Berapa Lama Motor Harus Dipanaskan?

0

Hello riders, kembali di Inside Helmet dan kali ini kita akan membahas tentang berapa lama motor harus dipanaskan.

Pertanyaan ini cukup umum ditanyakan oleh beberapa riders dan memiliki pendapat dan perspektif masing-masing.

Tetapi untuk pembahasan kali ini, Inside Helmet akan mempermudah dan mengurucutkan ke dalam 2 kategori, yaitu mesin karbu dan mesin injeksi.

Tetapi yang perlu diketahui, jika motor memiliki engine checking saat kontak dinyalakan, jangan langsung riders pencet engine starternya ya, karena ini malah bisa merusak mesin.

Seperti yang kita tahu, motor lama rata-rata memiliki mesin karbu dan motor keluaran yang Ā lebih baru sudah dilengkapi dengan fuel injection (atau mesin injeksi). Karakteristik kedua tipe mesin inilah yang memberikan perbedaan signifikan kepada metode memanaskan motor kita.

Sistem manajemen mesin modern akan memastikan campuran bahan bakar benar-benar tidak seperti hari-hari pengaturan choke pada karburator agar lancar mulai dari dingin. Dan minyak sintetis modern mendapatkan minyak yang mengalir dengan cepat untuk melumasi mesinnya, meski dalam kondisi dingin.

Berapa Lama Motor Injeksi Harus Dipanaskan?

Kalo kata orang sih abis dinyalain langsung jalan aja bro, itu karena mesin-mesin modern dengan sistem injeksi sudah didesign dan diprogram sedemikian rupa untuk memastikan bensin dan oli dalam keadaan yang optimal.

Berbeda dengan motor karburator harus harus diatur terlebih dahulu dengan bantuan choke agar mesin yang dingin dapat disiapkan dengan baik.

Lalu, dengan kita tidak menunggu lama saat motor dipanaskan (terutama dalam keadaan side stand), sirkulasi udara yang masuk ke mesin saat motor dijalankan menjadi lebih baik sehingga motor pun tidak cepat panas.

Yang pasti, saat mesin baru dinyalakan riders DILARANG menggeber atau langsung riding dengan RPM yang tinggi ya.

Kalau di beberapa motor injeksi seperti Honda Vario, terkadang RPM akan lebih tinggi terlebih dahulu di awal-awal menyalakan motor. Tunggu saja sampai RPM turun yang hanya sekitar 5-10 detik lalu motor sudah siap digunakan.

Berapa Lama Motor Karbu Harus Dipanaskan?

Untuk motor dengan mesin karbu memang memerlukan sedikit waktu pemanasan sebelum digunakan dan inilah juga kenapa ada choke yang dapat digunakan untuk membuka selang bensin dan menaikkan RPM guna mempersiapkan mesin.

Tapi berapa lama? Tidak perlu lama-lama riders, hanya sampai RPM mulai stabil dan tidak “gagap”, motor sudah siap digunakan. Kira-kira 1-2 menit pun sudah cukup untuk mempersiapkan mesin dan juga oli yang kemungkinan agak kental.

Apalagi di cuaca di Jakarta atau di kota-kota lainnya yang cukup panas, cold engine is not a thing bro, kecuali tinggalnya di Puncak yaa. šŸ˜›

Jadi sebenarnya, motor karbu dan motor injeksi walau memiliki tipe yang berbeda terutama di bagian teknologinya, motor itu sebaiknya hanya dipanaskan (warming up) hanya sebentar saja.

Walaupun itu motor karbu dengan menggunakan choke saat dipanaskan, jangan sampai kelamaan ya riders apalagi kalau sampai harus didiamkan selama 5-10 menit.

Yang ada nanti mesin jadi overheat dan untuk beberapa kasus malah membuat oli ngerembes (terutama saat side stand karena posisi oli miring).

Selain itu, dengan tidak menunggu lama pastinya memberikan waktu yang lebih cepat untuk berangkat lho. Ada yang punya pendapat lain? Monggo dishare juga di bagian komentar ya!

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here