berita & update
  • Sharing pengalaman pribadi tentang riding

Jadi bisa berbagai macam topik yang bisa kalian bahas! Mulai dari mana? Mulai lah dari topik yang riders lebih kuasai. Seperti contohnya review motor riders sendiri yang di mana sudah digunakan dan riders pun punya penilaian tersendiri.

Atau mungkin juga menulis tentang how-to (cara) yang riders ketahui seperti cara cek ban motor, cara menghilangkan baret, atau cara mencuci helm.

Jangan takut jika tulisan riders belum bagus, karena itulah yang dirasakan oleh semua pemula di berbagai bidang apapun! Pasti ada momen di mana riders harus banyak-banyak latihan terlebih dahulu.

Toh konten itu bisa riders edit kapan pun kalian mau, bisa diperbaiki!

Publikasikan Konten Blog Motor Riders

Setelah website sudah siap dan konten sudah riders tulis, kini saatnya mempublikasikan blog atau konten riders kepada orang-orang, karena inilah cara pertama yang mudah untuk mendatangkan traffic ke dalam website.

Tetapi sebelum itu, saya menyarankan untuk mengisi blog dengan setidaknya 10 konten terlebih dahulu. Kenapa? Karena jika ada pengunjung datang, mereka tidak hanya bisa baca 1 atau 2 konten, tapi punya banyak pilihan konten untuk dibaca.

Berikan link blog riders kepada club, komunitas, teman, ataupun bagikan ke social media. Yep! Koneksi terdekat adalah pembaca pertama yang riders harus dapatkan, dan mereka pun juga bisa memberikan masukan agar konten / blog riders bisa jadi lebih baik.

Tenang, Inside Helmet Enggak Merasa Tersaingi

Mungkin ada yang bertanya-tanya, kenapa Inside Helmet sharing cara membuat blog motor? Bukannya jadi saingan?

Saya melihatnya adalah semakin banyak orang sharing tentang motor, makin banyak informasi yang dapat dengan mudah ditemukan oleh orang-orang. Bukan kompetitor, tapi bisa jadi partnership dan relasi baru lho!

Jadi, mau coba bikin blog motor? Monggo riders!

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

2 COMMENTS

  1. Ane dulu juga bikin blog karena ikut-ikutan. Sekarang jadi malah jadi hobi. Sekalian belajar soal ngulik wordpress, social media, and other stuff.

    Kalau dilihat, memang awal-nya masih meraba-raba dan agak kagok. Tapi kesini-nya, jadi punya karakter sendiri. Rata-rata blogger itu punya gaya-nya masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here