Cara Cek Nomor Mesin dan Nomor Rangka Honda CB150R Streetfire

0

Hola riders, udah lama ga sharing soal lokasi nomor rangka yang kadang-kadang menjadi hal penting di kala mau ada berusan dengan perpanjangan STNK atau balik nama BPKB motor. Dan kali ini Inside Helmet akan sharing nomor mesin & nomor rangka Honda CB150R nih!

 

Selalu diingat ya riders, pastikan jangan lupa untuk menggosok nomor mesin dan nomor rangka untuk balik nama kendaraan bermotor dan perpanjangan STNK 5 tahunan.

Nah, maka dari itu penting buat riders untuk tau di mana nomor rangka & nomor mesin, karena saat nanti riders datang ke Samsat juga bisa langsung kasih tau lokasinya di mana kepada petugasnya (walau biasanya mereka juga udah tau sih)

Letak Nomor Rangka Honda CB150R

 

Nomor Rangka Honda CB150R

Agak mirip dengan posisi nomor rangkanya Honda CBR250RR (lokasi nomor rangka motor sport dan naked biasanya sama), nomor rangka Honda CB150R terletak di bagian ujung depan chassis motor tepat di bawah triple clamp sebelah kiri.

Lokasinya persis di bawah stang motor CB150R ini dan sangat mudah keliahatan jika stang motor riders dibelokkan full ke kanan. Enaknya motor naked adalah lokasi nomor rangkanya tidak tertutup-tutup dengan body fairing!

Letak Nomor Mesin Honda CB150R

 

Nomor Mesin Honda CB150R

Nah, harus jongkok sedikit ni riders, enggak seperti Honda CBR250RR yang gampang banget diakses. Lokasi nomor mesin Honda CB150R ada di dekat pijakan shifter motor tersebut. Mungkin agak tertutup dikit dengan shifternya, maka harus agak teliti dilihatnya, riders.

Baca Juga: Cara Cek Nomor Mesin & Nomor Rangka Suzuki Satria

Kegunaan Dari Nomor Mesin & Nomor Rangka Motor?

Enggak wajib sih, tapi disarankan tau lokasi-lokasi dari nomor mesin dan nomor rangka dari motor, terutama untuk di konten ini pada motor Honda CBR250RR. Terus kalo udah tau, fungsinya buat apa tuh?

  1. Syarat pertama dari perpanjangan STNK 5 tahun adalah riders harus membawanya ke petugas di Samsat untuk melakukan cek fisik & cek kecocokan dari nomor rangka dan nomor mesin. Intinya nomor-nomor tersebut harus sesuai dengan yang ada di STNK dan BPKB, jadi sah bahwa itulah motor yang ingin diproses.
  2. Selain dari point nomor 1, sebenarnya pengecekan nomor mesin dan nomor rangka motor itu penting saat pembelian motor second riders. Misalkan riders lagi mau beli Honda CBR250RR second, dan tentunya riders dateng untuk ngecek kondisi motor dong. Nah walaupun kondisi motor sudah cocok, tapi perlu diperhatikan juga riders kecocokan dari nomor rangka dan nomor mesin yang ada di motor dan di surat-surat resmi seperti BPKB dan STNK.

Terus kalo nomornya beda gimana? Bisa jadi motor Honda CB150R itu motor curian atau motor kawinan. Hati-hati riders!

Begitulah riders informasi tempat pengecekan nomor mesin dan juga nomor rangka motor Honda CB150R.

Biasanya untuk tipe motor dari merk yang sama dan tahun yang berbeda, letak dari nomor mesin dan rangka motor tetap sama.

Kalo ada spesifik motor yang ingin dibahas, share aja nomor rangka & nomor mesin motor kalian, monggo dikomen di bagian bawah biar Inside Helmet bisa buatin kontennya di sini!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here