Apakah Belok Tanpa Lampu Sein Bisa Ditilang Polisi atau Malah Dipenjara?

0

Hello riders! Kalo bicara soal keselamatan, tentunya ada juga hubungannya dengan peraturan berkendara dan berlalu lintas di Indonesia. Dan salah satu yang mau IH bahas kali ini adalah apakah kalo motor belok tanpa lampu sein bisa ditilang?

Yuk kita mulai dari fundamentalnya dulu nih ya. Lampu sein itu sendiri adalah sebuah lampu isyarat yang berguna untuk membelikan pertanda kepada pengendara atau pengguna jalan lainnya bahwa riders akan belok.

Jadinya ketika kita belok, orang lain pun tidak kaget dan sudah bersiap-siap memberikan waktu dan jalan. Dibandingkan yang tiba-tiba belok tanpa isyarat, ini malah bisa menyebabkan kecelakaan!

Pasal Yang Mengatur Aturan Lampu Sein Kendaraan

Jika riders bertanya-tanya bahwa ini diatur di pasal mana, monggo riders cek dari Pasal 294 Undang-Undang tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (atau UU 22 Tahun 2009).

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor yang akan membelok atau berbalik arah, tanpa memberikan isyarat dengan lampu penunjuk arah atau isyarat tangan
sebagaimana dimaksud dalam Pasal 112 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Gileee, bisa dipenjara (pidana kurungan) maksimal 1 bulan atau denda maksimal 250ribu riders! Pun kalo kita pilih bayar denda, cuma gara-gara hal sepele tidak menyalakan lampu sein aja udah kena 250rb…

Jadi mendingan riders harus selalu inget deh sama yang namanya lampu sein kalo mau belok ataupun pindah jalur.

Tapi jangan melihat ini sebagai kewajiban karena takut ditilang polisi ya. Ingat, kembali lagi ke fundamentalnya lampu sein: digunakan untuk memberikan isyarat kepada pengguna jalan lainnya bahwa kita mau belok.

Pun kalo terjadi kecelakaan (misalnya kita ditabrak dari belakang), kita mempunya kekuatan lebih karena sudah memberikan lampu sein atau isyarat. Kalo misalkan kita enggak pake lampu sein, malah kita yang salah lho!

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan kasih lampu sein dadakan alias jangan pas di belokannya baru kasih lampu sein, karena ini sama aja membahayakan kendaraan lain.

Rekomendasi Jarak Untuk Menyalakan Lampu Sein

Sebenarnya ini tidak diatur di undang-undang, tapi secara pribadi, baiknya kita menyalakan lampu sein sekitar setidaknya 10 – 20 meter sebelum belokan.

Lebih baik kasih jauh-jauh karena takutnya kalo jaraknya dekat, kendaraan di belakang (terkadang) belum sadar kalo kita mau belok.

Dan lebih-lebih kalo lagi di jalan tol menggunakan mobil nih, mendingan kasih lampu sein dari jauh-jauh sebelum belok atau exit jalan tol (sekitar 100 meter). Kenapa begitu? Karena di jalan tol, mobil juga lagi kenceng-kencengnya!

Jadi Apakah Pasang Lampu Sein Itu Wajib?

Pastinya. Gimana mau kasih lampu sein kalo lampu seinnya aja enggak ada. 😀 Jadinya kalo lampu sein tidak ada atau tidak standard (seperti mengganti warna lampu sein), ini sudah pasti kena tilang sama pak polisi.

Jadi selain wajib menyalakan lampu sein, jangan sampai lampu sein diganti-ganti ya seperti dari warna ataupun ukurannya.

Kalo mau dibuat “sporty”, tetap harus diperhatikan dari sisi keselamatannya. Apakah orang lain bisa dengan mudah menyadari lokasi lampu sein kita?

Ah Masa Sih Polisi Nilang Karena Lampu Sein Doang?

Kasus yang terjadi akhir-akhir ini, menurut VIVA News, sekitar 410 mobil dan 598 motor ditilang polisi saat operasi zebra yang lagi galak-galaknya terjadi akhir-akhir ini.

Jadi jangan lupa memasang lampu sein yang sesuai standard dan juga menggunakannya saat mau berbelok yaa.

Intermezo:
Total kendaraan ditilang saat operasi zebra = 1,008
Total perkiraan denda: 1,008 x Rp250,000 = Rp252,000,000
GILE! DAPET MOBIL TUH! 🙁

"Ride Outside, Write Insight" Pria kelahiran 13 Agustus 1990 ini memiliki hobi seputar motor dan juga blogging. Bekerja di dunia digital marketing juga membuat Arvy lebih senang mendalami content marketing. Sekarang ini, Arvy sedang menggunakan Suzuki GSX-R600 tahun 2008 sebagai motor "hobi"nya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here