Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Yamaha Aerox 155 VVA

0

Hello semuanya, kembali lagi di Inside Helmet! Kebetulan gw baru aja ambil motor baru buat gantiin matic harian, dan gw mau sekalian mau share informasi tentang nomor mesin & nomor rangka Yamaha Aerox 155 nih!

Nomor Rangka & Nomor Mesin Yamaha Aerox 155 VVA

Jangan lupa, mengetahui letak nomor rangka dan nomor mesin itu penting untuk perihal balik nama kendaraan bermotor dan perpanjangan STNK 5 tahunan. Soalnya buat jadi bahan validitas bahwa motor ini sama dengan dokumentasi BPKB dan STNK.

Biasanya petugas di Samsat udah tau sih, tapi apa salahnya untuk bisa tau. Dan juga kalo lagi beli motor second, alangkah baiknya riders cek kelengkapan surat beserta kecocokannya dengan yang tertera pada motor.

Jangan-jangan abis engine swap! Hahaha.

Letak Nomor Mesin Yamaha Aerox 155

Untuk menemukan lokasi nomor mesin Yamaha Aerox 155, riders harus cek bagian bawah kiri motor. Biar gampang, riders disarankan menggunakan standard 2 biar motornya tegak dan nomor mesinnya lebih mudah keliatan.

Letak Nomor Mesin Yamaha Aerox 155 VVA

Dari situ, nomor mesin Yamaha Aerox 155 dapat dengan mudah ditemukan tepat di bawah mesin bagian sebelah kiri di dekat dengan lokasi standard motor. Kalo misalkan kotor, dibersihkan aja biar lebih keliatan yaa.

Letak Nomor Rangka Yamaha Aerox 155

Kurang lebih sama dengan motor-motor matic pada umumnya, letak nomor rangka motor Yamaha Aerox 155 ini ada di dalam jok motor. Kalo riders buka joknya, ada bagian yang bertuliskan VIN, di mana kalo kalian tarik maka riders bisa liat nomor rangkanya si Aerox.

Letak Nomor Rangka Yamaha Aerox 155 VVA

Gampang banget ngeceknya kan? Jangan lupa ditutup lagi ya tapi.

Baca Juga: Cara Cek Nomor Mesin & Nomor Rangka Suzuki Satria

Kegunaan Dari Mengetahui Nomor Mesin & Nomor Rangka Motor?

Bukan hal yang wajib, tapi disarankan untuk tau lokasi-lokasi dari nomor mesin dan nomor rangka dari motor, terutama untuk di konten ini pada motor Yamaha Aerox 155. Terus kalo udah tau, fungsinya buat apa tuh?

  1. Syarat pertama dari perpanjangan STNK 5 tahun adalah riders harus membawanya ke petugas di Samsat untuk melakukan cek fisik & cek kecocokan dari nomor rangka dan nomor mesin. Intinya nomor-nomor tersebut harus sesuai dengan yang ada di STNK dan BPKB, jadi sah bahwa itulah motor yang ingin diproses.
  2. Selain dari point nomor 1, sebenarnya pengecekan nomor mesin dan nomor rangka motor itu penting saat pembelian motor second riders. Misalkan riders lagi mau beli Yamaha Aerox 155 second, dan tentunya riders dateng untuk ngecek kondisi motor dong. Nah walaupun kondisi motor sudah cocok, tapi perlu diperhatikan juga riders kecocokan dari nomor rangka dan nomor mesin yang ada di motor dan di surat-surat resmi seperti BPKB dan STNK.

Terus kalo nomornya beda gimana? Bisa jadi motor Yamaha Aerox 155 itu motor curian atau motor kawinan. Hati-hati riders!

Begitulah riders informasi tempat pengecekan nomor mesin dan juga nomor rangka motor Yamaha Aerox 155.

Biasanya untuk tipe motor dari merk yang sama dan tahun yang berbeda, letak dari nomor mesin dan rangka motor tetap sama.

Kalo ada spesifik motor yang ingin dibahas, share aja nomor rangka & nomor mesin motor kalian, monggo dikomen di bagian bawah biar Inside Helmet bisa buatin kontennya di sini!

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here