7 Barang Yang Bikin Pulang Kalo Lupa Saat Riding

0

Mungkin ada yang pernah baca versi Inggris dari ini, tapi kali ini InHelm ingin post lagi dengan beberapa konten yang berbeda. Kalo kalian penasaran, boleh dibaca post things to bring ini. Dan kalo di post sebelumnya konteksnya adalah City Riding, kali ini adalah riding secara umum.

7 Barang Yang Bikin Pulang Kalo Lupa Saat Mau Riding
7 barang ini mungkin bisa bikin kita balik ke rumah di tengah jalan mau riding

Nah, yang namanya riding di dalam ataupun ke luar kota, butuh barang-barang yang perlu persiapan pastinya biar pas udah jalan, semuanya sudah siap dan enggak bikin kalian repot. Kalo barang ini ketinggalan, pasti riders akan mikir untuk balik atau enggak untuk ngambil barang ini. Jadi apa aja sih kira-kira barang yang bisa bikin kita mikir untuk pulang ini? Yuk simak:

1. Riding Gear

Perlengkapan riding yang direkomendasikan.
Peralatan riding lengkap biar aman riders!

Ini agak aneh sih kalo kelupaan, tapi kadang bisa jadi hal yang bikin kita balik ke rumah kalo ketinggalan. Biasanya hal kecil seperti sarung tangan riding, knee-pad, ear plug, masker/balaclava atau vest. Kalo misalkan kita enggak pake riding gear yang baik dan benar, bisa fatal lho riders! Yang namanya dari ujung kepala sampe ujung jempol kaki harus kita lindungi, karena badan kita akan menjadi kontak pertama saat terjadi kecelakaan.
Balik untuk ngambil? Yes! Safety first above all! Mencegah sesuatu yang lebih fatal untuk terjadi.

2. Dompet dan Handphone

Handphone dan dompet penting untuk riding.
Biar bisa berhubungan dengan riders lain dan bawa juga surat-surat ridingnya ya

Waduh, ini 2 barang yang paling enggak bisa ketinggalan deh pasti. Lebih-lebih kalo di dompet ada STNK dan SIM motor kita, pastinya bisa kacau kalo diperiksa polisi kita enggak punya 2 surat ini. Kalo soal handphone, ini juga sudah menjadi hal yang penting untuk riding. Soalnya, kalo ada apa-apa (amit-amit sih), kita bisa menghubungi orang terdekat yang bisa nolong kita. Atau juga bisa digunakan kalo lagi mau ketemu riders lainnya.
Balik untuk ngambil? Definitely yes! Lumayan juga buat main game sama beli gorengan kalo nunggu riders yang masih on-the-way.

3. Snack dan Minuman

Jangan biarkan perut lapar saat riding.
Nutella bro.. Aduh bikin ngiler ini Nutella Snack & Drink.

Riding biasanya bikin kita haus dan lapar di tengah jalan. Makanya untuk beberapa dari kita, penting saat riding untuk bawa makanan dan minuman sendiri ketimbang harus cari dan beli di tempat lain. Selain memakan waktu (duh uda laper banget padahal), makanannya belum tau enak apa enggak, dan harganya bervariasi. Riding dengan perut kosong dan tenggorokan kering juga enggak bagus, bro!
Balik untuk ngambil? Hmm.. Belum jauh sih, balik deh. Lumayan biar hemat, dan lebih baik selalu sedia minum biar enggak dehidrasi.

4. Peralatan Simple Untuk Keadaan Darurat

Perlengkapan maintenance basic untuk motor.
Peralatan sederhana yang wajib dibawa riders.

