Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Motor Suzuki Satria

2
Letak Nomor Rangka dan Nomor Mesin Suzuki Satria Fi150 2017 Hitam
Ganteng juga nih motor, sayang gada bagasinya kalo dipake buat harian. Hehe.

Hello riders, back again with Inside Helmet dan setelah sebelumnya pernah nulis cara cek nomor mesin dan nomor rangka Honda Vario, kali ini saya ingin membahas cara cek nomor mesin dan nomor rangka Suzuki Satria. Kebetulan lagi ada motor ini dan saya ingin juga sharing informasi kepada riders.

Patut diketahui oleh riders, lokasi pengecekan nomor-nomor ini dapat dilakukan di motor Suzuki Satria Fu yang lama ataupun Satria Fi yang baru.

Dengan kebutuhan balik nama motor dan juga perpanjang STNK 5 tahunan, tentunya nomor mesin dan nomor rangka motor menjadi hal yang sangat penting untuk diketahui, lalu gimana cara tau ada di mana lokasi nomor-nomor tersebut, yuk simak di bawah ini riders.

Di Mana Letak Nomor Mesin Motor Suzuki Satria?

Letak nomor mesin Suzuki Satria

Untuk lokasi nomor mesin Suzuki Satria, riders harus melihat ke bagian bawah motor. Disarankan riders untuk memarkirkan motor kalian dengan standard 2 sehingga bagian kiri motor dapat terlihat dengan baik.

Selain itu, saya juga merekomendasikan untuk dilakukan di tempat dengan alas yang rata dan halus seperti ubin, sehingga saat harus berlutut menengok ke bawah motor tidak akan menyakitkan.

Setelah itu, nomor mesin Suzuki Satria dapat ditemukan tepat di bawah mesin bagian sebelah kiri di dekat dengan lokasi standard motor. Bagian ini mungkin saja kotor tertutup kotoran dari perjalanan, jadi siapkan saja lap atau tisu untuk mengelap bagian tersebut.

Baca Juga: Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Motor Yamaha Nmax

Di Mana Letak Nomor Rangka Motor Suzuki Satria?

Letak nomor rangka Suzuki Satria

Untuk nomor rangka Suzuki Satria sendiri, lokasinya agak berbeda dengan motor matic seperti Honda Vario karena tidak berada di dalam jok motor.

Nomor rangka motor Suzuki Satria dapat dengan mudah riders lihat di stang motor bagian kanan seperti gambar di atas. Jauh lebih mudah untuk dicek dan disalin di kertas perpanjangan STNK!

Baca Juga: Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Motor Honda Vario

Fungsi Pengecekan Nomor Rangka dan Nomor Mesin Motor

Nomor-nomor terbilang cukup penting untuk diketahui oleh para pemilik motor Suzuki Satria, sehingga ke depannya hal-hal di bawah ini dapat dengan mudah dilakukan dengan informasi nomor rangka dan nomor mesin tersebut. Lalu, pentingnya untuk apa aja?

  1. Menjadi syarat perpanjangan STNK 5 tahunan saat riders mengganti plat motor (bukan ganti nomor lho ya). Biasanya proses ini dilakukan dengan penggosokan nomor rangka dan nomor mesin yang dijadikan bukti sah dari informasi motor tersebut yang sesuai dengan yang tertera di STNK dan BPKB.
  2. Menjadi acuan saat pengecekan motor second sebelum pembelian, mohon riders simak baik-baik bahwa nomor mesin dan nomor rangka ada di STNK, BKPB, dan di motornya itu sendiri HARUS SAMA PERSIS! Tidak kurang, tidak lebih, atau tidak beda satu digit pun. Tolaklah dengan tegas jika motor tersebut mencurigakan karena bisa jadi nomor rangka atau nomor mesin itu adalah tempelan atau dirusak atau sengaja diganti.

Nah begitulah riders, tempat melihat nomor mesin dan juga nomor rangka motor Suzuki Satria, tepatnya jika kalo Inside Helmet menggunakan Suzuki Satria 150 Fi tahun 2017 seperti pada gambar di atas.

Tetapi, harusnya untuk tipe motor dari brand yang sama walaupun dengan tahun yang berbeda, lokasi melihat nomor rangka dan nomor mesinnya tetap sama.

Share juga yuk riders nomor rangka dan nomor mesin kalian itu lokasinya ada di mana saja, monggo dikomen di bagian bawah biar Inside Helmet bisa tambah informasi itu di sini! Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here