4 Blogger Motor Indonesia Yang Wajib Riders Ikuti

2

Hello riders! Kembali lagi Inside Helmet nih, walau dikata lagi ngetrendnya bikin vlog / motovlog, tapi namanya dunia blogging pastinya enggak ada matinya juga. Karena masih ada orang butuh mencari artikel untuk dibaca mau dia cari via Google atau dia langsung mengunjungi blogger motor Indonesia.

Nah, kira-kira siapa aja sih blogger motor dari Indonesia yang bisa kalian baca dan kunjungi? Ada banyak banget sebenernya kalo blog, karena dari sisi pengerjaan, blog itu ketimbang lebih mudah & relatif lebih murah dibandingkan vlogging. Kenapa begitu?

Bedanya Blog sama Vlog Motor

Untuk membuat vlog, pastinya riders butuh: kamera video (biasanya semacam GoPro atau Drift Ghost), laptop / komputer, software video editing, dan internet yang kuat untuk upload video. Belum lagi kalo ngerekam video HD seperti dari GoPro, seperti butuh perangkat komputer yang cukup kuat (high-end) untuk rendering. Setelah itu tinggal upload deh ke YouTube dan dishare di social media.

Nah kalo untuk blog sendiri, tidak perlu menggunakan hardware dan software yang cukup high-end, tetapi biasanya hanya cukup laptop / komputer standar  untuk mengetik, kamera bisa menggunakan kamera handpone (atau SLR kalo mau lebih profesional), software photo editing (bisa via online dan gratis), dan internet setidaknya cukup untuk browsing dan upload gambar di blog yang bisa kalian miliki gratis atau dengan bayar hosting. Lain kali saya akan coba share deh gimana caranya untuk bikin blog motor untuk riders sendiri. 🙂

Oke, mari kita lihat siapa-siapa aja rider Indonesia yang demen blogging dan sering Inside Helmet baca.

Indobikermags Punya Bro Satar

Indobikermags Bro Satar

 

Indobikermags ini udah lama banget nyemplung di dunia blogging dan sekarang udah cukup terkenal di kalangan pecinta roda dua. Kalo diperhatikan, postingan bro Satar sendiri ini sering dilakukan setiap harinya, karena ciri khas dari Indobikermags sendiri seperti quick update dari dunia motor. Semua jenis motor dari semua brand pun dijajal dan diberikan komentar pro dan consnya, jadi rata-rata pun kalo baca kontennya dia isinya langsung to the point.

Jangan heran juga kalo terkadang postingan bro Satar terkadang terdengar “menyindir” suatu produk/brand/orang, tapi ya itu lah ciri khasnya Indobikermags, karakteristik spesial dari seorang blogger! Selain tentang produk, bro Satar juga sering update mengenai dunia motorsport racing seperti MotoGP atau WSBK, dan doi sering dapet kesempatan untuk mengunjungi pameran-pameran motor di dalam ataupun luar negri!

Di sisi lain, kalo kalian follow Instagram Indobikermags, terkadang bro Satar juga suka posting foto / video yang konyol yang jadi hiburan followersnya. Salah satunya adalah saat dia menyebut Kawasaki Ninja H2 itu dengan sebutan “Kawasaki Ninja Ha-Ha”.

Sumber: Giphy

TMCBlog Punya Bro Taufik

TMC Blog Bro Taufik

TMCBlog ini juga tidak kalah lama dengan punya bro Satar. Dimiliki oleh Bro Taufik yang merupakan seorang full time blogger otomotif yang sering banget dipanggil ke sana ke mari oleh pabrikan motor untuk melakukan test ride dan review. Pengunjung website Bro Taufik pun sudah sangat banyak dan dapat kita lihat dari jumlah komentar yang terdapat pada setiap postnya.

Nah, kalo misalkan Indobikermags sering posting tentang hal-hal yang seru dan terkadang kontroversial, berbeda dengan Bro Taufik yang biasanya selalu fokus dengan motor. Dalam postingnya pun sering kali kita melihat foto-foto jepretan yang cukup banyak dari Bro Taufik.

Selain blognya, riders juga bisa mengikuti Instagram TMCBlog yang banyak berisi foto-foto motor dan juga foto-foto touring yang dilakukan oleh Bro Taufik. Seru deh ngeliatnya, jadi pengen jalan-jalan ke tempat-tempat yang diposting deh!

7Leopold7 Punya Bro Leo

7Leopold7 Bro Leo

7Leopold7 merupakan sebuah blog otomotif yang terkadang ada posting blog personal juga, tapi tentunya masih ada sangkut pautnya dengan motor pastinya contohnya jalan-jalan atau touring yang dilakukan oleh Bro Leo.

Yang menarik dari 7Leopold adalah beberapa posting yang berisi analisis yang cukup detail dari sebuah motor ataupun sebuah fenomena di dunia otomotif. Makanya, rata-rata postingan dari Bro Leo ini bisa panjang dan bobotnya berisi data atau pendapat yang telah diolah dan analisis dari hasil pengamatannya.

Kalo riders pengen ikuti perjalanan dunia otomotifnya 7Leopold7, bisa langsung follow Instagram 7Leopold7 ya. IGnya dibuat private jadi harus difollow dulu baru bisa stalking! Haha.

Inside Helmet Pastinya Dong!

Inside Helmet Logo

Masa yang satu ini dilupain… 🙁 Inside Helmet! Walaupun blog ini enggak di-update sesering blogger motor Indonesia di atas, tapi Inside Helmet sering berbagi beberapa tips dan juga informasi tentang safety riding, review motor, dan beberapa rekomendasi seputar dunia otomotif seperti rute riding di Jakarta, tempat parkir moge di Jakarta, hingga cara paling mudah untuk cek ban motor riders!

Dengan banyaknya pengendara motor di Indonesia, pastinya informasi-informasi seputar roda dua menjadi hal yang cukup banyak dicari oleh para riders. Dari info safety riding hingga informasi seputar motor pun menjadi sajian-sajian menarik yang dikonsumsi oleh para pembaca. Maka dari itu, blogger dan vlogger motor di Indonesia ini mulai banyak bermunculan!

Gimana menurut riders tentang blogger-blogger di atas? Apakah kalian sering membaca konten mereka, atau mungkin pertama kali denger tentang blogger motor di atas? Jangan  lupa dicek masing-masing blog di atas ya! Enjoy and Ride Safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

 

“Ride Outside, Write Insight”

Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor “hobi”nya.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here