Kalo untuk peralatan, enggak perlu bawa banyak dan macem-macem. Cukup peralatan yang simple seperti obeng, kunci inggris, kunci L, mur cadangan, baut cadangan, dan lampu senter. Sebagai contoh, seperti peralatan yang biasanya ada di tool kit bawaan dari pabrik yang biasanya ada di bagasi motor kita. Kalo bawa yang macem-macem dan jumlahnya banyak, selain kemungkinan besar enggak kepake semua, riders pun jadi ribet bawanya kemana-mana jadi lebih berat.
Balik untuk ngambil? Si bro bawa enggak ya. Coba tanya dulu deh. Riding sendiri? mending balik dan ambil tool kitnya deh. Riding sama riders lain? Coba tanya dulu apa mereka ada yang bawa. Kalo udah ada yang bawa, kita bisa pinjam punya mereka. 😀

5. Obat-obatan pribadi dan obat-obatan umum

Siapkan obat-obatan pribadi dan umum untuk kesehatan.
Jamu teman baik para riders nih. Hehe.

Riding itu biasanya identik dengan masuk angin dan flu ringan. Apalagi kalo riding di pagi-pagi buta dan di malam hari saat angin kencang dan udara yang lebih dingin. Riders akan lebih mudah masuk angin saat perut kosong dan saat baju yang digunakan basah akibat keringat atau kehujanan. Beberapa penyakit umum lainnya adalah diare dan sakit kepala. Disarankan riders membawa obat-obatan pribadi dan juga obat-obatan umum ke mana pun kalian pergi. Yang penting jangan obat-obatan terlarang riders!
Balik untuk ngambil? Tergantung dari jenis obat yang riders butuhkan. Kalo riders punya penyakit yang memerlukan perawatan dan obat pribadi, diwajibkan untuk diambil tuh. Kalo yang ketinggalan semacam tolak angin atau panadol, masih bisa kita beli di warung atau mini-market di sepanjang jalan.

6. Baju Ganti dan Jas Hujan

Tiba-tiba hujan, harus ganti baju deh.
Baju dan celana cadangan untuk saat-saat tidak terduga.

Untuk barang ini, cukup diutamakan saat cuaca yang kurang mendukung, terlebih saat di musim hujan. Biasanya kalo hujan di Indonesia itu bisa tiap hari saat musim hujan, makanya Jakarta pun bisa kelelep banjir di mana-mana. Maka dari itu, disarankan riders membawa baju cadangan (tidak perlu lengkap dan banyak, minimal 1 kaos) dan juga jas hujan. Selain untuk ganti baju kalo riders kehujanan, kaos juga bisa menjadi baju cadangan saat riding kepanasan alias berkeringat. Riding dengan baju basah tidak direkomendasikan lho!
Balik untuk ngambil? Musim ujan nih.. Mending ambil dulu kalo cuacanya keliatan tidak mendukung. Sedia payung sebelum hujan!

7. Kamera Digital atau Video Camera

Kamera dan Video Camera untuk dokumentasi.
Waduh, enggak sampai begini sih. Tapi namanya juga hobi. 😀

Di dunia modern seperti sekarang, siapa yang enggak gatel untuk ngambil foto-foto motornya saat lagi riding, apa lagi kalo perginya bareng sama rider-rider lainnya. Dengan variasi jenis dan brand motor, pastinya akal kretifitas kita pengen banget ngambil beberapa gambar di tempat-tempat yang bagus entah di dalam kota, ataupun di luar kota. Selain mengambil gambar, bagi riders yang hobi untuk video recording lalu menguploadnya ke YouTube, seringkali membawa action camera seperti GoPro atau Drift.
Balik untuk ngambil? Yah, masih bawa handphone, bisa jadi penggantinya kok. Masih ada hari esok bro untuk foto-foto dan rekam videonya. Jadi bisa ditinggal dulu hari ini.

Kira-kira inilah beberapa barang yang bisa membuat kita berpikir dua kali kalo ketinggalan di rumah. Ada barang lainnya? Yuk ditambahin di komentar, siapa tau bisa menjadi informasi tambahan yang berguna buat para riders. Inti dari segalanya adalah, safety riding itu wajib dan tidak hanya dari riding gear, tapi juga dari keperluan-keperluan yang terkadang kita sepelekan. Jangan sampai terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di jalan (amit-amit) dan kita enggak punya persiapannya riders! Enjoy and ride safely!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here