Apa Fungsi Balancing Ban Motor? Wajibkah?

0

Hello riders, kembali lagi di Inside Helmet. Dan kali ini mari kita bahas soal balancing ban motor.

Apa Fungsi Balancing Ban Motor

Jadi sebenarnya ini gara-gara waktu itu IH ganti ban motor Suzuki GSX-R600 di Rumah Ban Motor Pondok Kelapa, dan mereka kebetulan nawarin balancing ban motor.

Penasaran, akhirnya IH bilang iya aja untuk dibalancing. Nah, mulai dari situ jadi kepo dan research soalnya apakah wajib balancing ban motor.

Pertama-tama kita pahami dulu arti dan fungsi balancing ban (dan ini bisa di mobil ataupun motor ya).

Apa Itu Balancing Pada Ban (Tire Balance)?

Tire Balance adalah sebuah distribusi beban yang ada pada velg dan ban motor kita. Karena pada dasarnya, apalagi setelah riding lama dan sering kena lobang, ban & velg lama kelamaan akan kehilanggan balance yang sempurna (walaupun dalam kapasitas beban yang kecil).

Maksudnya tidak sempurna gimana? Bisa jadi di antara velg motor yang sudah peyang atau ada pengikisan di poros roda.

Memangnya apa itu balance yang sempurna? Karena ban motor kita ini berputar pada sebuah axel, maka itu menjadi sebuah poros. Dan poros ini tentunya harus mendapatkan distribusi beban yang rata pada setiap putaran ban.

Poros Ban Motor

Pada perputaran ban motor yang kurang balance, maka gesekan-gesekan di bagian poros yang tidak seimbang akan mengacaukan pembagian atau distribusi beban kepada velg dan ban motor kita.

Lalu Apa Yang Bisa Terjadi Jika Ban Motor Tidak Balance?

Yang pasti ban itu akan melompat-lompat pada jarak yang riders tidak akan sadari. Artinya saat riders lagi riding, bisa saja ban motor menjadi goyang atau yang kita sebut dengan wobbling.

Wobbling yang berlebihan, dan terutama saat belokan/cornering, akan menyebabkan distribusi beban yang tidak seimbang pada fork dan suspensi, sehingga dapat menyebabkan crash.

Apalagi yang hobi ngebut jalan lurus atau wheelie, wobble dari ban yang tidak balance juga bisa menyebabkan tank slapper, yang (amit-amit) juga berujung kecelakaan.

Kapan Harus Balancing Ban Motor?

Setidaknya saat setiap ganti ban motor, riders disarankan untuk melakukan balancing. Karena ban motor (terutama yang second) belum tentu bulat 100% dan velg motor pun belum tentu balance 100% dengan ban baru tersebut.

Jadi, riders disarankan untuk melakukan balancing ban motor setiap ganti ban motor atau setiap tahun ya.

Berapa Biaya Balancing Motor?

Biayanya enggak mahal kok riders. Berdasarkan pengalaman IH ganti ban motor di Rumah Ban Motor Pondok Kelapa, biaya balancing motor hanya Rp50,000 per ban! Walaupun Suzuki GSX-R600 punya IH banyak timah balancingnya! 😛

Dan jika riders mau melakukannya sendiri, monggo dibeli alat balancingnya yang ada 2 tipe yaitu static balancing dan electronic balancing. Untuk timah balancingnya mungkin bisa dicari di Tokopedia atau ACE Hardware kalo ada yaa.

Ingat riders, mungkin tidak begitu terasa, tetapi motor yang tidak balance bisa menyebabkan kecelakaan yang tidak kita sangka. Dan ini pun tidak hanya dilakukan di motor, tapi juga umum dilakukan di mobil.

Jadi enggak perlu bingung lagi soal balancing ya. Kalo menurut IH sih recommended banget untuk ngebalancing motor tiap ganti ban! Enjoy and Ride Safely!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here