Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Motor Honda Vario

0

Honda Vario 125 2012 Putih

Hello riders, back again with Inside Helmet dan kali ini saya ingin membahas sesuatu yang cukup ringan dan cukup mudah dilakukan oleh riders yang mungkin ingin memperpanjang STNK 5 tahunan atau ingin membeli motor second, yaitu cara cek nomor mesin dan nomor rangka motor Honda Vario.

Kenapa Honda Vario? Karena kebetulan contohnya yang ada untuk dicek ya si Honda Varionya Inside Helmet ini. 😛

Rata-rata untuk motor skuter atau matic harusnya lokasinya sama, dan mungkin akan berbeda lagi dengan motor seperti Suzuki GSX-R600 yang bentuk motornya sudah berbeda jauh.

Nah, yuk langsung aja kita cari lokasinya nomor rangka dan nomor mesin motor Honda Vario ini, disarankan dilakukan yang memiliki penerangan yang cukup ya, karena biasanya tidak terpampang jelas.

Di Mana Letak Nomor Mesin Motor Honda Vario?

Yang pasti bukan di blok mesinnya, riders! Jangan dikira mentang-mentang mesin terus langsung dicek mesinnya ya! 😛

Untuk Honda Vario sendiri, lokasinya ada di bawah CVT atau Continously Variable Transmission motor (dekat dengan standard 2 motor). Secara kasat mata akan agak sulit jika riders tidak menunduk karena lokasinya ada di bawah motor.

Lokasi Nomor Mesin Motor Honda Vario 125 2012

Untuk nomor mesin motor matic lainnya letaknya mungkin agak sedikit berbeda dengan Honda Vario, maka harus dicek di konten yang sesuai dengan motor riders!

Baca Juga: Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Motor Yamaha Nmax

Di Mana Letak Nomor Rangka Motor Honda Vario?

Nah, kalo misalkan untuk cek nomor mesin Honda Vario harus sampai jongkok-jongkok karena ada di bawah CVT, berbeda dengan nomor rangka motor Honda Vario.

Cukup dengan membuka jok motor, nomor rangka sudah dengan mudah terlihat di bagian belakang dekat dengan pegangan tangan penumpang.

Lokasi Nomor Rangka Motor Honda Vario 125 2012

Uniknya, untuk nomor rangka motor matic biasanya lokasinya sama, jadi bisa cek nomor rangka motor skuter di bagian yang sama. Kalo misalkan beda, mungkin coba cari sesuai dengan motornya riders ya.

Baca Juga: Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Motor Suzuki Satria

Fungsi Pengecekan Nomor Rangka dan Nomor Mesin Motor

Bagian ini sangat penting dan juga cukup penting untuk dirahasiakan, makanya nomor rangka hanya bisa dilihat saat riders membuka jok motor (biasanya). Kenapa begitu penting?

  1. Digunakan untuk melakukan perpanjangan STNK 5 tahunan yaitu saat pergantian plat. Yang biasa dilakukan yaitu melakukan penggosokan nomor rangka dan nomor mesin yang dijadikan bukti konkrit informasi motor tersebut match dengan yang ada di STNK dan BPKB.
  2. Digunakan untuk riders melakukan pengecekan saat ingin membeli motor second, mohon diperhatikan bahwa nomor mesin dan nomor rangka yang tertera di STNK, BKPB, dan di motornya itu sendiri HARUS SAMA! Jangan mau jika ada yang mencurigakan seperti nomor rangka atau nomor mesin yang sepertinya “ditempel” atau dirusak atau sengaja diganti.

Nah itulah riders, lokasi nomor mesin dan juga nomor rangka motor Honda Vario, tepatnya sih kalo Inside Helmet menggunakan Honda Vario 125 tahun 2012, tapi harusnya untuk tipe motor yang sama, lokasi nomor rangka dan nomor mesinnya juga sama.

Share juga yuk nomor rangka dan nomor mesin kalian itu lokasinya ada di mana, monggo dikomen di bagian bawah ya! Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here