Apa Itu Pokemon GO dan Efeknya Terhadap Lalu Lintas

0

Hello riders, jika riders anak tahun 90an dan demen main video game, pastinya tau dengan game atau animasi yang namanya Pokemon! Yep, mainan mengumpulkan “monster” dan bertanding dengan “monster” atau trainer lainnya itu. Nah, hari ini Inside Helmet cukup tertarik untuk agak sedikit Out of Topic tentang video game augmented reality, yaitu apa itu Pokemon GO.

Pokemon GO dan Efeknya Terhadap Lalu Lintas

Tapi tenang riders, walau soal apa itu Pokemon GO, ini tetap berhubungan dengan otomotif atau lalu-lintas juga, karena pastinya fenomena ini tidak hanya berefek pada dunia video game dan teknologi, tapi juga kepada kehidupan sosial, bisnis, hingga lalu lintas!

Apa itu Pokemon GO?

Pokemon GO adalah sebuah mobile video game dengan fitur augmented reality, yang berarti riders bisa memainkan game tersebut dengan menggunakan suasanya atau lingkungan dunia asli. Pokemon GO menggunakan teknologi game Ingress yang juga menggunakan teknologi Map dan GPS.

Jelas saja, karena arena tempat bermain Pokemon GO itu sendiri ada di dunia asli riders! Saat kita login ke dalam game, dapat dilihat bahwa map-nya menggunakan tempat di mana kita berada sekarang ini. Jadi kalo riders jalan, karakter trainer pokemon pun ikut jalan ke arah yang sama.

Gameplay Pokemon GO Indonesia

 

Efek Pokemon GO ke Lingkungan dan Lalu Lintas

Karena tipe game ini masih baru dan banyak orang yang masih penasaran, tentunya jumlah pemainnya melonjak tinggi. Saat bermain pun, biasanya pemain sangat terfokus ke layar smartphone mereka untuk melihat apakah ada Pokemon yang bisa ditangkap, atau ada Pokestop digunakan untuk mengambil barang-barang, atau bertarung Pokemon di Gym.

Setelah riders tau apa sih Pokemon GO itu, apa aja sih yang kira-kira bisa terjadi?

  1. Kurang fokus jalan kaki, enggak sadar kalo lagi menyebrang dan ada kendaraan melaju
    Kalo saya amati (dan juga saya rasakan sendiri), hal ini adalah yang paling sering terjadi. Maklum, jika orang kantoran sedang jam istirahat dan mau cari makan siang sambil main Pokemon GO, matanya akan fokus di smartphonenya dan lupa kalo mau nyebrang jalan. Alhasil, bisa-bisa yang bawa mobil atau motor enggak sempet ngindar dan bisa terjadi kecelakaan. 🙁
  2. Kurang fokus bawa mobil/motor, enggak sadar di depan ada kendaraan lain atau malah pohon
    Seperti yang sudah kejadian di Amerika, seorang pengemudi mobil menabrak sebuah pohon karena tidak berkonsentrasi akibat sedang menangkap Pokemon. Aduh… Untungnya pohon, kalo pejalan kaki atau pengendara motor bisa gawat kan…
  3. Selain kurang fokus, malah pemain Pokemon GO bisa nekat ngelakuin apa aja untuk nangkep Pokemon
    Karena munculnya Pokemon itu random, maka terkadang pemain bisa sampai nekat pergi ke tempat apa pun itu demi menangkap Pokemon favoritnya. Salah satu yang pasti enggak bakal dilewatkan adalah si tikus lucu Pikachu! Demi menangkap Pikachu, bisa-bisa jalan tol dibuat arena menangkap Pokemon dan menggangu pengguna jalan lainnya!
  4. Ketemu Pokemon Legendaris di tengah jalan, parkir mobil/motor dan itu enggak hanya 1 orang
    Hal lain yang sangat memungkinkan terjadi kalo ada Pokemon Legendaris (Legendary Pokemon) di suatu tempat tertentu, pastinya orang akan berbondong-bondong pergi ke tempat yang sama. Alhasil, tempat penuh dan jalanan macet. Ada mobil nabrak aja orang berenti untuk nonton, apalagi ada Pokemon Legendaris.
  5. Ada orang jalan kaki main Pokemon GO ketemu orang bawa mobil/motor main Pokemon GO. Bumi kebelah dua mungkin.
Jangan Main Pokemon dan Menyetir / Riding Yaa!!
Jangan Main Pokemon dan Menyetir / Riding Yaa!!

Apakah Pokemon GO Berbahaya Untuk Keselamatan Lalu Lintas?

Sebenernya aktivitas apapun yang dilakukan tanpa konsentrasi dan kesadaran diri pastinya membahayakan. Makan bakso aja bisa bahaya kalo fokus liatin bakso doang sambil jalan kan? 😀 Jadi sebenarnya video game Pokemon GO itu sendiri tidak berbahaya, tapi jika cara bermainnya tidak benar, maka akan jadi bahaya bagi diri sendiri dan orang lain. Paling gampang pake item Incense aja di Pokemon GO, jadi Pokemon yang dateng ke kalian. 😛

Bayangkan saja jika benar-benar orang yang main video game ini tidak fokus dengan keadaan sekitar, tidak hanya kecelakaan yang bisa terjadi, tapi malah sampai ada kasus-kasus kejahatan seperti perampokan atau penculikan yang juga sudah terjadi di luar sana. Jadi intinya, bermain lah dengan aman, jangan lupa konsentrasi dan sadar diri dengan lingkungan sekitar, riders!

Warning Pokemon GO

Selain menyenangkan, Pokemon GO juga bisa menjadi ajang pertemuan sosial. Tidak hanya bagi sesama gamers, tapi jika riders bermain Pokemon GO dan ketemu riders lain yang main Pokemon GO, perbincangan rasanya enggak hanya soal motor tapi soal si Pokemon juga, alhasil dapet temen riding baru deh!

Apakah riders udah ada yang coba main Pokemon GO? Walau belom rilis resmi di Indonesia, udah jadi rahasia umum lah kalo bisa download secara ilegal. Hahaha. Monggo dicari sendiri kalo mau main ya! 😛 Jangan lupa selalu fokus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan! Enjoy and ride safely!

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here