Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Yamaha Xeon

0

Yamaha Xeon RC

Hola riders, selain dari nomor rangka Yamaha Mio Soul GT, sekarang Inside Helmet mau kasih tau juga letak nomor mesin dan nomor rangka Yamaha Xeon ya.

Buat riders yang punya motor Yamaha Xeon, pasti akan melakukan antara balik nama kendaraan bermotor dan perpanjangan STNK 5 tahunan.

Maka dari itu, nomor rangka & nomor mesin menjadi hal penting untuk dipahami lokasinya, lalu gimana cara untuk mengetahui lokasi nomor-nomor tersebut, yuk mulai di baca konten ini riders!

Letak Nomor Rangka Yamaha Xeon

Lokasi Nomor Rangka Yamaha Xeon

Letak nomor rangka Yamaha Xeon sendiri ada di tempat yang sama dengan lokasi nomor rangka pada motor matic pada umumnya.

Nomor rangka motor dari Yamaha Xeon dapat kalian temukan dengan mudah di bagian belakang motor sewaktu membuka jok, dekat dengan pegangan untuk penumpang. Caranya mudah banget seperti pada gambar yang Inside Helmet berikan di atas!

Letak Nomor Mesin Yamaha Xeon

Lokasi Nomor Mesin Yamaha Xeon

Tempat nomor mesin Yamaha Xeon ada di area bawah kiri motor. Agar mempermudah saat pengecekan, Inside Helmet sarankan untuk memarkirkan motor dengan standard tengah agar bisa lebih gampang dan nyaman untuk ngeceknya.

Jika motor riders dinaikkan ke standard 2, nomor mesin Yamaha Xeon bisa ditemukan di bawah bagian mesin sebelah kiri dekat dengan standard samping motor. Bagian ini terkadang kotor akibat tanah atau lumpur dari perjalanan, jadi coba gunakan lap atau tisu untuk membersihkan tempat nomor mesin tersebut.

 

Baca Juga: Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Yamaha Mio Soul GT

Apa Saja Fungsi Dari Nomor Mesin & Nomor Rangka Motor?

Pentingnya untuk mengetahui nomor mesin & nomor rangka bagi pemilik motor Yamaha Xeon adalah agar ke depannya 2 hal di bawah ini bisa dilakukan dengan informasi nomor rangka dan nomor mesin tersebut. Lalu, pentingnya untuk apa aja?

  1. Syarat utama dari perpanjangan STNK 5 tahun. Ketika riders harus mengganti plat 5 tahunan, polisi akan mengadakan pengecekan & penggosokan nomor rangka & nomor mesin motor terlebih dahulu agar menjadi tanda bahwa motor riders sesuai dengan yang tercatat di  STNK dan BPKB.
  2. Syarat penting untuk pribadi saat melakukan pencocokan nomor rangka & nomor mesin motor second sebelum pembelian. Dalam membeli motor second, riders disarankan untuk mengecek baik-baik nomor-nomor tersebut HARUS IDENTIK alias SAMA dengan yang ada di STNK dan BKPB! Bila nomor-nomor tersebut berbeda 1 digit pun, riders mending jangan ambil motor second tersebut walaupun harganya murah ya, takutnya motor curian!

Begitulah riders informasi tempat pengecekan nomor mesin dan juga nomor rangka motor Yamaha Xeon.

Biasanya untuk tipe motor dari merk yang sama dan tahun yang berbeda, letak dari nomor mesin dan rangka motor tetap sama.

Kalo ada spesifik motor yang ingin dibahas, share aja nomor rangka & nomor mesin motor kalian, monggo dikomen di bagian bawah biar Inside Helmet bisa buatin kontennya di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here