Bangkok Trip: Transportasi Umum Yang Bagus & Mogenya Banyak!

3

Inside Helmet Bangkok Trip 2015

Hello semua! Pertama-tama harap dimaklumi kalau sebulan yang lalu hanya 1 posting aja. Karena kesibukan di kantor dan pulang ke rumah udah lemah letih lesu, jadinya enggak ada posting lain selain review GoPro Hero3+ Black Edition waktu itu. Nah sekarang, lumayan punya waktu dan tenaga dan juga suasana baru, semoga punya waktu luang yang lebih untuk nulis di Inside Helmet.

Duit Baru, Kota Baru, Transportasi Juga Baru

Suasana baru? Yep, I’m in Bangkok now! Bukan untuk jalan-jalan aja, tapi untuk kerja di kantor pusat aCommerce yang ada di Thailand. Di sini kebetulan tinggal selama 1 bulan, dan yang pasti kemungkinan akan riding di sini sangat kecil (walau ada juga rental-rental motor kecil hingga besar di sini).

Hari pertama mendarat sekitar pukul 16.55, langsung ambil Taxi di bandara internasional Suvarnabhumi menuju apartemen di On Nut Road (tarifnya sekitar 250 Baht). Kalo diliat sekilas, ambince tinggal di Bangkok mirip-mirip kok sama di Jakarta. Hanya saja udara memang lebih bersih, dan lalu lintas sedikit lebih tertib dibandingkan di Jakarta.

BTS Bangkok: Sistem Transportasi Umum Skytrain

Secara kendaraan pribadi, memang banyak juga si orang yang membawa mobil dan motor pribadinya, tapi entah kenapa saya melihat rasio orang yang menggunakan transportasi umum lebih banyak dibandingkan kendaraan pribadi. Ternyata oh ternyata, di Bangkok sudah punya sistem transportasi yang cukup memadai sehingga orang tidak ragu untuk menggunakan kendaraan umum ketimbang kendaraan pribadi mereka. Salah satu contoh yang paling signifikan dibandingkan Jakarta adalah BTS (Bangkok Mass Transit System) Skytrain dan MRT (Metropolitan Rapid Transit) Bangkok.

Nyobain BTS dan Nagih Sampe Sekarang!

Nah, secara uda seminggu lebih tinggal di sini dan tiap hari menggunakan BTS, emang bener-bener ngerasain perbedaannya. Karena di Jakarta, saya sendiri selalu menggunakan motor pribadi, tetapi di Bangkok saya malah lebih suka menggunakan transportasi umum untuk sehari-hari. Untuk harganya sendiri karena saya menggunakan Rabbit card (Thank you Ipin buat kartunya!), saya membeli 30 Day Trip, dan untuk paket 50 Trip seharga 1,100 Baht (kira-kira 22 Baht sekali jalan kemana pun perginya). Memang pasti lebih mahal hitungannya dibandingkan naik bus di Bangkok ataupun di Jakarta, tapi dengan fasitilas, keamanan, dan juga kecepatan dari BTS atau MRT itu sendiri, saya rasa ini udah pas! (Dari On Nut ke Sala Daeng kira-kira 20 menit) BTS yang didirikan oleh pemerintah dan MRT yang didirikan oleh perusahaan swasta ini sudah cukup lama beroperasi di Bangkok, lain halnya dengan Jakarta yang masih dalam pembangunan (dan hanya di daerah tertentu terlebih dahulu).

Peta BTS & MRT Bangkok Terbaru 2015

 

Motor Dari Kecil Sampe Gede, Banyak!

Untuk soal moge sendiri, Thailand memang punya banyak pengendara motor-motor besar (dan juga sparepart yang dijual di sini lumayan lengkap). Kalo bisa dibilang sih, beda juga sama Jakarta karena hampir setiap hari pasti liat moge lewat, dari motor Itali sampe Jepang, dari 1 sampe 4 cylinder. Dan enggak cuma itu, tapi Honda Grom ternyata juga ada di Thailand! (ceritanya pengen juga punya) Mungkin karena jalannya lebih bagus dan macetnya masih lebih wajar dibandingkan Jakarta, rider-rider di sini masih ada yang suka bawa mogenya untuk sehari-hari. Sampe-sampe di Mall Siam Paragon ada showroom supercar dan juga superbike Ducati…

Ducati Showroom at Siam Paragon - Panigale 899

Rencana oh wacana si, denger kabar dari temen kantor di sini, pasar weekend Chatuchak ngejual berbagai macam barang, diantaranya ada juga spare part motor. Udah pasti Inside Helmet bakalan menepi ke sana untuk liat-liat, apalagi kan spare part merk Bikers aslinya dari Thailand, semoga aja harganya lebih murah di sini. Lumayan bro kalo bisa dapet underyoke untuk Honda CBR250R. 😀 Kalo ketemu, so pasti dikasi preview dan kisaran harga biar kalo riders dateng ke Thailand bisa ada gambaran juga tentang penjualan spare part motor di Bangkok! Okay, I think that’s it for today. Tetep ride safely dan enjoy riding!

 

Arvy Este
Founder and Writer of Inside Helmet
Motorcycle Blog and Vlog Indonesia
Ride Outside, Write Insight

3 COMMENTS

    • Belum nemu bro, tapi emang katanya ada 1 tempat yang kanan kiri jualan parts dan apparel motor di Bangkok (seperti Otista atau Jalan Panjang di Jakarta). Cuma belum pernah ketemu aja di mana. Nanya temen di Bangkok juga mereka kurang tau soalnya enggak main motor. 😛

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here